Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat Layangan Burung Elang Dengan Mudah

Cara Membuat Layangan Burung Elang - Layangan memang sudah menjadi permainan tradisional di Indonesia, ketika musim kemarau tiba biasanya anak-anak mulai bermain layang-layang. Ada berbagai macam bentuk dan jenis yang berbeda, adapun yang membuatnya sendiri dan ada juga yang membeli.

Cara membuat Layangan Burung Elang

Namun, akan lebih memuaskan apabila kita membuat layangan sendiri dan berhasil menerbangkannya. Karena, kalau membuatnya sendiri kita bisa membuat jenis layangan dan bentuk sesuai selera. Contohnya seperti layangan unik yaitu burung elang.

Kebetulan, sepertinya layangan jenis ini belum begitu populer dan belum banyak yang membuatnya. Mungkin karena faktor pembuatannya yang sulit ya. Oleh sebab itulah, layangan jenis yang satu ini sangat unik dan langka.

Cara Membuat Layang Layang Burung Elang

Oke, buat kalian yang ingin membuat layangan jenis Burung Elang tenang saja, karena di artikel ini saya akan membahasnya. Simak baik-baik yah.

1. Pilih bambu yang masih muda

Langkah pertama yaitu pilihlah bambu yang masih muda untuk bahan utama kerangka. Karena bambu muda ringan jadi akan mengurangi berat dari banyaknya bambu yang digunakan pada kerangka. Bambu muda biasanya berwarna hijau.

2. Potong Bambu Sesuai Kebutuhan

Berikutnya memotong bambu sesuai dengan kebutuhan mengikuti ukuran layangan yang akan di buat. Lalu belah bambu dan buatlah 5 Lajur dengan ketebalan 1 cm. Nantinya akan digunakan untuk kerangka utama.

3. Serut Bambu Sampai Halus

Serutlah bambu yang sudah dipotong dengan pisau. Sesuaikan hasil serutan dengan penempatan bambu nantinya. Di bagian bahu layangan, sebaiknya pada sisi kanan dan kiri bambu diserut lebih tipis agar memudahkan ketika di lengkungkan nantinya.

4. Bentuk Lajur Bambu menyerupai Burung Elang

Lajur bambu yang sudah diserut kemudian di potong lalu sesuaikan panjang lebarnya dengan posisi dan penempatan bambu. Pilhlah 2 lajur bambu paling panjang untuk dijadikan tulang utama. Selanjutnya pasangkan lajur bambu yang lain membentuk kepala dan ekor burung elang.

5. Ikat Persilangan Bambu

Ikatlah persilangan bambu dengan beberapa lilitan sebelum di sampul mati. Ikat dengan kuat supaya layangan lebih kuat tidak gampang rusak. Kemudian bentuklah pada bagian pinggir layangan dengan membentangkan benang pada tiap-tiap sudut kerangka. Kerangka layang-layang burung elang siap untuk di sampul.

Baca juga: Cara Membuat Layangan Pesawat

6. Menyampul Layangan

Terakhir yaitu menyampul layangan, untuk bahannya boleh menggunakan plastik ataupun kertas, namun untuk hasil yang lebih kuat disarankan memakai bahan plastik karena tahan air dan tidak mudah robek. Untuk menyampulnya silahkan letakan kerangka di atas plastik dengan ukuran yang telah disesuaikan, kemudian buatlah pola pakai spidol mengikuti pola kerangka. Gunting plastik mengikuti pola dan sisakan jarak 1-2 cm dari garis pola supaya memudahkan ketika di lem. Untuk jenis lem disesuaikan dengan bahan sampul yang digunakan agar merekat dengan sempurna.

Selesai deh, layang-layang burung elang kamu sudah siap diterbangkan untuk menghiasi langit yang biru.

Demikian pembahasan mengenai tutorial cara membuat layangan burung elang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua, apabila ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar, terimakasih atas kunjungannya dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Cara membuat Layangan Burung Elang Dengan Mudah"