Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prospek Kerja Ilmu Komputer, Berikut Lowongan Kerjanya

Di era moderen seperti saat ini, perkembangan teknologi terus berkembang dengan pesat dan hal tersebut membuat prospek kerja ilmu komputer menjadi makin terbuka lebar. Pasalnya, kebutuhan m tenaga ahlinya sangat dibutuhkan untuk keperluan berbagai macam hal dan industri  

Beberapa Prospek Kerja Ilmu Komputer 

Dengan terus berkembangnya era internet of things, membuat munculnya ide kreatif dalam pemanfaatan komputer menjadi sangat menarik. Berbagai perusahaan saat ini berlomba-lomba dalam menciptakan perangkat lunak hingga aplikasi agar mampu bersaing di pasar global. Berikut prospek kerjanya.

Prospek Kerja Ilmu Komputer

1. FSD atau Full Stack Developer

Prospek kerja yang mungkin digeluti oleh para alumni program studi ilmu komputer adalah FSD atau Full Stack Developer. Tugas utama dari pekerjaan ini  ialah bertanggung jawab atas semua hal pengembangan yang sedang dikerjakan dalam proyek. Mulai dari database, server hingga engineering.

Sosok yang bisa masuk ke dalam divisi ini tidak hanya sekedar lulusan dari program studi ilmu komputer saja, melainkan seseorang yang cukup berpengalaman. Pasalnya, Full Stack Developer sangat membutuhkan seseorang dengan cara berpikir kreatif, tingginya rasa ingin tahu serta gigih.

2. Web Desainer

Perkembangan zaman dan juga teknologi yang kian hari semakin canggih, membuat banyak pihak dan perusahaan memfokuskan produknya pada sebuah website. Oleh sebab itu, peluang dari pekerjaan ini terbuka sangat lebar untuk digeluti, terlebih para lulusan program studi ilmu komputer.

Baca JugaProspek Kerja Kimia Yang Paling Banyak Diminati

Tugas dari seorang Web Desainer adalah melakukan sebuah perancangan terhadap website agar tampilannya menjadi lebih menarik serta diminati banyak orang. Selain itu, tujuan lainnya islah membuat pengoperasian website lebih mudah ketika digunakan oleh konsumen secara meluas.

3. BED atau Back End Developer

Prospek kerja ilmu komputer berikutnya adalah menjadi seorang BED atau Back End Developer. Hampir sama dengan FED, bedanya adalah programmer ini bekerja dibelakang layar serta harus memahami semua hal yang berkaitan dengan program seperti HTML, CSS hingga JavaScript.

Tugas lain dari seorang BED atau Back End Developer adalah mengawasi dan menangani pada bagian data yang ada di sebuah website, termasuk database serta server. Selain itu, profesi ini juga bertanggung jawab atas proses kegiatan hingga  perancangan pada suatu sistem dan juga API. 

4. Android dan iOS Developer

Menjadi android developer mungkin salah satu angan-angan para alumni program studi ilmu komputer. Pasalnya, OS Android kini telah banyak digunakan bahkan cukup merajai pangsa pasar smartphone diseluruh dunia. Alhasil Anda bisa menjadi bagian penting dari perkembangan Android.

Tugas dari seorang Android Developer adalah melakukan sebuah perancangan hingga proses pembuatan aplikasi hingga semua tahapannya selesai dan di pasarkan secara luas pada android. Selain itu, tak hanya diisi oleh lulusan informatika saja tapi juga ilmu komputer.

5. FED atau Front End Developer

FED atau Front End Developer memiliki tugas yaitu mengerjakan sebuah program yang dilihat atau diawasi secara langsung oleh penggunanya. Agar bisa mengambil pekerjaan tersebut., Anda dituntut untuk memahami beberapa ilmunya terlebih dahulu seperti HTML, pemrograman JavaScript dan CSS.

Selain itu, seorang programmer atau front End developer juga harus memiliki kemampuan dalam memahami mengenai berbagai macam Framework seperti Vue, Angular, React, CSS preprocessor dan masih banyak lagi. Kemudian, Anda juga diminta untuk mahir dalam desain hingga menguji aplikasi.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja ilmu komputer. Secara umum bidang ini memiliki peluang pekerjaan yang sangat  bervariasi dan luas. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mempersiapkan diri agar bisa bersaing dalam mendapatkan pekerjaan terbaik di sektor tersebut.