Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggabungkan Subtitle dengan Film di Android Tanpa Aplikasi Tanpa Ribet

Sekalipun konten streaming film kadang dilengkapi dengan subtitle, tetapi tidak semua penonton bisa menggunakannya. Maka dari itu, penonton harus mengetahui cara menggabungkan subtitle dengan film di android tanpa aplikasi jenis apapun. Kalau ini sudah dipahami, tentu subtitle bisa digunakan dengan mudah.

cara menggabungkan subtitle dengan film di android

Nah, pada ulasan ini disajikan secara lengkap tentang cara menggabungkan subtitle pada film. Silakan disimak jika dirasa ada film bagus tetapi masih menggunakan bahasa asing. Ini dia cara-cara yang dimaksud:

1. Buka Aplikasi Video/Film di Ponsel

Langkah pertama yang harus penonton lakukan adalah membuka aplikasi video/film yang ada di ponsel android. Namun sebelumnya, video harus sudah tersedia dan sudah siap untuk ditonton. Cuma ada kendala dengan masalah bahasanya saja.

Umumnya semua ponsel android memiliki aplikasi video bawaan. Penonton tinggal membukanya saja jika ingin menggabungkan subtitle dengan video. Jadi, tidak perlu mengunduh aplikasi video yang berbeda. Ini tentunya bisa menghemat memori ponsel.

2. Tekan Ikon Titik Tiga di Atas Layar

Ketika aplikasi video sudah muncul di android, maka silakan lihat tab menu di bagian atas. Nah, di bagian samping kiri atas layar terdapat fitur yang bergambar ikon titik tiga. Ini merupakan fitur yang berisi mode-mode pengaturan video di aplikasi tersebut.

Cara menggabungkan subtitle dengan film di android tanpa aplikasi untuk tahap kedua ialah silakan klik fitur ikon titik tiga tersebut. Pastikan jendela baru terbuka, dan penonton sudah bisa melihat banyak pilihan fitur di dalamnya. Jika belum muncul mungkin jaringan error atau ponsel sering hank.

Baca Juga: Cara Menambah Followers Instagram Tanpa Aplikasi dan Aman, Dijamin Berhasil

3. Silakan Pilih Fitur Subtitle

Jika langkah 2 sudah dijalankan dan sudah muncul pilihan menu, maka silakan scroll ke bawah. Silakan cari menu yang bertuliskan Subtitle. Sebab tugas penonton adalah menggabungkan alih bahasa (subtitle) ke film yang akan ditonton nantinya.

Untuk memilih fitur Subtitle sangat mudah. Penonton cukup menekan ikon atau tulisannya saja, sampai muncul jendela baru yang berisi kotak putih bertuliskan notifikasi. Jangan dulu aktifkan notifikasi tersebut tetapi baca dulu sampai selesai agar tidak terjadi kesalahan penggabungan.

4. Aktifkan Notifikasi Tautkan Otomatis Subtitle

Jika notifikasi berisi permintaan pengaktifan tautan subtitle otomatis, maka berarti proses dari awal sudah benar. Langkah penonton berikutnya hanya tinggal mengaktifkannya saja dengan menggeser bola kecil di samping kiri sampai berwarna hijau bukan abu-abu.

Jika masih abu-abu tetap geser dengan sedikit lebih ditekan. Pastikan warnanya sudah hijau yang menandakan notifikasi sudah aktif. Setelah itu, silakan penonton memasuki langkah atau tahapan cara yang berikutnya.

5. Pilih File Subtitle

Kalau fitur Tautkan Otomatis Subtitle sudah aktif, maka akan muncul fitur File Subtitle di bagian bawah. Sebelum memilih fitur tersebut, pastikan penonton sudah mengunduh file subtitle dari internet. Jika belum silakan diunduh terlebih dahulu dan instal agar tersimpan di android.

Kalau file sudah ada maka baru klik fitur File Subtitle yang berada di bawah notifikasi. Nanti akan muncul drive penyimpanan. Nah, silakan cari file subtitle yang telah diunduh lalu pilih dengan cara menekannya (klik). Umumnya file ini berformat srt.

Itulah cara menggabungkan subtitle dengan film di android tanpa aplikasi yang tidak ribet. Bisa dipastikan ketika pengguna membuka video apapun, pasti muncul subtitle di dalamnya. Jadi menonton film drakor dan Hollywood yang menggunakan bahasa asing tidak perlu bingung lagi dengan alur cerita.