Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memindahkan Aplikasi Dari Penyimpanan Internal ke Kartu SD dengan Mudah

Cara memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal ke kartu SD sejauh ini tidak cukup banyak diketahui oleh pengguna smartphone. Padahal, caranya sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak yang mengeluh penyimpanan telepon sering habis akibat di dalam smartphonenya terlalu banyak aplikasi.

Cara Memindahkan Aplikasi Dari Penyimpanan Internal ke Kartu SD

Meski sebenarnya, tindakan ini tidak bisa dilakukan pada semua smartphone. Artinya, beberapa smartphone tertentu yang bisa dilakukan tindakan memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal ke kartu SD. Namun, tidak ada salahnya mencoba melakukan cara-cara memindahkan aplikasi dalam ulasan berikut ini terlebih dahulu. Lantas, seperti apa caranya? Simak penjabarannya di bawah ini:

1. Pasang dean Pastikan Kartu SD Sudah Terbaca di Ponsel


Cara pertama adalah dengan memasukkan kartu SD ke dalam ponsel yang aplikasinya hendak dipindahkan. Kemudian, jangan lupa untuk memastikan kartu SD sudah terbaca di ponsel. Kenapa? Sebab, apabila kartu SD tidak terbaca di dalam ponsel, maka aplikasi-aplikasi tidak akan bisa dipindahkan.


Bagaimana upaya yang bisa dilakukan untuk memastikan kartu SD sudah terbaca di dalam ponsel? Mudah sekali! Yaitu dengan melihat notifikasi pada layar utama. Umumnya, apabila kartu SD belum terbaca, maka akan ada icon kartu SD kecil yang bertanda seru. Namun, apabila tidak terlihat bisa mengeceknya melalui menu pengaturan.

2. Masuk ke Menu Pengaturan dan Klik Opsi “Penyimpanan”


Setelah memastikan kartu SD terbaca, maka selanjutnya bisa langsung masuk ke menu pengaturan. Pada menu tersebut langsung saja klik opsi “penyimpanan”. Selanjutnya akan muncul berbagai jenis dan nama aplikasi yang sudah terunduh pada ponsel. Pilih dulu aplikasi yang ada di dalam penyimpanan internal.


Biasanya, aplikasi yang akan ditampakkan pada saat klik yang pertama kali adalah sema aplikasi yang ada di semua penyimpanan. Maka, untuk mengetahui aplikasi apa saja yang ada di dalam penyimpanan internal, klik saja dan pilih “penyimpanan internal”. Tunggu beberapa saat sampai semua aplikasi ditampilkan.


Baca Juga: Cara Membuat Swipe Up di Instagram Tanpa 10k

3. Pilih Logo dengan Garis Tiga Horizontal di Bagian Kanan Atas


Cara memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal ke kartu sd selanjutnya adalah dengan memilih logo dengan tanda garis tiga horizontal. Pada bagian mana logo ini bisa ditemukan? yakni di bagian kanan atas. Namun, biasanya setiap ponsel akan menampilkan logo yang berbeda dan letaknya pun berbeda. Untuk itu, sesuaikan saja dengan smartphone masing-masing.


Lantas, untuk apa memilih logo ini? Tidak lain adalah untuk memilih aplikasi di penyimpanan internal mana sajakah yang hendak dipindahkan. Apabila ingin memindahkan semua aplikasi di penyimpanan internal ke dalam kartu SD, maka tinggal klik kotak kecil di kanan atas bertuliskan “pilih semua”. Namun, jika hanya ingin memilih beberapa, maka harus mengklik logo garis tiga horizontal ini.

4.  Pilih Setelan Penyimpanan Bertuliskan “Kartu SD”


Setelah memilih berbagai aplikasi yang hendak dipindahkan, maka selanjutnya pilih setelan yang bertuliskan “Kartu SD”. Pastikan dulu bahwa aplikasi-aplikasi tersebut memang yakin dipindahkan ke dalam kartu SD.  Jangan sampai ketika proses pemindahan dilakukan, malah hendak membatalkan pemindahan. Kenapa? Karena tindakan tersebut tentu saja akan mempengaruhi sistem berjalannya aplikasi.

5. Klik “Pindahkan” dan Tunggu Prosesnya Selesai


Cara memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal ke kartu sd berikutnya adalah dengan mengklik “pindahkan”. Tunggu sampai proses memindahkan ke kartu SD selesai dengan sempurna. Proses ini mungkin memerlukan waktu beberapa saat. Apalagi jika aplikasi yang dipindahkan memiliki kapasitas yang cukup besar.


Setelah semua tahapan mengenai cara memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal ke kartu sd selesai. Jangan lupa untuk mengecek keberadaan aplikasi. Pastikan semua aplikasi sudah dipindah dengan maksimal dan tidak ada aplikasi yang tertinggal di memori internal lagi.

.