Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Youtube yang Tidak Bisa Memutar Video pada Android

Banyak pengguna Android pasti pernah mengalami, video aplikasi YouTube yang tidak bisa diputar. Jika menemui masalah tersebut, pengguna tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara memperbaiki YouTube yang tidak bisa memutar video. Caranya sangat sederhana dan akan dibahas di bawah ini.

cara memperbaiki youtube yang tidak bisa memutar video

Pengguna bisa melakukannya secara bertahap untuk mengembalikan YouTube pada fungsi normalnya. Cara memperbaiki ini dikhususkan pada YouTube yang dipasang pada perangkat Android. YouTube pada perangkat lain bisa saja sama ataupun berbeda cara mengatasinya dengan cara yang dijelaskan di bawah ini. Para pengguna Android bisa mengikuti tahapan yang dijelaskan di bawah ini:

1. Membuka Tutup Kembali Aplikasi YouTube

Jika pengguna Android mengalami kejadian video YouTube tidak bisa diputar. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menutup aplikasi YouTube dengan segera. Jangan hanya sekedar ditutup namun juga tutup YouTube dari latar belakang. Karena biasanya, YouTube masih dianggap aktif jika tidak ditutup pada latar belakang.

Jangan langsung membuka aplikasi YouTube kembali dan tunggulah sampai beberapa menit terlebih dahulu. Barulah buka aplikasi YouTube kembali dan buka salah satu video yang ada. Jika streaming bisa berjalan lancar maka cara sudah berhasil. Namun jika belum beralih pada tahap selanjutnya.

2. Memuat Ulang Perangkat

Jika masalah tidak ada pada aplikasi, mungkin saja masalah ada pada perangkat Android. Cara untuk mengatasi hal ini adalah memuat ulang perangkat. Tekan tombol ‘Power’ yang ada pada samping perangkat. Kemudian pilih ‘Restart’ untuk memuat ulang smartphone Android, jangan pilih ‘Matikan’ karena walaupun smartphone dalam keadaan mati juga.

Tidak ada proses memuat ulang yang akan dilakukan smartphone karena pilihan ini hanya akan sekedar mematikan smartphone. Setelah perangkat menyala kembali, buka aplikasi YouTube. Jika streaming video masih berjalan tidak lancar berlanjut pada tahap selanjutnya.

3. Mematikan dan Menyalakan Kembali Jaringan Seluler

Cara memperbaiki YouTube yang tidak bisa memutar video selanjutnya adalah mematikan dan menyalakan kembali data jaringan seluler. Karena mungkin saja masalah tidak bisa memutarnya video ini disebabkan oleh jaringan seluler. Buka menu pengaturan pada perangkat kemudian matikan sambungan jaringan dan data selulernya.

Tunggu sampai beberapa menit sebelum akhirnya menyalakan kembali jaringan yang ada. Barulah buku aplikasi YouTube kembali. Jika streaming masih belum juga berjalan dengan lancar beralih pada tahap selanjutnya.

Baca JugaCara Hapus Akun iCloud Pemilik Sebelumnya Tanpa Password dengan Coolmuster Data IOS Eraser

 4. Menghapus Cache Pada Aplikasi

YouTube pada perangkat android akan memiliki data cache, biasanya data ini bisa terlalu banyak termuat. AKhirnya menghalangi kerja aplikasi untuk menjadi maksimal, namun jangan khawatir karena data ini bisa dihapus dengan mudah. Pengguna Android bisa menuju menu ‘Pengaturan’ maupun ‘Manager Aplikasi’ untuk menghapus data cache dari aplikasi YouTube.

Jika data sudah dihapus namun streaming video masih juga belum berjalan dengan baik. Maka pengguna Android bisa melakukan langkah terakhir ini.

5. Uninstall dan Install Kembali Aplikasi

Sebelumnya perlu dicek dulu oleh pengguna versi dari aplikasi YouTube digunakan. Ada kemungkinan bahwa streaming video terhambat karena pengguna belum memperbarui versi YouTube. Namun jika tidak, pengguna Android bisa menghapus aplikasi YouTube terlebih dahulu pada perangkat. Kemudian menginstalnya kembali, cara ini adalah cara paling ampuh untuk mengembalikan kelancaran streaming video.

Itulah cara memperbaiki YouTube yang tidak bisa memutar video diperuntukan perangkat Android. Sekarang para pengguna Android tidak perlu merasa panik atau khawatir lagi. Jika streaming video di YouTube tidak berjalan lancar. Sebelum membawa smartphone ke tukang servis atau memutuskan perangkat sudah rusak. Pengguna bisa melakukan lima langkah yang dijelaskan di atas terlebih dahulu.