Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Diperbarui di Play Store

Cara mengatasi aplikasi tidak bisa diperbarui di Play Store. Kenapa tidak bisa memperbarui aplikasi di Play Store? Pertanyaan semacam ini terkadang seringkali di ucapkan oleh para pengguna android yang mengeluh tentang aplikasi pada smartphone mereka tidak bisa diupdate.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Diperbarui di PlayStore

Aplikasi yang tidak bisa diupdate tentunya akan membuat kita kecewa, sedih, bahkan galau, karena kita tidak bisa menikmati fitur terbaru yang ada dalam aplikasi dengan versi terbaru.

Misalnya seperti aplikasi Youtube, pengguna lain sudah menggunakan versi 16.27 sedangkan kita masih menggunakan 16.20. Hal ini akan sangat menyedihkan sebab dari segi tampilan dan fitur sudah sangat berbeda, terlihat jadul dan ketinggalan.

Mengapa Aplikasi Android tidak bisa Diperbarui?

Ada berbagai macam faktor. Tapi jika dilihat secara umum, masalah tersebut bisa terjadi karena tidak tersedia ruang penyimpanan yang cukup dan lambatnya koneksi internet, atau banyaknya file sampah yang tidak pernah dihapus sehingga terjadi eror ketika sedang memperbarui aplikasi.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Memperbarui Aplikasi di Play Store 

Setiap pengguna android pasti mempunyai masalah yang berbeda-beda, maka dari itu, silahkan simak baik-baik beberapa solusi Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Diperbarui berikut ini:.

1. Menghapus Cache dan Data Aplikasi Google Play Store

Jika kalian telah mengalami kegagalan saat melakukan pembaruan di Google Play Store maka kalian bisa mengatasinya dengan melakukan pembersihan cache dan data dari aplikasi Google Play Store.

Dengan membersihkan cache pada aplikasi play store, biasanya akan menjadi normal kembali. Dan pastinya, Anda bisa mengunduh ataupun memperbarui aplikasi dengan mudah dan cepat seperti semula.

Untuk Membersihkan File Cache dan data aplikasi, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  1. Buka menu Pengaturan
  2. Setelan Tambahan
  3. Manajemen Aplikasi
  4. Pilih semua aplikasi
  5. Kemudian cari dan pilih aplikasi “Google Play Store”
  6. Lalu klik “Hapus Cache” dan “Hapus Data”.

Catatan: Untuk menghapus cache dan data pada aplikasi disetiap merek smartphone mungkin sedikit berbeda. Tinggal kalian cari dan sesuaikan saja.

2. Reboot Smartphone Android

Apabila kalian tidak bisa memperbarui aplikasi, cara mengatasinya yaitu dengan mematikan smartphone android kalian selama beberapa detik atau sampai 1 menit, kemudian nyalakan kembali smartphone kalian dan cobalah kembali untuk melakukan pembaruan aplikasi. Dijamin berhasil.

Itulah beberapa ulasan sederhana tentang Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Diperbarui di Play Store, semoga artikel tips ini bisa bermanfaat untuk semuanya. Apabila ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung dan selamat mencoba.