Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Layangan Pesawat dengan Mudah

Cara membuat layangan pesawat - musim kemarau telah tiba. Ini adalah waktu terbaik untuk bermain layang-layang karena angin berhembus kencang di musim kemarau. Ingin mencoba membuat layang-layang sendiri? Kami menyarankan Anda mengetahui tips untuk membuat layang-layang pesawat terlebih dahulu.

Cara membuat layangan pesawat

Mencari layang-layang pesawat sebenarnya sangat mudah karena sekarang banyak yang menjualnya. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri. Dengan membuat layang-layang Anda sendiri, bentuk dan juga motif dapat disesuaikan dengan keinginan.

Bagi mereka yang kreatif, membuat layang-layang pasti menjadi aktifitas yang menyenangkan. Sedangkan, beberapa bahan yang dibutuhkan, yaitu 2 bambu tipis dengan tebal 1 cm. Kemudian, kertas minyak, spidol, penggaris, lem, benang, dan gunting.

Cara Membuat Layang layang Pesawat

Di bawah ini adalah langkah-langkah cara membuat layang-layang pesawat versi bulanbintang7.com :

1. Siapkan 2 bambu tipis dengan ukuran berbeda

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahan yang diperlukan untuk membuat layang-layang pesawat adalah bambu tipis. Bambu tipis memiliki ketebalan paling sedikit dari 2 cm. Nah, 2 bambu perlu dipotong sehingga memiliki ukuran yang berbeda.

Satu bilah bambu akan digunakan sebagai bingkai vertikal. Sementara itu, yang satunya lagi akan digunakan untuk kerangka horizontal. Di mana bingkai vertikal membutuhkan panjang 50-70 cm dan kerangka kerja horizontal 30-50 cm.

2. Ikat Kedua Kerangka Layangan Pesawat

Cara membuat layang-layang pesawat berikutnya yaitu mengikat bambu yang telah dibentuk menjadi kerangka. Tempatkan 2 kerangka dengan posisi silang, lalu ikat dengan utas. Ikat urutan kedua dengan erat sehingga tidak mudah lepas.

3. Tempatkan kerangka pada kertas minyak

Setelah kerangka itu diikat dan menyatu, letakkan kerangka pada kertas minyak atau bisa menggunakan yang lain. Namun, pastikan kertas minyak yang digunakan tidak terlalu tipis. Sehingga layang-layang tidak mudah robek ketika diterpa angin kencang.

Buat pola pada kertas minyak pakai spidol. Pola yang dibuat harus mengikuti bentuk layang-layang pesawat. Untuk memudahkan saat merekatkan kertas, ketika menggunting kertas beri jarak 2-3 cm dari kerangka.

4. Rekatkan kerangka dengan kertas minyak

Sebelum memasangkan kerangka dengan kertas minyak, gunting terlebih dahulu kertas minyak mengikuti pola yang telah dibentuk. Gunting dengan hati-hati dan perlahan sehingga tidak ada bagian lain yang terputus.

5. Buat lubang di tengah kerangka

Jika kertas minyak dan kerangka telah menyatu, selanjutnya ikat lah keduanya  menggunakan tali. Namun, sebelum diikat, Anda harus membuat lubang terlebih dahulu.

Buat 2 lubang di anggota tengah kerangka tepat di area persilangan bambu. Kemudian, buat juga 2 lubang di bawah area persilangan. Setelah itu, masukkan tali di masing-masing lubang dan ikat lah dengan kuat.

Demikian tutorial mengenai cara membuat layangan pesawat dengan mudah. Semoga dapat bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar, terimakasih sudah berkunjung dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Layangan Pesawat dengan Mudah"