Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Layangan Sawangan Dengan Mudah

Cara Membuat Layangan Sawangan - Layangan memang sudah menjadi permainan tradisional di Indonesia, ketika musim kemarau tiba biasanya anak-anak mulai bermain layangan. Ada berbagai macam bentuk dan jenis yang berbeda, adapun yang kreatif membuatnya sendiri dan ada juga yang membeli.

Cara Membuat Layangan Sawangan

Namun, akan lebih memuaskan apabila kita membuat layangan sendiri dan berhasil menerbangkannya. Karena, kalau membuatnya sendiri kita bisa membuat jenis layangan dan bentuk sesuai selera. Contohnya seperti layangan unik yaitu Sawangan.

Seperti yang diketahui, layangan jenis ini sangat populer dan banyak yang membuatnya. Oleh sebab itulah, layangan jenis yang satu ini sangat unik diterbangkan untuk menghiasi langit yang indah.

Tutorial Membuat Layangan Sawangan

Oke, buat kalian yang belum mengetahui cara membuat layangan jenis Sawangan tenang saja, karena di artikel ini saya akan membahasnya. Simak baik-baik yah.

1. Pilih bambu yang agak muda

Langkah pertama yaitu pilihlah bambu yang agak muda untuk bahan utama kerangka. Karena bambu yang agak muda ringan jadi akan mengurangi berat dari banyaknya bambu yang digunakan pada kerangka. Bambu agak muda biasanya berwarna hijau.

2. Pembuatan Kerangka

Kamu tinggal ikuti saja dan serut bambu dengan jumlah, ukuran, dan kemudian dibentuk sesuai dan sama persis seperti gambar di bawah. Ikatlah bagian-bagian yang dibutuhkan menggunakan tali benang dengan kencang agar layangan kokoh dan tidak gampang rusak.

Baca Juga: Cara Membuat Layangan Garuda

Supaya kamu dapat dengan mudah memahami proses pembuatan layangan Sawangan, kerangka beserta ukurannya telah saya sertakan melalui gambar di bawah ini:

Cara Membuat Layangan Sawangan

3. Menyampul Layangan

Terakhir yaitu menyampul layangan, untuk bahannya boleh menggunakan plastik ataupun kertas, namun untuk hasil yang lebih kuat disarankan memakai bahan plastik karena tahan air dan tidak mudah robek. 

Untuk menyampulnya silahkan letakan kerangka di atas plastik dengan ukuran yang telah disesuaikan, kemudian buatlah pola pakai spidol mengikuti pola kerangka. Gunting plastik mengikuti pola dan sisakan jarak 1-2 cm dari garis pola supaya memudahkan ketika di lem. Untuk jenis lem disesuaikan dengan bahan sampul yang digunakan agar merekat dengan sempurna.

Selesai deh, layang-layang Sawangan kamu sudah siap diterbangkan untuk menghiasi langit yang biru.

Demikian pembahasan mengenai cara membuat layangan Sawangan dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua, apabila ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar, terimakasih atas kunjungannya dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Layangan Sawangan Dengan Mudah"