Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Bioteknologi Yang Bisa Kamu Pilih

Prospek kerja bioteknologi pada dasarnya memiliki peluang sangat terbuka dan cerah di masa depan. Pasalnya, disiplin ilmu tersebut mempunyai peranan penting dalam perkembangan berbagai macam industri. Mulai dari sektor makanan dan minuman, agrikultur farmasi atau obat hingga kosmetika.

Prospek Kerja Bioteknologi Beserta Gajinya

Program studi bioteknologi adalah salah satu cabang disiplin ilmu biologi yang mempelajari teknologi pemanfaatan pada makhluk hidup dalam skala besar guna menghasilkan produk bernilai. Sampai pada hari ini, bidang tersebut mengalami perkembangan sangat pesat dan berikut prospek kerjanya.

Prospek Kerja Bioteknologi

1.     Product Development

Setiap Perusahaan memiliki produk tertentu pasti ingin mempunyai kualitas terbaik agar mampu bersaing di pasar secara luas. Oleh sebab itu, peran seorang product Development sangat dibutuhkan guna melakukan pengembangan mutu serta mengawasi semua proses dari tahap awal hingga selesai.

Sebagai lulusan dari program studi bioteknologi, menjadi seorang product Development sangatlah mungkin. Hal tersebut dikarenakan, tugas utamanya adalah memanfaatkan ilmu teknologi serta biologi gunakan melakukan penelitian. Gaji yang ditawarkan cukup menggiurkan  Rp 5 juta sampai Rp 15 juta.

2.     Quality Control

Profesi berikutnya yang mungkin bisa ditekuni oleh lulusan program studi bioteknologi  adalah bekerja sebagai Quality Control. Pekerjaan ini pada dasarnya pasti ada pada berbagai perusahaan terutama yang  berkecimpung dalam bidang  manufaktur ataupun makanan serta minuman dan lainnya.

Seorang yang bekerja sebagai quality Control memiliki tugas yaitu menjaga kualitas terhadap produk yang sedang diproduksi oleh perusahaan. Mulai dari tahap awal seperti proses penyeleksian bahan baku hingga bisa dipasarkan. Para pekerjanya digaji sekitar Rp4.000.000 per bulan.

3.     Quality Assurance

Prospek kerja bioteknologi berikutnya yaitu Quality Assurance, salah satu divisi tertinggi di suatu perusahaan terkait produksi. Tugas utamanya adalah  mengecek akan kualitas produk yang sudah melewati pengontrolan pihak Quality Control untuk ditinjau lebih lanjut tentang kelayakan fungsinya.

Profesi ini sangat mungkin untuk ditekuni para lulusan program studi bioteknologi karena kemampuannya dalam mengelola semua tugas yang diberikan ke Quality Assurance. Selain itu, bekerja dibidang ini di gaji cukup tinggi yaitu berkisar Rp. 5.000.000 - Rp. 7.000.000 per bulan.

4.     Research and Development Pangan

Tugas dari seorang research and development Pangan yaitu melakukan suatu analisis guna kepentingan pengujian terhadap sebuah produk pangan, mulai dari ide hingga pengembangan. Selain itu, banyak industri yang mungkin bisa Anda tekuni dengan memanfaatkan semua pengetahuan.

Kemudian, seorang research and development pangan juga melakukan sebuah analisis guna pengembangan teknologi baru dan digunakan untuk kepentingan industri yang bergerak dibidang pangan. Lebih lengkapnya lagi profesi ini bertugas merancang suatu produk hingga proyek selesai.

5.     Teknisi Laboratorium Biologi

Bekerja sebagai teknisi laboratorium merupakan salah satu kesempatan dari sekian banyak pekerjaan yang bisa digeluti oleh alumni bioteknologi. Tugas utama dari profesi ini ialah bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan serta  hal yang berkaitan dengan laboratorium biologi termasuk peralatan.

Pekerjanya akan diminta untuk mengelola, memelihara dan merawat seluruh perlengkapan laboratorium. Selain itu, tugasnya adalah melakukan pendataan terhadap proyek yang sedang dikerjakan di lab. Bisa dibilang  teknisi laboratorium biologi cukup penting untuk suatu  penelitian.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja bioteknologi. Jika Anda memiliki ketertarikan akan ilmu biologi serta dunia teknologi, maka program studi ini sangat cocok. Pahalanya, dalam hal pekerjaan kedua elemen tersebut akan dikombinasikan untuk bisa menghasilkan suatu produk bernilai.