Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mematikan Laptop Dengan Keyboard yang Baik dan Benar

Tahukah anda, ternyata ada beberapa tips cara mematikan laptop dengan keyboard. Laptop atau komputer dilengkapi komponen untuk menggerakan kursor, yaitu mouse. Penggunaan mouse memang sangat penting untuk mengoperasikan laptop atau PC. Aktifitas apapun dapat dengan mudah jika dikontrol melalui mouse.

Cara Mematikan Laptop Dengan Keyboard

Sebagian orang mungkin sudah mengetahui cara mematikan laptop dengan keyboard. Karena, apabila anda mematikan laptop dengan langsung menekan tombol power itu merupakan tindakan yang salah. Banyak resiko yang akan terjadi jika anda mematikan laptop dengan cara tersebut. Anda justru akan merusaknya, karena mematikan laptop dengan menekan tombol power secara langsung dapat merusak komponen laptop, seperti motherboard maupun softwarenya.

Cara mematikan laptop umumnya adalah dengan menggunakan mouse, dengan menekan bottom start pada monitor, lalu mencari "shut down" dan menekannya. Namun, jika anda seorang yang biasa bekerja dengan laptop maupun PC, tentu punya banyak cara mematikan laptop dengan keyboard. Tanpa mouse, bisa jadi cara mematikan laptop menjadi lebih ringkas.

Cara ini akan sangat bermanfaat apabila mouse anda tiba-tiba macet atau rusak. Apabila anda belum mengetahui cara mematikan laptop dengan keyboard, silahkan simak beberapa cara dan langkah-langkahnya di bawah ini:

Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

1. Cara yang pertama untuk mematikan laptop dengan keyboard cukup mudah. Tekan ALT+F4 secara bersamaan, maka laptop anda akan shut down dengan sendirinya. Caranya adalah, tekan tombol ALT, sesaat kemudian tekan F4. Lalu akan muncul pilihan untuk "shut down", lalu silahkan pilih shut down. Selanjutnya tinggal tekan ENTER, maka laptop anda akan mati dengan sendirinya.

2. Cara kedua ini lebih singkat dari cara yang pertama. Anda cukup menekan CTRL+ALT+DEL, kemudian akan muncul pilihan pada pojok kanan bawah. Pilihkan "shut down", maka laptop anda akan mati. Cara ini sebenarnya biasa dilakukan jika laptop anda mengalami hang atau macet pada aplikasi tertentu. Supaya lancar kembali, aplikasi dapat dikurangi dengan cara tersebut. Apabila anda ingin mematikan laptop, maka anda bisa memilih shut down.

Baca Juga: Laptop Terbaik Untuk Mahasiswa

3. Untuk cara mematikan laptop dengan keyboard yang selanjutnya adalah dengan menekan tombol windows pada keyboard anda. Lalu pilih "shut down" Lalu arahkan cursor dengan menekan tombol panah naik turun pada keyboard anda. Cara ini akan berhasil mematikan laptop dengan normal.

4. Cara yang terakhir yaitu untuk laptop yang beroperasi pada Windows XP. Pertama silahkan tekan tombol windows pada keyboard anda. Lalu ketiklah U dan U. Maka perlahan-lahan laptop anda akan shuting down dengan sendirinya.

Keuntungan mematikan laptop dengan keyboard

Mematikan laptop dengan keyboard tentu akan mempersingkat waktu anda, bahkan bisa mengerjakannya hanya dengan sekali tekan saja. Cara ini tentu akan menjadi solusi apabila mouse tiba-tiba macet atau rusak. Oh ya, sebelum anda menggunakan cara di atas, pastikan seluruh aplikasi laptop sudah dalam keadaaan tertutup. Agar anda tidak kehilangan data pekerjaan anda pada aplikasi-aplikasi tersebut jika memaksakan "force shut down" pada saat mematikan laptop.

Pastikan flashdisk, USB, dan apapun yang terpasang di laptop sudah dilepas/dicabut sebelum dimatikan. Termasuk mengeluarkan CD jika masih ada di ROM CD laptop.

Demikian ulasan mengenai 4 cara mematikan laptop dengan keyboard. Ini bisa menjadi alternatif untuk anda yang ingin cara lebih simpel ataupun ada kendala dengan mouse. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih atas kunjungannya dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "4 Cara Mematikan Laptop Dengan Keyboard yang Baik dan Benar"