Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Soshum dan Prospek Kerjanya

Pengertian Soshum dan Prospek Kerjanya - Soshum atau sosial dan humaniora sebagai program study yang ditujukan untuk pelajar SMA yang mempunyai jurusan IPS. Program study ini mempunyai materi yang mendalami sama dengan jurusan IPS yang mencakup Matematika Soshum, Geografi, Riwayat, Ekonomi, Bahasa Indonesia, Sosiologi dan Bahasa Inggris.

Pengertian Soshum dan Prospek Kerjanya

Bagaimana apakah berminat untuk kuliah di bagian soshum ini? Berikut ulasan lebih detail mengenai program study ini.

Perbedaan Soshum dan Saintek

Sesuai dengan namanya, soshum ialah singkatan dari sosial dan humaniora yang di mana barisan program study ini masih erat berkaitan dengan Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) hanya beberapa anak yang mempunyai jurusan IPS di sekolah yang bisa ambil jurusan di soshum.

Sedangkan saintek ialah singkatan dari sains dan teknologi yang memiliki arti program study ini benar-benar kuat dengan Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) hanya beberapa anak yang dari jurusan IPA di sekolah yang bisa ambil jurusan di saintek.

Jurusan Yang Termasuk Ke Dalam Soshum

Setelah mengetahui apakah itu soshum, kelihatannya kurang pas apabila tidak mengulas tentang jurusan apa yang berkaitan di dalamnya. Di kesempatan ini kita akan mengulas jurusan apa yang masuk ke bagian study ini beserta prospek kerjanya.

Ilmu Ekonomi

Jurusan ekonomi sebagai jurusan yang bakal mempelajari bermacam jenis perilaku manusia dalam membuat sebuah kemakmuran. Pengetahuan ekonomi tersebut terdiri jadi tiga barisan yakni : Pengetahuan Ekonomi Teori ( Economics Theory), Pengetahuan Ekonomi Aplikasi ( Applied Economics ) dan Pengetahuan Ekonomi Deskripstif ( Descriptive Economic ).

Jadi seorang ekonomi sebagai pekerjaan yang banyak dicari orang, karena prospek kerjanya yang prospektif, bagaimana tidak karena semua aktivitas kita tak pernah terlepas dari yang namanya ekonomi.

Manajemen

Pengetahuan yang terhitung di dalam bagian soshum ini sebagai study interdisipliner yang luas mengenai penuntasan permasalahan dan ambil keputusan agar sesuai tunuan, umumnya pengetahuan management ini lebih banyak dicintai untuk orang yang ingin jadi bisnis sejati.

Untuk alumni management, nanti dapat bekerja di beberapa sektor dan bidang seperti pebisnis, perusahaan multinasional, proyek manajer, accounting manajer, konselor, human resource manajer ( HRD), production manajer, risk manajer dan masih banyak lagi.

Akuntansi

Selanjutnya jurusan yang dapat ke soshum yakni jurusan akuntansi yang disebut sebuah jalur yang mempelajari langkah untuk memiara keuangan. Bila kamu ambil jalur ini karena itu kamu akan pelajari laporan, anggaran, audit sampai perpajakan.

Bagaimana untuk prospek kerja jalur akuntansi? Setelah lulus kuliahan akuntansi nanti kamu menjadi seorang akuntan, akun officer, broker saham, konselor pajak atau karyawan asuransi.

Ilmu Politik

Keempat yaitu pengetahuan politik, pengetahuan politik jadi sektor yang paling memikat untuk ditelateni karena kamu akan pelajari bermacam jenis mata kuliah seperti Hak Asasi Manusia ( HAM), Antropologi, Sosiologi atau bahkan juga kamu akan pelajari mekanisme politik luar dan dalam negeri.

Untuk prospek kerja pengetahuan politik sendiri benar-benar fleksibel, bisa terus pada lajurnya di bagian politik anggota parpol, seperti politisi atau anggota DPR MPR. Tetapi tidak boleh salah kira, banyak pula alumni pengetahuan politik yang selanjutnya menekuni di bagian akademik seperti periset, riset politik atau bahkan juga jadi dosen.

Hubungan Internasional

Hubungan internasional jadi jalur soshum yang paling berprestise dan nanti kamu akan pelajari beberapa hal seperti rekanan dan hubungan antar negara, politik luar negeri, diplomasi, ekonomi luar negeri, pengkajian sosial dan yang lain.

Prospek kerja untuk jalur hubungan internasional ini tidak main-main, kamu nanti menjadi dubes, diplomat, organisasi internasional, perusahaan multinasional, konselor dan bekerja di kementerian luar negeri.

Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi adalah sebuah jalur yang bakal mempelajari bagaimanakah cara manusia berhubungan dan berbicara dalam bahasa baik secara verbal dan nonverbal. Komunikasi yang bagus harus juga memiliki sifat persuasif dan artikulatif.

Prospek kerja pengetahuan komunikasi sendiri paling prospektif, bisa menjadi travel blogger, reporter, editor, photografer, public relation, youtuber, advertensi, pembawa acara dan masih banyak lagi.

Hukum

Selanjutnya yang termasuk dalam bagian soshum yakni pengetahuan hukum, pengetahuan hukum ialah sebuah jurusan yang mempelajari segala hal yang terkait dengan hukum baik secara teori atau praktik. Kecuali jadi seorang advokat, kamu juga bisa jadi seorang hakim, beskal, notaris, legal staf atau juga bisa jadi sisi personalia.

Sastra

Sastra sebagai jurusan yang mempelajari langkah menyelidiki beberapa karya sastra secara ilmiah dengan bermacam permasalahan dan tanda-tanda sastra. Prospek kerja untuk jurusan sastra yang pas ialah jadi seorang copywriter, konten writer, penerjemah, penulis dokumen, editor, guru bahasa indonesia atau bahkan juga seorang blogger.

Itulah sedikit ulasan mengenai Pengertian Soshum dan Prospek Kerja nya. Pada dasarnya, masih terdapat banyak pekerjaan lain yang sangat terbuka lebar untuk para lulusan di bidang ini. Jadi, manfaatkanlah ilmu tersebut sebaik-baiknya supaya tujuan bisa tercapai sesuai dengan keinginan.


Posting Komentar untuk "Pengertian Soshum dan Prospek Kerjanya"