Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Merawat Kucing Anggora Yang Baik dan Benar, Pemula Wajib Tau

Cara merawat Kucing Anggora yang baik dan benar sangat penting untuk Kamu ketahui. Apalagi jika masih pemula yang baru pertama kali memelihara hewan kucing yang lucu dan menggemaskan tersebut. Karena merawat kucing anggora tidak sama dengan merawat kucing lainnya.

Cara Merawat Kucing Anggora Dengan Baik dan Benar

Untuk merawat kucing anggora bisa dibilang susah-susah gampang, karena selain bulunya yang sangat halus, kucing anggora juga membutuhkan perhatian lebih dibanding kucing jenis lainnya.

Cara Merawat Kucing Anggora

Kucing Anggora termasuk hewan yang membutuhkan kasih sayang juga perhatian yang ekstra, sebab anggora termasuk jenis kucing yang manja. Hewan ini juga tergolong kucing yang cukup nakal, apalagi jika tidak mendapat perhatian yang cukup dari si pemiliknya.

Untuk Kamu yang mempunyai kucing anggora dan tertarik untuk memelihara kucing anggora, disini saya telah mengulas 7 cara merawat kucing anggora yang dianjurkan:

1. Sediakan kandang yang cukup luas

Kucing anggora termasuk hewan yang senang bermain, maka dari itu kamu perlu menyediakan kandang yang cukup luas untuknya.

Selain menyediakan kandang yang luas, pastikan juga kamu sediakan banyak mainan untuknya, termasuk “ruang” untuk tempat si kucing memanjat dan melompat. Hal ini perlu disediakan karena kucing anggora termasuk kucing yang sangat aktif.

2. Perhatikan makanannya

Kamu juga harus perhatikan makanan yang diberikan untuk si kucing, karena salah satu masalah yang sering menghampiri kucing anggora yaitu obesitas. 

Kamu juga disarankan untuk memberi makanan dengan protein yang tinggi, dimana kandungan protein pada setiap makanan yang kamu berikan untuk si kucing tidak kurang dari 40%. Kamu bisa berbicara dengan dokter hewan terkait makanan kucing anggora yang dianjurkan.

3. Mandikan secara rutin

Kucing biasanya membersihkan tubuhnya sendiri yaitu dengan cara menjilati tubuhnya, namun Kamu juga disarankan untuk rutin memandikan kucing anggora setidaknya setiap satu bulan sekali.

Jangan terlalu sering memandikan kucing anggora, karena bulu kucing anggora cukup rapuh sehingga rentan mengalami kerontokan apabila dimandikan terlalu sering.

4. Rajin menyisir bulunya

Supaya bulu kucing anggora tetap terawat terlihat rapi dan sehat, Kamu bisa rutin menyisir atau menyikat bulunya setiap hari. Kamu bisa menggunakan sisir metal bergigi panjang yang biasanya dijual di toko hewan terdekat.

Menyisir bulu Anggora secara rutin dapat menjaga kerapihan penampilan si kucing  dan mengurangi resiko tertelannya hair ball, yang dapat menyebabkan masalah pada pencernaanya.

5. Rajin memotong kukunya

Kamu perlu juga merawat kebersihan kukunya dengan baik. Caranya mudah banget, kamu cukup memotong kukunya secara rutin setiap beberapa minggu sekali atau bisa juga sebulan sekali.

Jika kamu akan memotong kuku kucing angora sendiri di rumah, buatlah suasanya senyaman mungkin dahulu.

Pangku kucing, kemudian potonglah kukunya secara perlahan. Apabila kamu masih ragu untuk memotongnya sendiri, sebaiknya potonglah kuku kucing di dokter hewan ataupun salon hewan terdekat.

6. Membersihkan telinga secara rutin

Supaya kebersihan telinga kucing anggora tetap terjaga, disarankan untuk membersihkan telinganya setiap 2 minggu sekali. Kucing pada umunya dapat menghilangkan kotoran telinganya sendiri, namun terkadang perlu bantuan manusia untuk membersihkan secara maksimal.

Untuk membersihkan telinga kucing, gunakanlah bola kapas atau bisa juga dengan kain bersih basah, usaplah secara lembut dibagian telinganya, hindari membersihkan saluran telinganya. Telinga kucing anggora yang bersih pada umumnya berwarna merah muda dan tidak bau.

7. Bersihkan giginya secara rutin

Tidak hanya gigi manusia saja yang dibersihkan, gigi kucing juga harus diperhatikan kebersihannya supaya terhindar dari penyakit gigi, gusi, atau yang lainnya.

Kamu bisa mengoleskan pasta gigi kucing ke jari dan biarkan kucing menjilatnya. Jika kucing sudah terbiasa maka Kamu bisa mulai menggunakan sikat gigi halus untuk menyikat gigi si kucing secara perlahan.

Penting nih, jangan coba-coba gunakan pasta gigi manusia untuk kucing ya, soalnya kandungan fluoride pada pasta gigi manusia beracun bagi si kucing.

Kamu harus memberikan perhatian dan menyempatkan diri untuk sesekali bermain dengan kucing yang Kamu miliki setiap hari apabila ingin kucing anggora peliharaan mu sehat dan tidak nakal.

Itulah tips cara merawat Kucing Anggora yang baik dan benar bagi pemula, jangan lupa untuk membawa kucing anggora yang kamu miliki ke dokter hewan setiap beberapa bulan sekali supaya kesehatan dan kebutuhan vaksinasinya terjaga dengan baik.

Posting Komentar untuk "7 Cara Merawat Kucing Anggora Yang Baik dan Benar, Pemula Wajib Tau"