Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Swipe Up di Instagram Tanpa 10k, Yuk Praktikkan!

Mengumpulkan followers Instagram hingga mencapai 10k memang tidak mudah. Biasanya, hanya seorang influencer dan juga selebgram yang sudah terkenal mampu menembus lebih dari 10k pengikut Instagram. Pengguna yang memiliki pengikut 10k bisa merasakan fitur-fitur yang lebih unggul di Instagram, salah satunya fitur Swipe Up. Tidak heran jika banyak yang mencari cara membuat swipe up di instagram tanpa 10k untuk berbagai kepentingan.

cara membuat swipe up di instagram

Swipe Up akan membantu pengguna untuk mudah mengunjungi halam website tertentu melalui Instagram Stories. Caranya cukup menggulirkan halaman Instastories ke atas. Lantas, bagaimana jika pengguna baru yang belum memiliki 10k followers ingin menikmati fitur tersebut? Jangan khawatir, pastinya terdapat cara membuat Swipe Up di Instagram tanpa 10k yang jarang diketahui sebelumnya.

Cara Membuat Swipe Up di Instagram Tanpa 10k Melalui Bantuan IG TV dan Instastories

Memang rasanya sulit untuk mendapatkan followers sebanyak itu untuk para pengguna baru. Jangan khawatir, bagi pengguna baru atau pengguna lama yang memiliki followers kurang dari 10k, tetap akan bisa menikmati fitur Swipe Up. Tidak banyak orang tahu mengenai cara yang satu ini. Lantas, seperti apa caranya?

1. Membuat IG TV

Membuat IG TV tentu sangat mudah, bukan? Menu IGTV bisa ditemui di samping fitur Direct Messages atau DM. Buatlah channel IG TV sesuai dengan konten video yang akan dibuat. Konten video tentunya tidak terbatas. Pengguna bebas akan membuat konten apapun yang berkaitan dengan kebutuhan masing-masing.

2. Mengunggah Video di IG TV

Sudah membuat konten video untuk di upload di IG TV? Jika sudah, langkah berikutnya adalah mengunggah hasil videonya. Video yang diunggah di IG TV harus memiliki durasi minimal sepanjang 15 detik dan maksimal 1 jam. Pilihlah cover IGTV yang menarik sesuai dengan keinginan dan selaras dengan konten yang dibuat.

3. Sertakan Link yang Diinginkan

Pada bagian deskripsi, tambahkan pula caption agar konten video IG TV tampak lebih menarik. Jangan lupa juga untuk menyertakan link web atau link apapun yang nantinya akan dimasukkan ke dalam Insta Stories. Lanjutkan ke proses upload. Setelah video berhasil di upload, tap kotak deskripsi yang berada di bagian bawah. Apabila di klik, maka link yang sebelumnya dimasukkan akan segera terbuka.

Baca JugaCara Menggunakan VPN Turbo Untuk Situs Yang Diblokir

4. Membuat Insta Stories

Berikutnya, cara membuat Swipe Up di Instagram tanpa 10k yaitu mulai membuat Insta Stories. Pengguna bisa memasukkan foto atau video di sana. Pada bagian atas halaman Stories, terdapat icon berbentuk rantai. Icon tersebut yang nantinya akan menghubungkan story dengan IG TV pengguna. Klik icon rantai tersebut dan tambahkan GIF bertuliskan Swipe Up untuk menarik perhatian penonton.

5. Upload Insta Stories

Setelah beberapa langkah di atas dilakukan, selanjutnya adalah mengunggahnya ke Insta Stories. Pastikan story yang baru saja dibuat berhasil. Para followers akan melihat Insta Stories pengguna yang secara otomatis dapat di swipe up. Sangat mudah, bukan? Segera praktikkan sekarang juga.

Popularitas Fitur Swipe Up Untuk Bisnis Online

Kini Instagram telah menjadi salah satu platform sosial media yang terbilang sangat populer. Perkembangan fitur-fitur yang sudah di upgrade juga semakin menambah popularitas dan fungsinya. Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan adalah Swipe Up. Banyak sekali manfaat dari fitur Swipe Up, terutama untuk meningkatkan insight aktivitas di Instagram. Berikut ini manfaat fitur swipe up:

1. Promosi Bisnis

Mayoritas pengguna sosial media memanfaatkan Instagram sebagai tempat promosi bisnisnya. Biasanya para selebgram dan influencer akan melakukan endorsement melalui Insta Stories serta memanfaatkan fitur Swipe Up. Adanya fitur tersebut digunakan untuk menyisipkan link website atau channel tertentu yang berkaitan dengan produk bisnisnya.

2. Memberikan Daya Tarik

Kegiatan promosi yang dilakukan di Instastories terbukti efisien dibandingkan dengan membagikan artikel panjang dan membosankan. Konten Instastories bisa dikembangkan dalam bentuk poster, gambar menarik, ataupun video pendek. Instastories memiliki daya tarik yang mampu menarik perhatian pengunjung, terlebih dibantu dengan adanya fitur Swipe Up.

3. Menambah Pengunjung

Menambahkan tautan link pada fitur Swipe Up tentunya akan menambah jangkauan pengunjung pada situs website yang bersangkutan. Pengunjung akan lebih mudah mengakses halaman yang dimaksud pengguna untuk tujuan tertentu, seperti bisnis. Penggunaan fitur Swipe Up dijamin akan menaikkan traffic Instagram dan menambah pengunjung yang melihat.

4. Meningkatkan Penjualan

Selling marketing melalui Insta Stories yang didukung fitur Swipe Up terbukti mampu meningkatkan jumlah penjualan. Hampir lima puluh persen penjualan produk dan jasa bermula dari Instagram Stories. Promosi yang rutin, pengunjung yang mulai bertambah, tentu tidak menampik terjadinya peningkatan pada produk atau jasa yang dijual atau ditawarkan.

Apa Saja Syarat dan Ketentuan Agar Fitur Swipe Up Bisa Digunakan?

Syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh Instagram untuk menikmati fitur Swipe Up di Instastories adalah pengguna dengan jumlah followers minimal 10k. Selain itu, untuk memenuhi kriteria Swipe Up lainnya adalah pengguna juga perlu mengaktifkan versi akun bisnis dan sudah terverifikasi. Ini syaratnya:

1. Mengaktifkan Business Profile

Pengguna Instagram yang mempunyai followers 10k juga perlu mengatur tipe akun menjadi Business Account, bukan Personal Account. Ini dilakukan sebagai syarat dan ketentuan yang saling berkesinambungan agar pengguna bisa memanfaatkan fitur Swipe Up di Instagram.

2. Akun Instagram Sudah Terverifikasi

Setelah Business Account diatur, ketentuan lainnya adalah akun Instagram sudah terverifikasi. Verifikasi tersebut bukan hanya berbentuk pemberitahuan aktivasi melalui email atau nomor hp, melainkan akun Instagram sudah memiliki centang biru. Bagi kalangan artis dan influencer tentunya akan sangat mudah mendapatkan centang biru.

Fitur Swipe Up Akan Digantikan dengan Fitur Baru?

Rasanya tidak adil jika fitur Swipe Up hanya diperuntukkan bagi pengguna dengan jumlah followers minimal 10k. Cara membuat Swipe Up di Instagram tanpa 10k melalui bantuan fitur IG TV dinilai memiliki kekurangan tersendiri yang mana penggunaannya tidak efisien. Beredar kabar bahwa fitur Swipe Up akan dihilangkan dari Instagram. Jika benar, apa yang akan terjadi selanjutnya?

1. Fitur Swipe Up Lebih Unggul

Pada kenyataannya, fitur Swipe Up dinilai lebih unggul, sebab penggunaannya yang mudah. Pengunjung yang melihat Insta Stories cukup mengusap halaman layar ke atas agar bisa membuka link. Proses input link juga tidak serumit jika menggunakan IG TV terlebih dahulu.

2. Fitur Swipe Up Digantikan Dengan Stiker

Fitur Swipe Up yang rencananya akan digantikan dengan fitur link stiker tentu bisa digunakan semua pengguna Instagram, tanpa terkecuali. Mekanisme dari Swipe Up melalui stiker ini memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Link stiker memiliki keunggulan dari segi kustomisasi. Pengguna bisa memilih ukuran stiker, bentuk serta menempatkan di sisi manapun pada konten Insta Stories.

Itulah beberapa ulasan mengenai fitur Swipe Up di Instastories. Cara membuat Swipe Up di Instagram tanpa 10k bisa dilakukan dengan bantuan tambahan dari fitur IG TV. Manfaat Swipe Up yang begitu banyak, seharusnya bisa dinikmati oleh seluruh pengguna Instagram dan tidak terbatas untuk pengguna yang memiliki followers 10k ke atas saja.