Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Layangan Burung Hantu dengan Mudah

Cara Membuat Layangan Burung Hantu atau Celepuk ternyata bisa kamu buat dengan mudah dirumah. Kebetulan dalam artikel ini saya akan mengulas cara membuat layang-layang yang unik tersebut. Bagi kamu yang masih pemula alangkah baiknya memahami terlebih dahulu tutorialnya.

Cara Membuat Layangan Burung Hantu

Layangan burung hantu atau celepuk adalah layangan tradisional kreatifitas anak-anak Indonesia, biasanya layangan ini mudah kamu jumpai di pantai bali entah itu sedang ada acara festival atau di hari biasa.

Layang-layang adalah permainan yang terbuat dari bambu membentuk kerangka yang biasanya di sampul menggunakan kertas, plastik, atau kain. Kemudian diterbangkan ke udara dengan menggunakan tali seperti benang, senar, atau yang lainnya sebagai kendali.

Layang-layang yang terbuat dari bambu adalah permainan tradisional yang sangat populer di Indonesia. Bermain layangan biasanya dilakukan ditempat terbuka, seperti di pesisir pantai, lapangan, lahan kosong, persawahan dan lain-lain.

Bermain layangan-layang tak mengenal usia, mulai dari anak-anak, usia remaja, bahkan orang dewasa juga banyak yang hobi bermain layangan. 

Baca juga: Cara Membuat Layangan Burung Elang

Cara Membuat Layangan Burung Hantu dari Bambu

Supaya kamu dapat dengan mudah memahami proses pembuatan layangan burung hantu, kerangka beserta ukurannya telah saya sertakan melalui gambar di bawah ini:

Cara Membuat Layangan Burung Hantu

Pembuatan kerangka

Kamu tinggal ikuti saja dan serut bambu dengan jumlah, ukuran, dan kemudian dibentuk sesuai dan sama persis seperti gambar di atas. Ikatlah bagian-bagian yang dibutuhkan menggunakan tali rafia dengan kencang agar layangan kokoh dan tidak gampang rusak.

Proses sampul

Jika kerangka layangan burung hantu sudah jadi dan siap untuk di sampul, selanjutnya silahkan siapkan kertas, spidol, gunting, dan lem. Untuk jenis sampul sesuai selera kamu bisa menggunakan kertas, plastik, atau kain.

Letakkan kerangka di atas kertas kemudian buatlah pola menggunakan spidol, lalu gunting kertas mengikuti garis pola dengan jarak 1-2 cm dari garis pola agar memudahkan ketika proses perekatan dengan lem.

Baca Juga: Cara Membuat Layangan Gapangan

Selesai, layang-layang burung hantu kamu sudah siap diterbangkan di udara.

Itulah ulasan singkat mengenai Cara Membuat Layangan Burung Hantu, Apabila ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar, terimakasih sudah berkunjung dan selamat mencoba ya, salam satu hobi.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Layangan Burung Hantu dengan Mudah"