Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Jurusan Kuliah Yang Memiliki Prospek Kerja Bagus

Memilih jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja bagus bukanlah suatu hal yang mudah. Ini khususnya ketika memilih jurusan kuliah dengan prospek kerja bagus. Memang, banyak yang pada akhirnya bekerja tidak sesuai sektor akademisnya. Meskipun begitu, pasti tiap orang ingin mengoptimalkan apa yang dimilikinya.

Jurusan Kuliah Yang Memiliki Prospek Kerja Bagus

Padatnya kompetisi pencarian kerja kadang jadi alasan saat menentukan jurusan kuliah. Maksudnya tidak lain agar memaksimalkan kesempatan untuk mempunyai profesi yang sesuai harapan.

Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Yang Bagus

1. Pertambangan

Tidak dapat dipungkiri bahwa bidang pertambangan mempunyai prospek kerja yang menarik. Jurusan pertambangan selalu disukai karena sebagai salah satu pekerjaan dengan upah yang besar. Bermacam perusahaan tambang bahkan juga memimpin lis perusahaan terbaik versi OJK. Karena itu, lumrah jika jalur pertambangan memberi kesempatan yang bagus di dalam profesi.

Tidak itu saja, yang merujuk pada riset dari Tracer Studi, mengatakan jika rata-rata upah alumni pertambangan ITB yakni sejumlah Rp 9,3 juta. Jika kamu kepincut masuk jurusan pertambangan, perkuat keahlianmu pada pelajaran matematika dan fisika.

2. Statistika

Bagi orang pemula, jurusan statistika kemungkinan dipandang hanya bergelut pada hitung-menghitung jumlah warga dan hal yang terkait denganya. Kemungkinan ada pula yang memandang kesempatannya kecil hanya karena dapat bekerja di Badan Pusat Statistik (BPS) dan instansi survey lainnya.

Rupanya kesempatan kerja statistik tidak sesempit itu, lho! Kenyataannya, salah satunya karier untuk alumni statistik ialah jadi riset data.

Ini jadi bagus sekali karena dijumpai jika data dikatakan sebagai minyak baru. Oleh karena itu, pendapatan seorang riset data juga bisa mencapai Rp 200 juta/tahun.

3. Akuntansi

Jurusan akuntansi tidak kalah hebat kesempatan bekerjanya di masa yang akan datang. Munculnya beberapa perusahaan baru memperlebar kesempatan seorang akuntan untuk mendapatkan pekerjaan.

Disamping itu, peranan seorang akuntan dalam perusahaan juga cukup penting. Ini karena pekerjaan mereka tersangkut dengan keputusan vital perusahaan yang akan datang. Tidak itu saja, meniti karier di Kantor Akuntan Khalayak (KAP) jadi dambaan karena tawarkan jenjang karier yang menarik.

4. Kedokteran

Mungkin sudah cukup banyak orang yang mengetahui jika jurusan kedokteran mempunyai prospek kerja yang baik. Meskipun alumni kedokteran mencapai belasan ribu, tidak membuat jurusan ini sepi peminat.

Kesempatan profesi seorang dokter juga tak terbatas pada masalah sipil, tetapi dapat meniti karier sebagai abdi negara dengan jadi dokter militer. Tidak itu saja, munculnya bermacam startup kesehatan membuat keperluan tenaga dokter dalam dunia itu makin bertambah.

Dengan bermacam resiko yang ditemui, upah seorang dokter bisa mencapai Rp 11 juta bahkan juga lebih tergantung spesialis dan aktivitas prakteknya.

5. Desain komunikasi visual

Berkembangnya teknologi dapat munculkan kesempatan pekerjaan baru. Jaman dahulu, siapa kira seorang pendesain bisa mempunyai kehidupan yang pantas. Tetapi sekarang ini, karier pendesain jadi salah satunya karier yang disukai. Bertambahnya industri inovatif memunculkan keperluan akan jumlahnya karyawan dari sektor design komunikasi visual (DKV).

Kesempatan bekerja alumni DKV lumayan banyak dan luas, sama dalam agen marketing, agen advertensi, sampai production house. Khususnya untuk hal marketing, alumni DKV mempunyai peranan yang cukup penting. Tidaklah aneh, jalur DKV kuat dengan prospek kerja yang bagus.

6. Teknik informasi

Jurusan Informasi ini bisa dibilang merasakan efeknya langsung. Tahun-tahun ini ada bermacam startup yang kuat dengan teknologi. Ini membuat keperluan akan alumni dari teknik informasi makin banyak. Kesempatan kerja alumni teknik informasi diantaranya sebagai developer, product owner, sampai engineer.

Beberapa posisi itu sebagai status vital dan menjanjikan. Besaran pendapatan yang didapat yakni mencapai Rp 25 juta. Itulah beberapa jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja bagus yang dapat Kamu pilih.

Posting Komentar untuk "6 Jurusan Kuliah Yang Memiliki Prospek Kerja Bagus"