Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Pola Tidur Yang Ampuh

Cara memperbaiki pola tidur mulailah dengan menyetel alarm dengan jam yang sama secara konsisten selama seminggu full, mau kamu setel jam berapa? Jam 7 aja ya, disini kita perlu menetapkan sejumlah aturan dulu ya. Oke jadi kamu nggak boleh mencet tombol dan harus segera bangun dari tempat tidur setelah Alarm menyala.

Cara Mengatasi Jam Tidur Berantakan

Cara Memperbaiki Pola Tidur

Kamu boleh mengambil ponselmu untuk menyetel alarmnya, selanjutnya perhatikan jam tidurmu, perlu diingat masing-masing orang punya jam tidur yang berbeda tergantung usianya. Kalau umurmu 13 sampai 18 tahun berarti waktu tidurmu sekitar 8 sampai 10 jam, kalau di atas 18 tahun waktu tidurnya selama 7 Hingga 9 jam dalam sehari, sedangkan orang yang berumur di atas 65 tahun baru tidur selama 7 Hingga 8 jam.

Semisal kamu perlu waktu tidur selama tujuh setengah jam maka kamu harus tidur jam 11:15 malam waktu 15 menit untuk memasuki alam mimpi jangan mainin gadget saat kamu sudah ada di tempat tidur. Pokoknya jangan, kalau ngeyel kemungkinan kamu malah akan begadang semalaman sambil nonton video Annabelle. Saat tidur kamu akan memulai beberapa tahap.

  • Pertama kondisimu setengah terjaga dan setengah tidur.
  • Kedua kamu sudah nyaman di atas tempat tidur suhu tubuhmu juga agak turun dan biasanya kamu mulai menarik selimut agar lebih hangat.
  • Ketiga dan keempat tubuh mulai memulihkan diri dari hari yang berat bisa dibilang energimu sedang dicas ulang, di tahap kelima kamu mulai bermimpi, inilah yang dinamakan dengan siklus REM, sedangkan tahap sebelumnya dinamakan NREM, saat kamu bermimpi sedang terbang matamu bisa saja mengikuti pandanganmu dengan kelopak mata tertutup.
  • Tahap terakhir REM bisa meningkatkan performa mental dan fisikmu, bahkan setelah bangun tidur kamu akan siap menjalani hari dengan kekuatan otak supermu, saat kamu menghadapi hari yang melelahkan tahap REM juga bisa membantumu Kalau waktu tidurmu sudah cukup dan konsisten sesuai jadwal kamu nggak perlu lagi tidur siang kok atau terserang kantuk sepanjang hari.
kalau kamu malah mainan remote TV untuk membuatmu segera tidur cobalah lakukan ini:

  1. Pertama jangan nonton tv sama sekali.
  2. Kedua buat tempat tidurmu lebih nyaman dan benar sesuai selera tenang di sini nggak berarti benar-benar sunyi lo ya, efek suara kamu putar di latar belakang juga bisa membantu loh pilih aja suara ombak yang menerjang pasir atau hujan di tengah hutan kalau kamu kebanyakan pikiran soal rapat penting yang akan kamu hadiri atau stres memikirkan urusan kantor coba diingat-ingat kata unik untuk mengalihkan pikiranmu menghitung domba juga bisa kok.
  3. Ketiga enggak ada salahnya kok kalau kamu mau overthinking soal masalah hidupmu saat overthinking, biasanya kita memilih ruang yang tenang dan kamar tidur jadi pilihan yang tepat karena menjadi tempat yang paling tenang di sisi rumah sama seperti saat kamu mandi dan terhanyut dalam pikiranmu sendiri eh tahu-tahu 15 menit telah berlalu.
  4. Keempat cari posisi yang nyaman untuk tidur sebaiknya di tempat tidurmu ya karena kalau kamu harus pindah siklus tidurmu akan berantakan bisa aja sih kalau kamu mau tidur di sofa tapi kurang produktif karena ujung-ujungnya kamu tetap indah ke tempat tidurmu juga.

Kalau semua cara memperbaiki pola tidur ini nggak mempan coba teknik relaksasi kontrol pernafasan sama seperti menghitung domba kamu akan menghitung napas sambil mengendalikannya mau nyoba yuk ah langsung aja hembuskan, tarik lagi, kemudian hembuskan kagi, dengan begini kamu bisa mengurangi tingkat stres dan mempersiapkan otakmu untuk tidur, sebaiknya lakukan ini saat kamu mau tidur bukan saat kamu sedang nonton video YouTube, tapi kalau kamu melakukannya di tempat tidur ya udah nggak apa-apa daripada nontonnya nanggung kan.