Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Menaruh HP Terlalu Dekat Saat Tidur

Tahukah Anda, bahaya menaruh HP terlalu dekat saat tidur bisa berdampak buruk pada kesehatan. Ternyata bermain HP sebelum terlelap bisa merusak kualitas tidur loh. Pasti banyak dari Anda yang sedang bermain HP malah ketiduran karena lamanya nungguin chat dari si Doi yang tak kunjung membalas, hihihi.

Bahaya Menaruh HP Dibawah Bantal

Bahaya Menaruh HP Terlalu Dekat Saat Tidur

Selain itu, kebiasaan buruk menaruh HP di bawah bantal juga merupakan jarak yang terlalu dekat ketika tidur antara HP dan Kepala kita yang bisa memberikan efek berbahaya pada kesehatan tubuh. Hal ini juga pernah Saya alami dan memang benar saat terbangun dari tidur kepala terasa pusing.

Dikutip dari Times of India, ponsel bisa
memancarkan radiasi berbahaya yang bisa
merusak otak dan menyebabkan sakit kepala seperti nyeri otot. Sinyal memiliki transmisi sekitar 900 MHz yang bisa berdampak merusak pada fungsi dari sistem tubuh.

WHO juga sudah memberikan peringatan
meletakkan HP terlalu dekat saat tidur, bisa
bersifat karsinogenik, khususnya pada anak-anak karena mereka juga lebih rentan terhadap radiasi. Oleh karena itu ada beberapa cara yang aman meletakkan HP pada saat anda hendak tidur.

1. Hindari meletakkan ponsel saat tidur minimal satu meter. Kekuatan frekuensi radio elektro magnetik yang diasosiasikan dengan ponsel dapat berkurang sangat kuat ketika menjauhkan ponsel dengan jarak aman.

2. Biasakan mematikan Smartphone atau
nyalakan mode pesawat saat akan tidur. Namun jika harus tetap siaga dengan panggilan telepon dan chat, sebaiknya letakkanlah ponsel dengan jarak yang aman dari tempat tidur.

3. Hilangkan ketergantungan terhadap HP dengan sedikit demi sedikit mengurangi waktu mengecek handphone dengan mengganti dengan membaca buku cetak untuk mendapatkan kualitas tidur yang sehat.

Itulah sedikit informasi mengenai bahaya menaruh HP terlalu dekat saat tidur. Mulai sekarang hilangkan kebiasaan buruk seperti menggenggam HP saat tidur akibat ketiduran, karena hal ini sering terjadi dan hampir semua orang mengalaminya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Bahaya Menaruh HP Terlalu Dekat Saat Tidur"