Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus

Pada kesempatan ini akan membahas cara merawat ikan cupang agar warnanya bagus. Biasanya ikan cupang hias yang memiliki warna bagus dan strong memiliki harga yang cukup tinggi.

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus

Selain hargnya yang cukup tinggi, keindahan warna jika bagus sangat enak sekali untuk dinikmati oleh kedua bola mata kita. Lantas bagaimana cara merawat ikan cupang agar warnya bagus? Mari kita bahas.

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus

Merawat ikan cupang memang lah sangat mudah, namun untuk menghasilkan warna yang bagus dibutuhkan perawatan yang berbeda dari ikan cupang lainnya. Akan tetapi faktor penting warna ikan cupang menjadi bagus adalah genetik.

Jadi jika kedua indukan dari ikan cupang itu sudah bagus dan kuat, maka hampir 80% anaknya juga akan memiliki warna yang bagus seperti kedua indukannya. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk mengawinkan indukan yang bagus.

Namun ada beberapa langkah untuk merawat ikan cupang agar warnanya bagus. Langkah berikut ini langsung bisa dipraktekan dengan bahan yang mudah didapatkan. Berikut adalah caranya.

1. Menggunakan Botol Akua Sebagai Wadah

Biasanya para breeder memindahkan ikan cupang yang baru berusia 2 bulanan ke botol. Tujuannya adalah untuk menghasilkan warna yang lebih indah. Silahkan cari botol bekas aku 600 ml kemudian potong menjadi dua bagian.

Gunakanlah bagian bawah sebagai wadah cupang. Masukan ikan cupang ke dalam botol tersebut, satu botol untuk satu ekor cupang. Seringlah membuka sekat antar botol ikan cupang lainnya agar ikan mau ngedok.

2. Menggunakan Daun Ketapang dan Garam Ikan

Daun ketapang dan garam ikan untuk ikan cupang memiliki fungsi yang sangat bermanfaat. Salah satunya adalah menstabilkan tingkat asam atau basa air, sehingga berguna untuk mencegah cupang sakit atau kuncup.

Jika sudah kuncup, maka akan sedikit ribet untuk melakukan cara mengatasi ikan cupang kuncup, oleh karena itu gunakanlah daun ketapang dan garam ikan. Ikan yang sehat dapat berkembang lebih baik dari segi warnanya.

3. Beri Pakan yang Sesuai

Berilah pakan yang memiliki kandungan untuk membantu perkembangan warna ikan cupang. Jika ingin menggunakan pakan alami untuk memperindah warna bisa menggunakan kutu air.

Kutur air bisa didapatkan di genangan air yang tenang atau bisa membelinya ke orang yang melakukan budidaya kutir. Jika ingin menggunakan pakan non alami, bisa menggunakan pelet ikan cupang.

Banyak sekali merk pelet yang memiliki fungsi untuk memperindah warna pada ikan cupang, misalnya Pelet Atison’s Betta Pro atau pelet MeM, silahkan pilih salah satu. Untuk mendapatkannya bisa melalui toko ikan atau toko online.

Saya rasa cukup sampai disini pembahasan kita mengenai cara merawat ikan cupang agar warnanya bagus. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat untuk teman-teman saklian.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus"