Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Kipas Angin Gantung dengan Baking Soda

Cara membersihkan kipas angin gantung bisa Anda lakukan cukup menggunakan baking soda. Kipas angin gantung biasa digunakan untuk menyejukkan ruangan. Tetapi, karena posisinya di langit-langit rumah, membuat kita malas untuk membersihkannya.

Cara Membersihkan Kipas Angin Gantung dengan Baking Soda

Namun, Anda perlu tetap membersihkannya supaya kipas angin gantung supaya angin yang dihasilkannya tetap segar, tentu saja ini dapat mencegah yang menganggu kesehatan Anda dan keluarga.

Untuk membersihkan kipas angin gantung, Anda dapat menggunakan baking soda dan cuka yang telah dicampur. Namun, hal penting yang harus diperhatikan adalah keamanan dan keselamatan.

Sebelum membersihkan kipas angin gantung, pastikan Anda telah menggunakan sarung tangan, masker wajah, kacamata pengaman, dan perlengkapan keselamatan lainnya.

Pastikan juga kipas angin gantung dalam tidak tersambung listrik dan dalam keadaan mati. Selain itu, gunakan tangga agar mudah untuk mencapai kipas angin gantung.

Sedangkan penggunaan baking soda dan cuka adalah untuk memastikan debu pada baling-baling kipas angin gantung menyebar ke berbagai arah di dalam rumah Anda. Cara ini juga bisa digunakan untuk membersihkan jenis kipas angin lainnya.

Cara Membersihkan Kipas Angin dengan Baking Soda dan Cuka

Yang pertama adalah siapkan 2 sendok makan baking soda, 4 sendok makan cuka, dan 4 sendok makan air soda. Masukkan semuanya ke dalam wadah seperti baskom/mangkuk, kemudian aduk hingga rata. Setelah tercampur sempurna, saatnya untuk melakukan pembersihan.

Pakailah sikat gigi bekas dan celupkan ke dalam mangkuk berisi larutan dan oleskan di bagian belakang, tepi, dan sudut bilah kipas. Noda minyak pada kipas angin biasanya menjadi kaku karena saking lamanya menempel.

Gosok menggunakan sikat gigi yang telah dicelupkan ke larutan yang telah diracik tadi, ulangi sampai Anda membersihkannya dua atau tiga kali.

Sekarang saatnya menyikat baling-baling kipas, setelah selesai dibersihkan dengan sikat gigi. masukkan ke dalam air dan cuci sampai bersih. Jangan lupa untuk mengeringkan semua bagian kipas angin satu per satu.

Lakukan hal yang sama untuk membersihkan bagian-bagian yang lainnya, jika sudah dicuci semua kemudian keringkan, lalu dirakit dan barulah kipas angin gantung siap dipasang kembali ke langit-langit rumah.