Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prospek Kerja Teknik Sistem Perkapalan Yang Sangat Menjanjikan

Indonesia, adalah salah satu negara maritim yang secara tidak langsung membuka peluang serta prospek kerja teknik sistem perkapalan. Hal tersebut dikarenakan, sektor tersebut merupakan bagian fokus utama negara sehingga perlunya mengembangkan para tenaga ahlinya untuk mengelola.

Beberapa Prospek Kerja Teknik Sistem Perkapalan

Program studi teknik perkapalan merupakan sebuah jurusan yang mempelajari tentang perancangan, pengelolaan, pengendalian hingga pengoperasian semua hal yang berkaitan dengan kapal. Mulai dari sistem hingga alat penunjang lainnya. Berikut beberapa prospek kerjanya.

Prospek Kerja Teknik Sistem Perkapalan

1.     Arsitektur Perkapalan atau Engineer

Kebanyakan orang mungkin hanya mengenal dan mengetahui arsitektur bangunan saja, tapi masih banyak yang belum tahu tentang arsitektur perkapalan. Walaupun pada dasarnya antara kedua profesi tersebut memiliki tugas yang sama yaitu merancang dan membangun hanya saja berbeda pada media.

Pekerjaan ini bisa dikatakan cukup berat, karena nantinya kapal tersebut akan dimanfaatkan untuk alat transportasi air dan bisa bekerja sesuai standar ketentuan. Alhasil tidak heran apabila seseorang  ingin menjadi bagian  dibidang ini harus memiliki pengalaman. Namun bisa untuk para fresh graduate juga.

2.     Surveyor Production

Sebagai lulusan dari program studi teknik sistem perkapalan Anda juga berkesempatan untuk menjadi seorang surveyor production. Profesi ini merupakan salah satu jabatan pada perusahaan yang bergerak dibidang perkapalan dengan klasifikasi atau orang yang ahli membuat sebuah kapal.

Ada banyak perusahaan di Indonesia yang berhubungan serta  dapat Anda jadikan referensi ketika sudah menyelesaikan pendidikan. Mulai dari Badan Klasifikasi Nasional hingga  Class Surveyor yang merupakan Badan Klasifikasi Kapal Asing dan memiliki gaji tergolong sangat tinggi bagi pekerjanya.

3.     Welding Inspector Atau Welding Engineer

Prospek kerja teknik sistem perkapalan selanjutnya yang bisa ditekuni para lulusan jurusan tersebut adalah menjadi seorang welding inspector atau welding engineer. Berkat semua bekal ilmu serta sejumlah dokumen yang dapat memenuhi syarat untuk lulus kesempatan masuk sangatlah terbuka.

Baca JugaProspek Kerja Bioteknologi Yang Bisa Kamu Pilih

Salah satu spesifikasi yang dibutuhkan oleh bidang ini sudah dimiliki  para alumni dari program studi teknik sistem perkapalan yaitu mengenai Ias. Namun, bukan hanya sekedar ilmu itu saja, tapi masih ada banyak lagi kemampuan seperti pemahaman agar kapal tidak bocor atau rusak saat dioperasikan..

4.     Pengusaha

Lulusan dari program studi teknik sistem perkapalan pun tak melulu bekerja diindustri saja melainkan bisa menjadi seorang pengusaha. Terlebih jika Anda memiliki kemampuan dasar dalam berbisnis seperti jual beli atau hal lainnya yang mampu menghasilkan pundi-pundi uang.

Namun, ada beberapa hal yang harus  Anda perhatikan saat memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha. Perkara utamanya adalah modal, dan apabila memang memiliki cukup uang guna mendirikan usaha sendiri tentu tidak akan masalah, namun jika tidak, coba pertimbangkan kembali.

5.     Instansi Pemerintahan atau BUMN

Peluang kerja berikutnya yang mungkin dapat Anda tekuni setelah menyelesaikan pendidikan teknik sistem perkapalan adalah masuk dan menjadi bagian dari Instansi Pemerintahan. Pasalnya ada banyak sektro yang tersedia untuk lulusan dari jurusan tersebut.

Selain itu, menjadi bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pun sangat mungkin untuk Anda sebagai lulusan prodi teknik sistem perkapalan. Kemudian, gaji yang ditawarkannya pun terbilang sangat besar dan menjamin masa depan.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja teknik sistem perkapalan. Mengingat Indonesia merupakan salah satu negara maritim serta memiliki kekayaan laut yang harus diekspor, maka peluang kerjanya pun sangat terbuka. Jadi, Anda tak perlu mengkhawatirkan hal tersebut.