Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prospek Kerja Teknik Elektronika Yang Bisa Kamu Pilih

Seiring dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, membuat prospek kerja teknik elektronika menjadi semakin terbuka peluangnya. Ada berbagai macam profesi siap ditekuni oleh lulusan dari jurusan tersebut seperti, teknik telekomunikasi, navigasi, network System hingga ahli robotik (robot).

Beberapa Prospek Kerja Teknik Elektronika yang Banyak Diminati

Program studi teknik elektronika merupakan sebuah jurusan yang mempelajari tentang semua sifat elektron atau lebih dikenal dengan listrik. Para mahasiswanya akan dibekali dengan ilmu pemanfaatan listrik agar dapat difungsikan dan mengisi kebutuhan sehari-hari. Berikut beberapa prospek kerjanya.

Prospek Kerja Teknik Elektronika

1. Software Developer

Pengembang pada software tidak hanya untuk lulusan dari IT saja, karena sebagai alumni program studi teknik elektronika tentunya anda bisa masuk di bidang ini. Software developer adalah seorang profesional yang bertugas membuat sebuah perangkat lunak yang bekerja mengandalkan komputer.

Umumnya, profesi ini bekerja untuk membuat sebuah platform  atau perangkat lunak tersebut dapat berupa aplikasi desktop hingga  aplikasi mobile serta lainnya. Selain itu, software developer bertanggung jawab atas kegiatan  pengembangan, desain sampai implementasi produk dari perangkat.

2. Software Engineer

Hampir mirip seperti software developer namun pekerjaannya  lebih kompleks lagi. Profesi software engineer juga dapat ditekuni para lulusan teknik elektronika. Pekerjaan ini memiliki tugas utama  yaitu menangani seluruh siklus terhadap pengembangan pada perangkat lunak, berupa analisis kebutuhan.

Selain itu, seorang software Engineer juga akan berurusan langsung dengan proses perancangan, pengembangan, pengujian, hingga maintenance guna memenuhi kebutuhan tersebut. Anda akan dituntut harus paham mengenai sistem komputer agar bisa  mengenali berbagai macam batasannya.

3. System Engineer

Prospek kerja teknik elektronika berikutnya yaitu menjadi seorang yang bekerja sebagai system engineer. Dalam profesi ini, pekerjanya harus memahami mengenai teknik serta manajemen. Hal tersebut dikarenakan pada bidang ini akan berkolaborasi dengan sebuah departemen dan perusahaan.

Tugas utama dari system engineer ialah  melakukan implementasi terhadap software sistem  mulai dari analisis data sampai dengan menyempurnakan sistem yang ada. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kerja. Alhasil, kinerja di perusahaan ataupun departemen menjadi efisien.

4. Electrical Design Engineer

Perkembangan terhadap dunia teknologi yang terus mengalami perubahan serta peningkatan pada penggunaan perangkat elektronik dan produksi otomatis membuat pekerjaan electrical design engineer semakin dibutuhkan. Hal ini menjadi kabar baik untuk para lulusan program studi teknik elektronika.

Dalam profesi ini, para pekerjanya akan mengembangkan ide hingga menyusun sistem dengan menggunakan program komputer. Fokus utamanya ialah kelistrikan agar dapat digunakan dalam sistem aplikasi. Selain itu, Anda  bertanggung jawab pada mengembangkan spesifikasi dan tata letak.

5. Project Engineer

Seorang yang bekerja sebagai project engineer akan bertanggung jawab dalam proses pengembangan serta pemasangan terhadap sistem teknik kelistrikan proyek tertentu. Tentunya, profesi ini sangat dekat dengan lulusan program studi teknik elektronika karena semua ilmu yang telah dipelajari selama kuliah.

Peran utama dari seorang project engingeer adalah mengembangan desain dan memberikan tugas kepada tim lain. Selain itu, dalam profesi ini sangat wajib untuk mematuhi keselamatan serta persyaratan teknis agar keberlangsungan proyek tetap sesuai ketentuan awal dan juga anggaran biaya.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja teknik elektronika. Sebagai lulusan dari jurusan tersebut, seharusnya Anda merasa sangat beruntung. Hal tersebut karena listrik merupakan salah satu kebutuhan yang  utama bagi kehidupan sehingga para ahlinya pun akan terus dibutuhkan.