Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghentikan Update Otomatis Windows 10 Paling Mudah

Sampai sekarang terbukti masih cukup banyak orang yang ingin tahu cara menghentikan update otomatis windows 10. Bagaimanapun juga, windows 10 memang merupakan update software terbaru untuk OS tersebut. Banyak keunggulan yang dimiliki oleh OS Windows tersebut.

Cara Menghentikan Update Otomatis Windows 10

Sayangnya, beberapa perangkat PC atau laptop yang belum menggunakan OS tersebut biasanya langsung melakukan update secara otomatis. Terutama saat perangkat sedang terkoneksi dengan internet. Hal semacam ini tentu sedikit mengganggu. Selain pekerjaan jadi tertunda karena prosesnya lama, bisa berpengaruh pada kuota pengguna.

Oleh sebab itu, pengguna yang mengeluhkan hal tersebut berusaha mencari cara menghentikan update otomatis windows 10 dengan mudah. Berbagai cara yang dimaksud bisa diketahui melalui pembahasan di bawah ini:

Sekilas Tentang Windows 10

Windows 10 adalah sistem operasi buatan developer Microsoft yang diluncurkan resmi pada 29 Juli 2015. Sejak mulai rilis, terhitung pengguna windows sudah langsung banyak yang mengaplikasikannya. Hal tersebut karena windows 10 ini diyakini punya banyak kelebihan. Seperti diantaranya adalah dipegang oleh Microsoft secara full.

Sehingga kualitasnya tidak bisa diremehkan lagi. Selain itu, windows 10 juga diyakini punya performa mumpuni untuk aktivitas gaming. Pasalnya, di dalamnya sudah dilengkapi dengan DirectX yang sangat kuat versi 12 serta game mode. Bagi penggemar game, menggunakan PC atau laptop sistem windows 10 adalah pilihan terbaik.

Baca Juga: Cara Mematikan Laptop Dengan Keyboard

Windows 10 juga diketahui punya keamanan yang tanggung. Sudah disematkan banyak fitur keamanan modern di dalamnya seperti windows hello, windows defender, dan masih banyak lagi. Paling penting adalah windows 10 sengaja dirancang untuk lebih mudah dalam hal aktivasi. Artinya, tidak perlu harus beli lisensi kalau hanya untuk install OS tersebut.

Cara Menghentikan Update Otomatis Windows 10

Dari sekian banyak keunggulan yang disebutkan sebelumnya, ada sedikit celah dari windows 10 yang membuat pengguna sedikit terganggu. Salah satunya adalah seringnya melakukan update otomatis yang bisa menghambat aktivitas pengguna. Bahkan tidak jarang yang harus kehilangan banyak kuota karena ukurannya yang besar. Berikut cara menghentikan update otomatis OS tersebut:

1. Lewat Pengaturan

Update windows 10 otomatis memang cukup mengganggu. Hanya saja, aktivitas update otomatis tersebut sebetulnya bisa dihentikan untuk beberapa hari ke depan. Salah satunya adalah melalui pengaturan dari PC atau laptop itu sendiri berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan perangkat laptop atau PC sudah menyala.

  • Buka menu “settings” apabila muncul beberapa opsi lain silahkan langsung pilih yang “update & security”

  • Nanti akan muncul opsi “pause” langsung klik dan pilih “select date”.

  • Pada bagian “select date” tadi isi berapa lama ingin menghentikan sejenak update windows 10 tersebut.

Jika semua langkah tadi sudah benar-benar dilakukan dengan baik, biasanya PC atau laptop tidak akan mengupdate otomatis windows 10. Setidaknya selama waktu yang sudah ditentukan pada pengaturan tadi.

2. Melalui Aplikasi EaseUS

Cara menghentikan update otomatis windows 10 selanjutnya adalah melalui aplikasi pihak ketiga seperti EaseUS. Mungkin ada yang belum pernah dengan aplikasi ini. Padahal bisa dipakai untuk mematikan update otomatis windows 10. Berikut langkah-langkah untuk mengaplikasikannya:

  • Download dulu aplikasi EaseUS melalui link terpercaya dari internet lalu install seperti biasanya.

  • Setelah di install langsung buka dan masuk pada menu “system update management”.

  • Lalu akan muncul sebuah pop up yang menginformasikan tentang layanan pembaruan windows dalam status aktif.

  • Oleh karena masih dalam status aktif, maka pengguna harus menggantinya dengan klik “disable”.

Sebagai informasi saja, aplikasi EaseUS ini juga bisa dipakai pengguna jika ingin mengaktifkan kembali fitur update otomatis windows 10. Selain itu, EaseUS pun dapat dipergunakan untuk hard drive yang rusak, dan masih banyak lagi.

3. Dari Fitur Windows Sendiri, Group Policy

Ada beberapa fitur bawaan dari Windows 10 sendiri yang sebenarnya bisa dipakai untuk menghentikan update otomatis. Salah satunya adalah group policy, yang biasa ada pada windows 10 professional, education, serta enterprise. Tidak perlu banyak waktu lagi, berikut langkah menghentikan update windows 10 lewat group policy:

  • Tekan bersamaan tombol windows dan R pada keyboard, nanti akan muncul pop up kecil, ketik saja gpedit.msc lalu “ok”.

  • Selanjutnya pengguna bisa buka “computer configuration” lalu klik opsi “administrative templates” dan pilih “windows component”.

  • Pilih opsi “windows update” nanti akan muncul menu “configure automatic update” silahkan klik 2 kali.

  • Muncul halaman baru, pilih saja “disable” pada pojok kiri atas.

  • Pada bagian bawah nanti tinggal klik “apply” dan “ok”

Biasanya, begitu langkah terakhir tadi dilakukan, proses update otomatis akan langsung berhenti. Sehingga tidak mengganggu lagi kegiatan pengguna.

4. Melalui Fitur Service.msc

Ada lagi cara menghentikan update otomatis windows 10 yang lain yaitu lewat fitur service.msc. Masih menggunakan keyword dari menu “Run” tapi kali ini keyword yang lain yaitu service.msc. Langkah-langkahnya bisa dilihat dari penjelasan berikut:

  • Pencet tombol windows bersamaan dengan tombol “R” secara bersama-sama.

  • Setelah kotak “Run” aktif langsung ketik “service.msc”

  • Masuk halaman service langsung scroll ke bawah sampai ketemu menu “windows update” lalu klik 2 kali.

  • Cari saja menu atau opsi “startup type” lalu “disabled”.

  • Bagian bawah klik “apply” dan “ok” sebagai langkah penyimpanan pengaturan tadi.

Cara menghentikan update otomatis windows 10 melalui keyword service.msc ini lumayan banyak yang menggunakannya. Pasalnya, memang sangat mudah dan terbukti bisa diandalkan.

5. Melalui Run+Regedit

Banyak keyword-keyword yang bisa diaplikasikan untuk menghentikan aktivitas update otomatis windows 10 pada komputer atau laptop. Sudah ada 2 yang dijelaskan tadi, kini masih ada lagi dan terbukti bisa diandalkan. Kalau mau mencoba berikut penjelasan bagaimana langkah-langkahnya:

  • Tekan tombol windows serta “R” secara bebarengan, seperti biasanya untuk mengaktifkan menu “Run”

  • Jika sudah langsung ketika saja keyword “regedit” lalu “ok”

  • Setelah itu pilih file HKEY_LOCAL_MACHINE setelah itu pilih opsi “SOFTWARE” dan “Policies”

  • Klik “Microsoft” lalu “Windows” dan terakhir “AU”

  • Muncul menu “AuOption” klik 2 kali.

  • Pada “value data” ketik angka 2 lalu “Ok”

  • Buka “setting” lalu pilih “update and security”

  • Klik “Check for updates”

  • Restart PC atau laptop

Penting untuk diketahui jika menggunakan cara ini, langkah terakhir sama sekali tidak boleh diabaikan. Pasalnya, proses update otomatis windows 10 baru bisa bekerja setelah perangkat PC atau laptop direstart.

6. Melalui Koneksi Internet

Ada yang belum tahu, windows 10 punya pengaturan sendiri dalam penggunaan koneksi internet. Maka, dengan begitu internet pengguna hanya bisa dipakai untuk yang diinginkan saja. Artinya, fitur ini juga dapat dipakai untuk menghentikan update otomatis windows 10 itu sendiri. Begini langkah termudahnya:

  • Buka menu “setting”, kalau mau mudah pencet saja tombol windows dan “I” secara bersamaan.

  •  Pilih opsi “network & internet” di dalam menu “setting” tersebut.

  •  Klik opsi “WiFi” lalu bisa langsung pilih “advance options

  •  Pada “set as metered connection” pilih “on”

Penting untuk diperhatikan bagi pengguna, cara ini hanya bisa diaplikasikan ketika perangkat PC atau laptop sedang terkoneksi dengan WiFi. Maka, tidak akan bisa dipakai apabila perangkat hanya tersambung dengan kabel internet seperti LAN. Jadi, silahkan gunakan cara lain saja, yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Itu dia tadi beberapa cara menghentikan update otomatis windows 10 termudah. Pengguna bisa pilih salah satu mana yang paling praktis. Walaupun semuanya tergolong sederhana dan kemungkinan besar bisa dicoba oleh para pemula sekalipun.