Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prospek Kerja Teknik Geomatika Dan Gajinya

Prospek Kerja Teknik Geomatika Dan Gajinya. Apakah Kamu tertarik untuk berkuliah di jurusan Tehnik Geomatika? Jalur ini mempelajari mengenai pengetahuan geodesi dan informatika. Kemungkinan nama Tehnik Geomatika tersebut masih terasa asing untuk beberapa orang.

Peluang Kerja Jurusan Teknik Geomatika

Walau sebenarnya jurusan ini memberikan kesempatan kerja yang cukup memuaskan di masa depan. Di sini akan membahas tentang 8 peluang atau prospek kerja Tehnik Geomatika yang perlu dipahami.

Prospek Kerja Teknik Geomatika

1. Ahli Sistem Informasi Geografis

Peluang kerja pertama kali yang dapat didapat oleh alumni Tehnik Geomatika ialah bekerja sebagai pakar mekanisme info geografis. Di bagian karier ini, Kamu mempunyai pekerjaan melakukan riset data mekanisme info geografis. Selanjutnya Kamu harus juga tampilkan hasil riset ini melalui diagram, tabel, media berbentuk peta.

Salah satunya contoh peranan pakar mekanisme info geografis dapat kita saksikan melalui basis ojek online yang memakai service berdasar posisi client. Di masa depan, pasti sektor karier yang ini akan makin diperlukan. Besar upah yang bakal Kamu dapat dari pekerjaan ini sekitar Rp3.000.000,00 sampai Rp5.000.000,00.

2. Lembaga Militer

Jika Kamu punyai minat untuk tergabung menjadi sisi dari militer di Indonesia, karena jurusan Tehnik Geomatika bisa saja pilihan yang tepat. Kerja militer terutamanya TNI erat berkaitan dengan rutinitas survey dan penskalaan yang terkuasai oleh alumni Tehnik Geomatika.

Di instansi militer kelak Kamu akan bekerja melakukan survey penskalaan. Hasil survey berikut yang selanjutnya akan jadi sebagai referensi untuk memberikan dukungan operasi lapangan militer. Dari karier ini, Kamu akan mendapatkan upah di antara Rp3.000.000,00 sampai Rp4.000.000,00.

3. Perusahaan Tambang

Peluang atau prospek kerja Tehnik Geomatika bisa juga didapat dalam dunia pertambangan. Sektor yang ini memang memerlukan alumni dari Tehnik Geomatika untuk kelancaran proses pertambangan. Besar uang yang bakal Kamu bisa dari karier satu ini dapat dimulai dari angka Rp4.000,000,00 bahkan bisa sampai angka belasan juta rupiah.

Baca Juga: Peluang Kerja Perencanaan Wilayah

4. Land Surveyor

Profesi yang satu ini memiliki pekerjaan kumpulkan data berbentuk koordinat sebuah daerah. Pengukur koordinat dilaksanakan dengan masih menggenggam konsentrasi ke jarak, pengukur pojok, dan penghimpunan data yang lain. Tipe karier yang ini akan pas untuk Kamu yang hoby menelusuri karena type kerjanya ialah kerja lapangan.

Peranan seorang land surveyor akan diperlukan. Seperti kita ketahui jika pembangunan terus berjalan dan keperluan akan tempat makin tinggi di masa depan. Bisa dikatakan jika karier sebagai land surveyor sangat menjanjikan. Penghasilan yang dapat Kamu terima dari karier ini sekitar Rp3.000.000,00 sampai Rp5.000.000,00.

5. Peneliti

Kamu bisa juga pilih untuk meniti karier sebagai periset sesudah menuntaskan kuliah kelak. Tipe pekerjaan yang ini sangat pas untuk Kamu yang hoby menganalisa dan tentu saja suka mempelajari satu topik. Kamu dapat bekerja sebagai periset di satu perusahaan riset yang bergerak khusus di bagian bumi dan tanah.

Sebagai periset, Kamu akan mempunyai peranan penting dalam perkembangan ilmu dan pengetahuan dan aplikasinya untuk kebutuhan khalayak. Kamu bisa juga mendapati inovasi-inovasi baru yang berguna. Besar uang yang bakal Kamu peroleh dari bekerja sebagai periset sekitar Rp3.000.000,00 sampai Rp6.000.000,00.

6. Wirausaha

Lulusan jurusan Teknik Geomatika bisa juga bekerja sebagai pebisnis. Opsi karier yang ini memanglah bisa ditelateni oleh siapa dari bermacam tipe jurusan pengetahuan. Sebagai pebisnis, Kamu dapat tentukan berapakah besar pendapatanmu sendiri. Kamu bisa juga memperdalam sektor bisnis yang paling sesuai minatmu.

7. PNS

Jika Kamu ingin tingkatan profesi yang lebih terang dengan besar pendapatan yang masih ditambahkan agunan dimasa tua maka itu Kamu menjadi PNS. Menjadi PNS Kamu harus mengikuti penyeleksian yang dibuka pada saat-saat tertentu.

Tetapi, harus dipahami jika ada kompetisi ketat yang perlu Kamu hadapi supaya menjadi PNS. Dari karier yang ini Kamu dapat memperoleh pendapatan di sekitar Rp3.000.000,00 sampai Rp6.000.000,00 dan sokongan. Besarnya angka upah ini akan berbeda menurut kelompok dan kedudukan.

8. Perusahaan Konstruksi

Lulus dari Tehnik Geomatika Kamu bisa juga melamar kerja di perusahaan konstruksi. Proses pembangunan di negara ini akan berjalan bahkan juga semakin meningkat di periode mendatang. Posisi pembangunan bervariatif dan memerlukan proses penskalaan untuk jamin lancarnya proses konstruksi.

Kamu dapat bekerja di perusahaan konstruksi berbekal pengetahuan yang Kamu miliki di Tehnik Geomatika. Dari tipe karier ini Kamu dapat terima pendapatan sekitar Rp3.000.000,00 sampai Rp6.000.000,00. Besarnya upah pasti bergantung perusahaan tempatmu bekerja.

Itulah sedikit ulasan mengenai beberapa prospek kerja teknik Geomatika. Pada dasarnya, masih terdapat banyak pekerjaan lain yang sangat terbuka lebar untuk para lulusan di bidang ini. Jadi, manfaatkanlah ilmu tersebut sebaik-baiknya supaya tujuan bisa tercapai dan sesuai dengan keinginan.