Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Sinyal 4G yang Tidak Stabil Pada Smartphone

Cara memperbaiki sinyal 4G yang tidak stabil pada smartphone. Jaringan 4G dari berbagai provider di Indonesia saat ini telah menyebar luas ke berbagai kota maupun desa pedalaman. Selain itu, sudah banyak smartphone yang sudah mendukung jaringan 4G. Tapi sayangnya terkadang banyak yang mengalami jaringan hilang muncul atau tidak stabil.

Cara Memperbaiki Sinyal 4G yang Tidak Stabil

Untuk di daerah saya sendiri alhamdulillah sinyal 4G sudah stabil, meskipun kadang ada gangguan tapi itu jarang banget. Terkadang operator seluler kerap memberi bonus kuota internet 4G yang hanya bisa digunakan di jaringan 4G saja, maka apabila sinyal 4G hilang kita sudah tidak bisa lagi mengkoneksikan internet.

Sebagai penikmat jaringan 4G terkadang tidak bisa berbuat banyak apabila sinyal pada smartphone tidak stabil. Lapor kepada operator yang bersangkutan pun tak selalu mendapatkan solusi, malah membuat kita semakin kecewa.

Kalian tenang saja, karena saya akan memberikan tips cara mendapatkan sinyal 4G yang stabil. Ini adalah tips sederhana yang bisa kita lakukan sendiri. Hal ini akan cukup memperbaiki penangkapan sinyal pada gadget/smartphone kita. Pada dasarnya apabila sinyal dari operator sedang hilang, no signal atau memang sedang gangguan, semua cara berikut akan sia-sia.

Cara Mengatasi Sinyal 4G yang Tidak Stabil Pada Smartphone

1.  Hidup matikan mode pesawat

Setiap smartphone pasti memiliki fitur mode pesawat. Dengan kamu menghidupkan mode pesawat ini semua jaringan data seluler maupun WiFi akan menjadi OFF. Caranya yaitu silahkan hidupkan mode pesawat di smartphone, tunggu 1-2 menit, kemudian kamu matikan lagi mode pesawatnya. Cara seperti ini akan merefresh jaringan, sehingga jaringan internet akan pulih atau stabil.

2. Cari tempat terbuka

Sinyal memang dapat masuk kedalam ruangan, tetapi pada kondisi tertentu seperti di bangunan yang memiliki beton baja, seng, dan bahan-bahan logam lainnya sinyal akan menjadi lemah karena kesulitan menembus bahan logam. Untuk mencari jaringan lebih stabil silahkan untuk menggunakan smartphone kita di luar ruangan.

3. Restart smartphone

Internetan tiba-tiba lemot bisa saja bukan karena jaringan, tapi juga karena smartphone yang digunakan juga lemot atau lelet, salah satu penyebab perangkat smartphone menjadi lemot karena penyimpanan internal yang hampir penuh.  Terlalu banyak menyimpan aplikasi yang berjalan di latar belakang, terlalu banyak cache aplikasi. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menghapus beberapa aplikasi yang tidak terlalu penting.

4. Gunakan settingan 4G only

Beberapa smartphone memiliki settingan untuk mengijinkan penggunanya menggunakan jaringan 4G only. Dengan demikian smartphone yang kita gunakan akan dikunci untuk selalu menggunakan jaringan 4G sehingga jaringan akan lebih stabil, karena tidak akan turun ke 3G atau HSDPA. Tetapi ketika kita sedang berada di area yang tidak terdapat jaringan 4G maka perangkat kita akan menjadi no signal.

5. Gunakan aplikasi penguat sinyal

Gunakanlah aplikasi penguat sinyal, kerja aplikasi ini hanya untuk melakukan refresh jaringan secara otomatis. Kamu bisa download secara gratis aplikasi penguat sinyal di google playstore dan appstore untuk pengguna (iOS). Aplikasi semacam ini tersedia sangat banyak jadi kamu harus menoba satu-persatu mana yang work it.

Itulah beberapa tips cara memperbaiki sinyal 4G yang tidak stabil pada Smartphone. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, apabila ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.