Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Cara Obati Sakit Gigi Secara Alami Dan Cepat Sembuh

Artikel kali ini membahas tentang Cara Obati Sakit Gigi Secara Alami Dan Cepat Sembuh. Menurut data kesehatan yang diterbitkan oleh Journal of Pharmaceutical Biology, disebutkan bahwa ada banyak tanaman alami yang digunakan untuk mengobati sakit gigi. Perawatan herbal menunjukkan minimnya efek samping namun lebih efektif.

Beberapa bahan-bahan alami untuk cara menyembuhkan sakit gigi secara alami yaitu cuka apel, soda kue, kayu manis, minyak kelapa, cabai rawit, vanilla abstrak, teh hijau, madu, kantong teh, minyak oregano, garam, minyak pohon teh dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara Obati Sakit Gigi Secara Alami Dan Cepat Sembuh

Bahan-bahan alami untuk sakit gigi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika ada banyak bahan alami yang sebenarnya sering digunakan sebagai obat sakit gigi. Jadi, bagaimana itu digunakan? Berikut ini cara dan penjelasan yang lengkap cara mengobati sakit gigi.

1. Lemon.

Lemon tidak hanya baik untuk sistem kekebalan tubuh. Keasaman buah ini dianggap cukup efektif untuk mengatasi sakit gigi. Lemon kaya akan antiseptik dan antibakteri. Cara menggunakan lemon untuk meredakan nyeri sakit gigi sederhana. Cukup peras lemon dan biarkan tetesan menyentuh gigi yang sakit. Anda juga dapat mencampur jus lemon dengan sedikit air dan menggunakan kapas kemudian ditempelkan pada bagian gigi yang sakit.

2. Bawang putih.

Bawang putih adalah bahan domestik lain yang biasa digunakan sebagai cara untuk mengobati sakit gigi. Senyawa alilicing yang terkandung dalam bawang putih memiliki efek antibakteri yang sangat kuat. Alicin adalah apa yang membantu mengurangi bakteri di mulut yang menyebabkan sakit gigi.

Anti bakteri juga menekan risiko plak pada gigi Anda. Bagi mereka yang ingin mencobanya, Bawang putih dapat dihancurkan terlebih dahulu dalam pasta. bawang putih dapat ditambahkan garam secukupnya sebelum diterapkan pada gigi yang menyakitkan. Bawang putih segar juga dapat dikunyah untuk meredakan sakit gigi. Bawang putih mungkin tidak cocok untuk semua orang dengan aroma yang sangat kuat.

3. Bawang Merah

Bawang merah menjadi alternatif bagi mereka yang tidak menyukai aroma bawang putih sebagai cara mengobati sakit gigi. Senyawa antimikroba dan anti-septik pada bawang merah membantu mengendalikan rasa sakit.

Sebagai obat, bawang merah dapat dikunyah secara langsung untuk menghilangkan rasa sakit. Cara lain adalah melembutkan bawang dan menempelkannya ke bagian gigi yang nyeri. Ketika sakit gigi tidak reda, Anda harus segera pergi ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

4. Kumur Dengan Air Garam

Formulir ini klasik, tetapi cukup efektif untuk beberapa kasus sakit gigi. Cara menangani sakit gigi dengan air garam cukup sederhana. Pertama, larutkan satu sendok teh garam dalam air mendidih. Kemudian, berkumur sekitar 30 detik sebelum membuang air dari mulut. Hati-hati, jangan ditelan ya.

Berkumur air garam mampu membersihkan area di sekitar gigi dan menghilangkan cairan yang menyebabkan pembengkakan. Menariknya, air garam juga dapat membersihkan sisa-sisa makanan di sekitar gigi.

5. Cuka Aple

Terlepas dari beberapa hal di atas, cuka apel juga dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi. Bagaimana? Apple Cuka mengandung senyawa antimikroba dan antibakteri yang efektif untuk mengurangi sakit gigi. Metode ini juga mudah, gunakan cuka apel untuk berkumur setidaknya 30 detik.

6. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji analgesik, anti-inflamasi sebagai antimikroba. Cara menggunakannya mengunyah daun jambu biji merah yang bersih sebanyak satu atau dua lembar sampai lembut. Selanjutnya, oleskan daun yang sudah lembut ke bagian gigi yang terasa sakit.

Selain itu, Anda juga bisa merebus lima daun jambu biji. Setelah mendidih, biarka rebusan sampai suhu menghangat, lalu tambahkan sedikit garam. Selanjutnya, gunakan sup untuk bilas.

7. Cengkeh

Cengkeh sendiri dari jaman dahulu sudah banyak digunakan dalam pengobatan tradisional Cina dan India sejak berabad-abad. Cengkeh memiliki penghilang nyeri alami dan sifat antibakteri. Minyak cengkeh ini mengandung akting eugenol, seperti anestesi alami untuk mematikan saraf.

Hal-hal yang perlu diingat, berhati-hatilah saat menggunakan minyak cengkeh. Karena, ketika tetesan minyak ini tentang lidah atau gusi sensitif, dapat menyebabkan rasa sakit. Atau, gunakan kapas yang telah menetes dengan minyak cengkeh dan menyebar pada gigi yang menyakitkan.

8. Jahe

Rempah-rempah jahe mengandung antibiotik alami yang dapat menghilangkan rasa sakit. Jahe tidak hanya digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi, tetapi juga ketika perut terasa tidak nyaman.

Untuk meringankan sakit gigi, jahe dapat ditumbuk sampai halus terlebih dahulu dan ditempelkan pada bagian yang menyakitkan. Metode ini dapat dilakukan beberapa kali hingga kondisinya terasa lebih baik dan segera ke dokter gigi.

9. Thyme.

Thyme adalah tanaman aromatik yang berasal dari keluarga mint. Minyak esensial dalam thyme memiliki efek antiseptik dan anti-jamur yang dapat menghilangkan rasa sakit saat sakit gigi. Daun thyme juga sering digunakan untuk membantu menyembuhkan infeksi yang menyerang paru-paru misalnya bronkitis.

Jika Anda ingin menggunakannya sebagai cara mengobati sakit gigi, minyak thyme dilarutkan dalam segelas air untuk kumur. Cara lain adalah mengoleskan minyak thyme dalam kapas, yang kemudian diterapkan pada bagian gigi yang sakit. Setelah diulang beberapa kali, rasa sakit gigi akan terasa lebih ringan.

10. Lidah Buaya

Gel lidah buaya ternyata tidak hanya dapat menyembuhkan luka yang terbakar. Manfaat lain lidah buaya bisa untuk cara mengobati sakit gigi yang ampuh dan alami.

Penelitian membuktikan, Aloe Vera memiliki efek anti-bakteri alami yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi. Gel lidah buaya segera diterapkan pada gigi yang sakit dan dipijat perlahan sampai rasa sakit menurun. Selanjutnya segera pergi ke dokter gigi untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

11. Kunyit

Kunyit mengandung zat antibakteri dan anti-terinfeksi yang diyakini mampu mempertahankan kesehatan gusi dan mencegah rongga dari infeksi bakteri. Namun, efektivitas kunyit untuk mengobati rongga masih perlu penelitian lebih lanjut.

12. Akar Manis (Licorice)

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Produk Alami American Chemical Society membuktikan bahwa akar sweet root atau licorice (Glycyrrhiza Uralensis) diyakini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan gigi. Kandungan Licoricidin dan Licorizoflavan A senyawa A, yang merupakan antibakteri, berfungsi untuk mengurangi dan mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan rongga.

13. Ekstrak Vanila

Ekstrak vanila mengandung alkohol yang bertindak sebagai meredakan rasa sakit. Selain itu, aromanya juga diyakini dapat menenangkan dan membuat santai, sehingga dapat membantu meringankan rasa sakit gigi. Ekstrak vanila dapat meredakan rasa sakit gigi sementara, dan hanya berlangsung selama beberapa menit. Jika rasa sakit mulai kembali, Anda bisa mengulang melakukan pengobatan pada gigi yang dakit.

Penggunaannya bisa dalam dua cara. Pertama, oleskan sedikit pada jari dan gosok area berdenyut gigi dan gusi. Kedua, oleskan ekstrak vanila ke kapas dan menempelkannya di area gigi yang nyeri. Ulangi 2-3 kali sehari.

14. Es Batu

Rekomendasi untuk obat sakit gigi alami lainnya adalah mengompres es batu. Suhu dingin es batu dapat melepaskan nyeri pemicu saraf sehingga mengurangi rasa sakit sementara.

Selain itu, es batu juga merangsang penyempitan pembuluh darah pada wajah dan memperlambat aliran darah ke lokasi cedera. Ini dapat membantu mengurangi peradangan, pembengkakan, dan rasa sakit.

Caranya, tambahkan beberapa es batu ke plastik lalu tutup lagi dengan kain tipis. Tempelkan kompres pada pipi yang sakit selama 15 menit. Anda juga dapat langsung menggigit es batu pada permukaan gigi yang sakit.

Trik lain adalah memijat tangan dengan es batu di bagian antara ibu jari dan jari telunjuk di bagian belakang tangan yang sama dengan sisi gigi. Jadi misalnya gigi yang sakit berada di sisi kanan wajah, memijat bagian belakang tangan kanan tepat di tengah ibu jari dan jari telunjuk menggunakan es batu.

Saraf di jari-jari Anda akan mengirim sinyal "dingin" Dan mampu mengurangi rasa nyeri pada gigi.

Itulah sedikit cara dan penjelasan mengenai cara obati sakit gigi secara alami dan cepat sembuh, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "14 Cara Obati Sakit Gigi Secara Alami Dan Cepat Sembuh"