Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Layang Layang Unik dari Bambu

Cara Membuat Layang Layang Unik dari Bambu. Layang adalah permainan tradisional yang sudah ada dari jaman dahulu dan sampai saat ini masih disukai oleh banyak orang, mulai dari kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa. Karena bermain layangan memang sangat menyenangkan dan mengesankan.

Cara Membuat Layang Layang Unik dari Bambu

Layangan sendiri pada dasarnya terdapat dua jenis yaitu layangan unik/hias dan layangan laga. Layang-layang hias lebih mengutamakan keindahan desain seperti layang-layang berbetuk hewan, manusia, pesawat, dan lain-lain.

Sedangkan layangan laga lebih mengutamakan ketajaman benang gelasan yang dipakai untuk mengalahkan benang layangan dari lawan. Dimana layangan yang mampu bertahan atau benangnya tidak putus dialah yang menjadi pemenangnya.

Harga layang-layang memang cukup mahal. Maka dari itu, menerbangkan layangan hasil buatan sendiri tentu akan lebih membanggakan. Apalagi kita bisa membuat bentuk, ukuran, dan warna sesuai selera.

Cara membuat Layangan Unik dari Bambu

Di kesempatan kali ini saya akan membuat layang unik jenis Motor. Apabila Anda belum mengetahui cara membuat layang-layang unik motor jangan khawatir, karena saya akan mengulasnya. Oke, silahkan di simak baik-baik ya.

Alat dan Bahan Layang-layang Unik

  • Bambu
  • Gunting
  • Plastik, Kertas, atau bisa juga pakai Kain
  • Spidol
  • Lem
  • Benang

Langkah-langkah Membuat Layangan Unik

Supaya kamu dapat dengan mudah memahami proses pembuatan layangan unik, kerangka beserta ukurannya telah saya sertakan melalui gambar di bawah ini:

Cara Membuat Layang Layang Unik dari Bambu

1. Pembuatan Kerangka Layangan

Kamu tinggal ikuti saja dan serut bambu dengan jumlah, ukuran, dan kemudian dibentuk sesuai sama persis seperti gambar di atas. Ikatlah bagian-bagian yang dibutuhkan menggunakan tali benang dengan kencang agar layangan kokoh dan tidak gampang rusak.

2. Proses Sampul

Apabila kerangka layangan unik sudah jadi dan siap untuk di sampul, selanjutnya silahkan siapkan kertas, gunting, dan lem. Untuk jenis sampul sesuai selera Anda bisa menggunakan  kertas yang sudah bermotif, plastik, atau kain.

Baca Juga: Cara Membuat Layangan Ikan

Letakkan kerangka di atas kertas sampul, kemudian gunting kertas mengikuti pola kerangka dengan jarak 1-2 cm dari garis pola agar memudahkan ketika proses perekatan dengan lem. Untuk jenis lem silahkan sesuaikan dengan bahan sampul yang dipakai.

Selesai, layangan-layang unik kamu sudah siap diterbangkan di udara.

Itulah ulasan singkat mengenai Cara Membuat Layangan Unik dari Bambu, Apabila ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar, terimakasih atas kunjungannya dan selamat mencoba, salam satu hobi.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Layang Layang Unik dari Bambu"