Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen Di Laptop Windows 7 Melalui Fitur Restore Previous Versions

File yang sudah hilang secara permanen dapat dimunculkan kembali melalui banyak cara. Alternatif yang paling efektif  adalah memanfaatkan fitur Restore Previous Versions yang terdapat di dalam Windows 7. Berikut ini adalah cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop Windows 7 dengan Restore Previous Versions:

cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop windows 7

1. Klik Tombol Start

Banyak yang berpikir bahwa file yang telah hilang di bagian Recycle Bin tidak dapat dikembalikan lagi. Anggapan tersebut tentu salah karena file yang telah terhapus secara permanen dapat dikembalikan lagi.  Cara awal yang harus dilakukan adalah dengan klik tombol Start yang terletak di sisi sebelah kiri paling bawah layar.

Tombol ini merupakan kunci dari semua program yang ada di laptop karena melalui tombol ini semua aplikasi ataupun fitur dapat dijangkau. Tombol Start juga terdapat pada keyboard laptop sehingga dapat dijadikan cadangan apabila tombol pada laptop sulit di klik. Bentuk dari tombol Start ini menyerupai jendela yang terdiri dari 4 kotak.

2. Klik Folder Yang Sebelumnya Telah Terhapus

Perlu diketahui bahwa Restore Previous Versions menampung salinan file ataupun folder yang telah terhapus sehingga masih bisa diselamatkan. Cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop Windows 7 yang kedua ini adalah dengan klik folder  berisi file yang sebelumnya sudah tidak diketahui keberadaannya. Pengguna harus melakukan klik kanan pada folder tersebut kemudian akan muncul beberapa perintah.

Pengguna diharapkan fokus pada urutan yang nomor 4 yaitu Restore Previous Versions. Fitur ini berada di bawah fitur Share With dan di atasnya Show Versions. Dengan mengetahui letaknya secara persis tersebut akan membuat pengguna lebih mudah untuk menemukan fiturnya. Jangan lupa untuk klik fitur tersebut sekali saja.

Baca Juga: Cara Menggabungkan Subtitle dengan Film di Android Tanpa Aplikasi Tanpa Ribet

3. Klik Open Pada Folder Yang Tersedia Sebelumnya

Pengguna harus membuka terlebih dahulu folder yang berisi file yang telah terhapus permanen. Cara membukanya yaitu dengan klik Open pada folder tersebut. Cara ini pun sangat mudah sehingga tidak akan membingungkan bagi siapapun. Folder yang telah terbuka pun harus segera ditangani agar file yang hilang dapat muncul kembali.

4. Klik Restore

Ini adalah cara inti yang tidak boleh ditinggalkan begitu saja. Semua cara yang telah dilakukan tidak akan berhasil tanpa dilakukan klik Restore. Pilihlah Folder yang sudah terhapus secara permanen kemudian klik Restore. Tunggu beberapa saat hingga file tersebut dapat diproses dan dimunculkan kembali.

Lamanya proses tersebut tergantung dari banyaknya file yang telah terhapus. Apabila file tersebut sedikit, maka proses yang dilakukan akan cepat. Hal tersebut berlaku sebaliknya, apabila file nya banyak dan memiliki ukuran yang besar maka prosesnya cukup lama. Pengguna diharapkan untuk bersabar dalam menunggu proses pemulihan tersebut.

5. Pemulihan Selesai

Terakhir, pengguna dapat mengecek kembali keberadaan file yang telah terhapus. File yang telah muncul kembali menandakan bahwa cara yang telah diterapkan telah berhasil. Pengguna dapat melakukan cara tersebut untuk memulihkan file yang lainnya. Menariknya, cara ini dapat diterapkan pada semua versi Windows sehingga sangat memudahkan sekali untuk siapapun.

Demikianlah cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop Windows 7 melalui fitur Restore Previous Versions. Cara tersebut memang simpel dan sangat mudah untuk diaplikasikan. Mengingat pentingnya cara ini, maka pengguna harus bisa mengingatnya agar saat file hilang secara permanen dapat dimunculkan kembali. Selamat menerapkannya dan semoga banyak file penting yang terselamatkan dengan cara tersebut.