Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Kucing Persia Umur 2 Bulan Tanpa Induk

Cara merawat kucing Persia umur 2 bulan tanpa induk tentu saja hal yang gampang-gampang susah. Anda harus mengurusnya dengan cara yang benar. Selain usianya yang muda, bagaimana merawat kucing Persia ini penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa kucing Anda yang tercinta dapat tumbuh dengan baik.

Jadi Anda akan memiliki kucing Persia yang sehat, bebas dari penyakit dan tentu saja, itu mampu menghibur kita dan dapat menjadi teman ketika kita sedih. Apakah Anda tahu cara merawatnya?

Cara Merawat Kucing Persia Umur 2 Bulan Tanpa Induk

7 Cara Merawat Kucing Persia Umur 2 Bulan Tanpa Induk

1. Berikan makanan dan minuman bernutrisi

Memastikan makanan dan minuman untuk kucing Anda adalah makanan dan minuman bergizi sebagai salah satu cara yang tepat untuk dilakukan. Ini penting untuk kesehatan dan pertumbuhan kucing Anda. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Air minum dan tempat minuman yang tepat

Langkah pertama untuk kucing Anda memiliki konsumsi gizi yang baik adalah dengan merawat minuman. Untuk alasan ini, Anda harus memastikan bahwa Anda telah menyediakan air minum bersih dan mudah digapai oleh anak kucing yang masih berumur 2 bulan. Penting bagi Anda untuk memberikan perhatian khusus yang kucing Anda butuhkan untuk menyediakan tempat minumannya mudah untuk digulingkan, karena itu tidak akan membuat kucing Persia kecil mudah gelisah gara-gara kesulitan ketika akan minum. Selain itu, jangan menyediakan ruang air yang terlalu besar karena bisa membuat kucing Persia kecil Anda bermain air sehari penuh. Pilih wadah yang kuat, maka ketika kucing Anda minum tidak mudah tumpah.

  • Makanan bernutrisi

Anda perlu menyediakan makanan bernutrisi untuk kucing kesayangan Anda. Pada beberapa petshop biasanya menyediakan makanan yang diberi label khusus untuk kucing kecil, yaitu nama "Kitten Food" atau sejenisnya. Untuk kucing kecil, termasuk persia, mereka membutuhkan konsumsi nutrisi yang baik dan kalori yang baik. Kebutuhan kucing persia termasuk asam amino, protein, vitamin dan mineral.

2. Berikan mainan yang menyenangkan

Sebagai bayi kucing Persia kecil, juga memiliki keinginan untuk bermain. Dengan bermain, mereka juga akan lebih aktif dan tidak mudah bosan. Dengan demikian, otot-otot mereka dan indera mereka juga akan terlatih. Ada beberapa jenis mainan yang harus Anda lakukan di rumah. Mainan itu seperti bola runcing, berayun kardus, tongkat berbulu, ray mainan yang dapat Anda lakukan menggunakan senter Anda sendiri.

3. Berikan obat dan vaksin

Kucing juga bisa jatuh sakit, termasuk kucing Persia kecil Anda. Dengan cara berikut, tidak rentan terhadap penyakit memberi vaksin dan obat khusus untuk kucing kecil, seperti obat anti-verdik atau obat anti-kutu untuk kucing. Untuk masalah membuat vaksin dan obat ini, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter hewan yang Anda yakini untuk vaksin yang tepat dan obat yang tepat yang dapat Anda pilih untuk kucing Anda.

4. Mandi kering

Kucing Persia 2 bulan sangat rentan kondisi dingin dan bisa jatuh sakit, terutama jika Anda memandikannya dengan air. Bahkan setelah kering, kemungkinan kucing kecil Anda kedinginan dan kemungkinan sakit masih cukup besar. Karena itu, jika Anda ingin membersihkan kotoran dan debu setelah bermain, cukup memandikannya dengan mandi kering. Cukup lap bagian tubuh yang kotor, dan usahakan hindari air yang terlalu dingin, apabila Anda terpaksa emencioratkan sedikit air ke tubuh kucing Anda untuk membersihkan kotoran yang membandel. Gunakan lap yang tidak terlalu kasar, jika perlu, berikan kain khusus untuk membersihkan dan memandikan kucing Persia kecil Anda.

5. Sediakan tempat pup untuk kucing

Untuk menghindari kucing kecilmu terserang penyakit, pastikan kotoran kucingmu tidak berceceran dimana-mana. Karena jika ini terjadi, itu akan rentan untuk menjadi tempat  bersarangnya bakteri jahat yang dapat menyerang kucing Persia kecil Anda. Sediakan area khusus untuk pup kucing Anda. Anda dapat menyediakan wadah khusus untuk pup kucing yang dapat Anda beli di petshop terdekat.

6. Pertahankan kebersihan kandang

Tempat tinggal, atau kandang, adalah tempat penting bagi Anda untuk diperhatikan. Selain menyediakan area buang air besar, kandang juga harus rutin dibersihkan untuk menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi kucing Persia kecil Anda. Karena kucing Persia kecil masih sangat sensitif terhadap suatu penyakit. Maka dari itu tempat tinggal sangat penting untuk diperhatikan. Pastikan tempat tinggal kucing Anda tidak Lembang, panas, bersih dan cukup besar agar kucing kecil Anda dapat bergerak bebas yang bisa melatih tubuhnya.

7. Berikan kasih sayang

Bukan hanya dari ibunya, bayi kucing Persia juga membutuhkan kasih sayang si pemilik. Jika Anda memberikannya kasih sayang yang cukup, akan lebih mudah untuk bersantai dan bahagia ketika berada di dekat Anda. Cobalah untuk membelai kucing Persia Anda dengan rutin, memeluk atau melatihnya dengan cara lain. Jadi, kucing Anda akan tumbuh dengan baik dan tidak rentan terhadap stres. Selain itu, mencintai kucing kecil kita juga akan memiliki dampak positif pada diri kita sendiri. Seperti misalnya, kita menjadi lebih santai karena perilaku kucing kecil itu menggemaskan ketika kita memberikan kasih sayang dan cinta padanya.

Itulah 7 cara merawat kucing Persia umur 2 bulan tanpa induk yang dapat dengan mudah Anda lakukan dirumah. Semoga tips ini bermanfaat untuk kita semua, selamat mencoba dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.