Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Perbaiki Kulkas Dingin Tidak Beku

Bagaimana Cara perbaiki Kulkas Dingin Tidak Beku? Jadi ceritanya kulkas Saya dingin tapi entah mengapa tidak bisa membeku. Mungkin masalah ini sering terjadi pada orang lain namun diabaikan karena dianggap hal yang sepele, padahal bisa berakibat semakin parah.

Cara Memperbaiki Kulkas Dingin Tidak Membeku

Masalah umumnya apabila kulkas dingin tapi tidak bisa membeku: dikarenakan proses kerja dalam pendinginan tidaklah maksimal, hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor dari sparepart yang ada pada instalasi kulkas atau yang lainnya.

Cara Atasi Kulkas Dingin Tidak Beku

Ada beberapa makanan yang cara penyimpanannya harus dibekukan dan ada juga yang tidak boleh dibekukan, sesuai jenis barang yang di simpannya. Sebagai contoh ikan, daging, atau es batu, cara menyimpannya harus di bawah titik beku, yaitu harus di bawah suhu 0°c. Namun rata-rata untuk penyimpanan Frozen food atau makanan yang beku harus di bawah -12°c. Jika makanan seperti buah, sayuran, atau minuman itu rata-rata berada diantara suhu 2°c sampai 6°c.

Apabila kulkas dingin tapi tidak membeku terjadi pada kulkas 1 pintu: Anda bisa memeriksa kulkas mulai dari bagian evaporator atau pada bagian freezer yang biasanya berada di bagian paling atas dalam kulkas.

Periksalah dan pastikan pada bagian pintu kecil apakah evaporator atau freezer bisa tertutup rapat? Karena apabila tidak bisa tertutup dengan rapat maka proses pembekuan pada freezer menjadi tidak sempurna/maksimal, karena suhu dingin dalam freezer jelas akan terbuang ke bagian bawah. Apabila tidak bisa tertutup secara rapat, maka Anda harus memperbaikinya supaya bisa tertutup dengan rapat kembali.

Selanjutnya silahkan periksa apakah gumpalan es pada evaporator terlalu tebal? Apabila iya, Anda perlu membersihkan dengan cara mengecilkan thermostatnya. Karena proses pendinginan yang bagus adalah evaporator yang terjadi frost atau lapisan bunga es yanag tipis namun merata disemua bagian evaporator.

Apabila kulkas dingin tidak bisa beku terjadi pada kulkas 2 pintu atau lebih: Pada dasarnya penyebabnya umumnya hampir sama, yaitu pada proses pendinginan yang kurang maksimal atau kurang sempurna.

Biasanya penggumpalan pada evaporator ini menjadi penyebab utama yang sering terjadi jika kulkas dingin tapi tidak bisa membeku. Karena apabila evaporator menggumpal es secara berlebih tentu pengambilan kalori atau sebut saja sirkulasi pendinginan atau dinginnya evaporator akan bekerja tidak maksimal. Atau bisa di bilang sirkulasi angin dalam kulkas menjadi terhambat. 

Hal berikut terjadi karena proses defrost ataupun pencairan tidak bisa maksimal. Penggumpalan es terhadap evaporator juga bisa terjadi karena air sisa defrost tidak bisa keluar, sehingga saat proses pembekuan air akan ikut membeku dan menutupi ruang tempat sirkulasi udaranya.

Kompresor yang lemah juga bisa menyebabkan kulkas dingin tapi tidak membeku. Apabila kompresor sudah melemah bisa dipastikan dengan jelas karena dinginnya kulkas akan kurang maksimal.

Dan satu lagi, pintu kulkas yang tidak bisa tertutup rapat juga bisa menjadi acuan kulkas dingin tidak bisa membeku. Hal ini karena suhu udara yang dingin akan terbuang keluar secara cuma-cuma. Biasanya karet atau gasket pintu sudah rusak atau magnet tidak menempel rapat, atau engsel pintu yang sudah kendor.

Itulah sedikit ulasan mengenai Cara Perbaiki Kulkas Dingin Tidak Beku. Semoga artkel ini dapat memberikan jawaban Anda semua. Terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.