Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prospek Kerja Agroekoteknologi Sangat Dibutuhkan Berbagai Industri

Prospek kerja agroekoteknologi hingga saat ini cukup terbuka peluang pekerjaannya. Hal tersebut dikarenakan, para ahli dalam bidang tersebut sangat dibutuhkan dalam dunia kerja dan berbagai industri. Mulai dari instansi pemerintahan, lembaga swasta masyarakat dan masih banyak lagi lainnya.

Prospek Kerja Agroekoteknologi Berdasarkan Ruang Lingkup

Program studi agroekoteknologi merupakan salah satu bagian dari disiplin ilmu pertanian yang lebih kompleks karena gabungan dari berbagai macam fakultas seperti agronomi dan lainnya. Oleh sebab itu, para tenaga ahlinya sangat dibutuhkan oleh industri. Berikut beberapa prospek kerjanya.

Prospek Kerja Agroekoteknologi

1.     Peneliti dan Akademisi

Pertama, Anda  bisa berkarir menjadi seorang peneliti. Ilmu yang didapatkan di program studi agroteknologi dapat membawa lulusannya  memilih profesi satu ini. Pekerjaan sebagai peneliti sangat pas untuk Anda yang hobi melakukan riset serta penelitian guna kemajuan bidang agroteknologi.

Selain itu, lulusan dari prodi agroteknologi juga bisa memilih karir menjadi seorang dosen atau akademisi. Profesi ini sangat sangat cocok untuk Anda yang mau menurunkan ilmu kepada orang lain dan suka pada dunia pendidikan. Jika tertarik, Anda dapat melanjutkan kuliah S2 terlebih dahulu.

2.     Konsultan Pertanian dan Industri

Peluang pekerjaan lulusan Agroteknologi selanjutnya adalah menjadi seorang konsultan dalam bidang pertanian. Tugas utama dari profesi ini adalah memberikan berbagai macam saran pada industri tersebut. Anda dapat memulainya dari skala lebih kecil kemudian barulah ke tingga lebih  besar.

Terlepas dari profesi tersebut, sebagai lulusan dari program studi agroteknologi juga bisa bekerja di sektor industri pertanian serta perkebunan melalui ilmu yang didapat di bangku kuliah. Apalagi industri ini pertumbuhannya cukup pesat dan banyak perusahaan besar, terutama di negara Indonesia.

Baca Juga: Prospek Kerja Ilmu Tanah

3.     Instansi Pemerintah dan Industri Pangan

Prospek kerja agroekoteknologi berikutnya bagi para lulusannya bisa memilih profesi untuk bekerja di instansi pemerintah. Ada banyak sektor yang dapat Anda tekuni seperti  Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta menempati posisi-posisi strategis. Hingga menjadi pegawa negeri sipil (PNS).

Prospek kerja lainnya yang mungkin dapat Anda  pilih sebagai lulusan dari program studi  agroteknologi adalah menjadi bagian di industri teknologi pengolahan pangan. Anda  bisa  masuk di berbagai perusahaan khususnya yang bergerak pada sektor pangan, terutama mengolah hasil dari pertanian.

4.     Surveyor dan Bank

Berikutnya, alumni dari program studi  agroteknologi juga dapat memilih karir sebagai surveyor. Anda dapat  masuk dan menjadi bagian Badan Koordinasi Survei dan Badan Pertanahan Nasional (BPN). Tugas utama profesi ini  adalah melakukan survey untuk tujuan tertentu  terkait kebijakan yang diambil.

Selain itu, Anda juga dapat masuk dalam sektor  perbankan. Pekerjanya  dapat memilih beragam posisi di back office ataupun front office. Profesi satu ini mungkin tak memiliki hubungan dengan ruang lingkup ilmu agroteknologi. Namun, peluang pekerjaannya cukup terbuka bagi lulusan  prodi agroteknologi.

5.     Pebisnis dan Pengelola Perkebunan

Siapa bilang alumni agroteknologi tidak bisa mandiri dan membangun bisnis?. Justru ini merupakan kesempatan bagi Anda  untuk memulai suatu usaha yang berkaitan dengan disiplin ilmu selama menempuh pendidikan kuliah sehingga mampu berpenghasilan yang bisa disesuaikan sendiri.

Selain berbisnis, Anda juga bisa mengambil langkah untuk menjadi pengelola perkebunan. Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk mengurus sebuah perkebunan agar dapat difungsikan secara optimal. Pekerjanya  dapat  mengelola perkebunan serta  memanfaatkan teknologi terkini.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja agroekoteknologi. Bidang ini akan menjadi sangat cocok bagi Anda yang menyukai botanical serta mengelola berbagai macam tumbuh-tumbuhan. Karena, dalam dunia kerjanya tidak akan jauh dari fokus pelajaran selama masa kuliah.