Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kue Bugis Isi Kelapa Yang Enak

Cara membuat kue bugis isi kelapa. Di kesempatan kali ini saya akan berbagi resep cara membuat keu yang sangat familiar di berbagai daerah, buat kamu yang sedang ada acara besar maupun kecil kue ini sangat cocok untuk disajikan karena rasanya yang enak.

Cara Membuat Kue Bugis Isi Kelapa

Kue Bugis adalah kue tradisional yang terbuat dari bahan-bahan seperti tepung ketan yang diadonin dengan santan. Setelah itu diisi dengan enten-enten atau ampas kelapa yang sudah dicampur dengan air gula merah/putih, kemudian dibungkus menggunakan daun pisang, dan barulah dikukus.

Kue Bugis adalah makanan yang berasal dari sulawesi yaitu suku Bugis. Namun kue tersebut sudah menyebar luas di berbagai daerah di Indonesia termasuk suku Jawa dan Sunda. Karena rasa kuenya yang gurih dan manis legit dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat Indonesia.

Jajanan kue Bugis juga sudah menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia terutama ketika ada acara-acara besar seperti pengajian, pernikahan, atau acara-acara yang lainnya. Untuk kamu yang ingin mencoba membuat kue bugis disini saya akan memberikan resep dan langkah-langkahnya. Simak baik-baik ya.

Cara Membuat Kue Bugis Isi Kelapa Cocok Untuk Acara Besar Maupun Kecil

Isian kue bugis

1 butir kelapa parut
Gula merah secukupnya atau bisa juga menggunakan gula putih
2-4 lembar daun pandan
Garam Secukupnya

Cara memasak isian kue bugis

Campurkan semua bahan, kemudian masak sampai semua rata dan matang, lalu sisihkan.

Bahan kulit kue bugis

Siapkan daun pisang secukupnya yang sudah dijemur hingga sedikit layu
1kg tepung ketan putih (boleh juga di mix tepung ketan hitam, tergantung selera)
2 sendok teh garam
4 sendok makan gula pasir
800-850 ml santan (dari 1 butir kelapa) boleh dipanaskan atau boleh juga Iangsung dipakai.

Cara membuat kulit kue bugis

1. Campurkan santan, gula pasir dan garam, kemudian aduk sampai rata, lalu tuangkan ke dalam tepung ketan sedikit demi sedikit sampai tidak lengket ditangan. Atau bisa juga campurkan tepung ketan, garam dan gula, aduk sampai rata, lalu tuangkan santan sedikit demi sedikit sampai tidak lengket di tangan.
2. Panaskan kukusan, kemudian mulai cetak adonan dengan cara, ambil adonan bahan kulit secukupnya, lalu isi dengan bahan
isian juga secukupnya, kemudian bungkus dengan daun pisang. Jangan lupa daun pisang diolesi minyak goreng terlebih dahulu agar tidak lengket.
3. Jika sudah selesai kemudian kukus kue bugis sampai matang.

Selesai deh, kue bugis siapa disajikan. Itulah artikel resep cara membuat kue bugis isi kelapa, apabila ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar, terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa di artikel resep selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Kue Bugis Isi Kelapa Yang Enak"