Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Sunnah Nabi Yang Berpahala dan Baik Untuk Kesehatan

Sebagai umat Islam, selain dituntut menjalankan kewajiban kita juga dianjurkan untuk mengikuti sunnah nabi Muhammad SAW. Apabila kita melaksanakannya maka akan mendapat pahala maupun kesehatan jasmani dan rohani.

Sunnah Nabi

Sunnah Nabi adalah: Mengikuti sikap, ucapan, tindakan, dan cara Rasulullah SAW menjalani hidupnya atau garis-garis perjuangan yang dilaksanakan oleh Rasulullah SAW. Sunnah merupakan sumber hukum ke 2 dalam Islam, setelah Al-Quran.

Berikut Sunnah Nabi Beserta Manfaatnya

1. Buang air besar (BAB) dengan cara duduk, akan beresiko tinggi terkena wasir/ambeien. Buang air besar dengan cara jongkok ternyata lebih bersih dan menyehatkan.

2. Kencing dengan cara berdiri beresiko prostat dan batu ginjal. Kencing dengan cara jongkok akan lebih bersih dan menyehatkan.

3. Enzim di tangan membantu makanan akan lebih mudah dicerna. Dibandingkan dengan kayu, besi, atau plastik, makan dengan tangan kenyataannya lebih bersih, fitrah dan menyehatkan, namun jangan lupa cuci tangan sebelum makan.

4. Makan dan minum dengan cara berdiri dapat mengganggu pencernaan. Sebaliknya  apabila dengan duduk akan lebih santun dan menyehatkan.

5. Makan duduk di kursi masih kurang menyehatkan. Jika makan duduk di lantai, tubuh kita akan membagi perut menjadi 3 ruang, yaitu: udara, makanan, dan air.

6. Memakan buah setelah makan atau cuci mulut, kurang bagus untuk lambung, karena ada reaksi asam. Yang sehat adalah makan buah sebelum makan, karena akan membantu melicinkan saluran pencernaan dan membuatnya lebih siap.

7. Tidur dengan cara tengkurep tidak bagus untuk kesehatan, bahkan itu cara tidurnya syetan. Tidur miring menghadap ke kanan akan lebih menyehatkan.

Banyak Rahasia Sunnah Nabi yang telah diteliti para pakar, dari segi manfaat, hikmah, dan kesehatan. Benar apa yang dikatakan di balik sunnah terdapat kejayaan. Bagi kita, apabila belum tahu manfaatnya, terus saja semangat mengikuti adab dan tuntunan Rasul. Manfaat itu efek samping, motivasi utamanya yaitu mengikuti adab dan tuntunan Rasulullah SAW.