Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Cara Agar YouTube Tetap Berjalan Saat Buka Aplikasi Lain di Smartphone

Menonton YouTube memang mengasikkan, terlebih lagi ketika ingin mendengarkan lagu sebagai teman beraktivitas. Sayangnya, YouTube tidak dapat diputar sambil membuka aplikasi lain yang membuat penggunanya kesulitan. Akan tetapi apakah pembaca sudah mengetahui cara agar YouTube tetap berjalan saat buka aplikasi lain lewat smartphone? Nah, pilihan yang tepat silahkan simak pembahasan dibawah ini.

cara agar youtube tetap berjalan saat buka aplikasi lain

Pasalnya penjelasan yang akan diangkat untuk menjadi topik adalah mengenai cara agar YouTube tetap bisa berjalan saat buka aplikasi lain lewat smartphone. Ditambah pembahasan kali ini akan mempermudah pengguna atau penikmat YouTube untuk memperoleh keinginannya. Baiklah tidak perlu menunda waktu dan langsung simak saja penjelasannya yang akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Beralih Ke Fitur YouTube Berbayar

Rekomendasi cara agar YouTube tetap berjalan saat buka aplikasi lain lewat smartphone yang paling mudah adalah dengan cara membayar. Kelebihannya, pengguna dapat mengaktifkan YouTube dalam mode latar belakang dan tidak akan ada iklan. Akan tetapi, jika ingin menggunakan cara ini pastikan untuk memperbarui setiap beberapa waktu tertentu karena akan habis masa berlakunya.

2. Mengunduh Aplikasi Tambahan

Berbeda dengan rekomendasi sebelumnya, kali ini disediakan cara gratis hanya dengan bermodal mengunduh aplikasi tertentu di Play Store. Sebenarnya cukup banyak aplikasi yang memiliki fungsi untuk mengatur pekerjaan latar belakang smartphone. Pembaca juga dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan seperti aplikasi YMusic yang dapat mendengarkan lagu latar belakang.

Baca JugaCara agar Terakhir Dilihat di WA Tidak Berubah tanpa Aplikasi dengan Mudah

3. Menggunakan Fitur Bawaan Split Screen Pada Smartphone

Selanjutnya adalah fitur yang mungkin ada atau tidak tergantung pada tipe smartphone tertentu dan biasanya hadir dari bawaan pabrik. Sayangnya, pengguna hanya dapat membaginya menjadi dua dan tampilan pada layar juga terbatas. Untuk menggunakannya, lihat pada history aplikasi biasanya akan ada pilihan split screen pada pojok kiri atas yang dapat disesuaikan oleh keinginan.

4. Memperkecil Tampilan Aplikasi

Berbeda dengan beberapa cara sebelumnya, pada cara kali ini memiliki beberapa syarat tertentu dan salah satunya adalah merupakan pengguna sistem operasi Oreo. Versi ini merupakan keluaran terbaru dengan tipe Android 8.0 untuk minimal penggunaannya. Hampir serupa dengan fungsi split screen, fitur ini dinamakan picture in picture yang dapat membawa aplikasi lain tampil lebih kecil.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, pertama pengguna perlu mengunjungi aplikasi YouTube dan menonton video yang diinginkan. Kedua tekan dan seret aplikasi ke sudut yang diinginkan untuk mengecilkannya. Selesai, silahkan pilih aplikasi yang diinginkan namun pengguna harus ekstra sabar karena biasanya beberapa bagian layar akan tertutup oleh penampakan YouTube.

5. Memanfaatkan Google Chrome

Cara terbaik namun sedikit memiliki tahap yang panjang adalah menggunakan Google Chrome untuk memutar video di YouTube serta dapat membuka aplikasi lain. Intinya pembaca hanya perlu membuka Chrome, kemudian mencari video yang diinginkan. Beberapa pengguna mungkin akan kesulitan karena smartphone secara otomatis akan membawa ke aplikasi YouTube langsung.

Hal ini dapat ditangani dengan menonaktifkan aplikasi YouTube sementara terlebih dahulu atau jika muncul pilihan klik Chrome. Perlu diketahui juga bahwa pembaca harus menggunakan Google Chrome dan bukannya aplikasi pencarian bawaan. Keistimewaan menonton YouTube dari Chrome adalah pengguna juga dapat mengatur sendiri alih bahasa yang diinginkan.

Bagaimana bukankah mudah untuk melakukan cara agar YouTube tetap berjalan saat buka aplikasi lain lewat smartphone? Kini waktunya untuk mencoba. Pembaca yang sudah penasaran dan ingin mencobanya dapat melakukan sesuai dengan cara yang direkomendasikan. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan selamat mencoba bagi pembaca yang penasaran untuk membuka YouTube di latar belakang.