Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Multiplayer PES PPSSPP Android Terbaru

Cara Multiplayer PES PPSSPP ini sebenarnya sangat mudah dilakukan. Untuk sebagian orang mungkin sudah mengetahuinya, tapi tak menutup kemungkinan masih banyak orang awam yang belum mengetahui cara setting ppsspp untuk bermain multiplayer pada emulator tersebut.

Cara Multiplayer PES PPSSPP

Pasti pernah kan kalian bermain game ppsspp sendiri atau hanya melawan komputer dan pasti cepat bosan, beda dengan bermain multiplayer game PPSSPP, terasa lebih seru aja gitu apalagi kalau main bersama teman yang juga hobi bermain game, seperti ada tantangannya tersendiri.

Cara Multiplayer Game PES PPSSPP

1. Yang pertama pastikan kalian sudah install emulator ppsspp di kedua hp, pastikan install emulator versi yang sama, emulator ini tersedia gratis di playstore, ada juga yang versi berbayar yaitu ppsspp gold.

2. Setelah di kedua hp emulator ppsspp sudah terinstal, selanjutnya jangan lupa install juga game Pes nya. Pastikan install game pes versi yang sama juga ya.

3. Jangan lupa di kedua hp hidupkan hotspot dan wifi, contoh: hp1 hidupkan hotspot dan hp2 bertugas hidupkan wifi, kemudian sambungkan, jangan lupa catat no IP dari wifi hp2, biasanya no IP berjumlah 10 digit dan berawalan angka, 192.168.43.xx (cara multiplayer ini tidak perlu menghidupkan paket data)

4. Baru lah kalian lakukan setting emulator ppsspp nya di kedua hp persis seperti gambar dibawah ini.

Cara Multiplayer PES PPSSPP

Jangan lupa ceklis semua bagian yang perlu di ceklis seperti di gambar.

Khusus untuk "Change MAC Adress" silahkan di tap-tap saja untuk menggantinya, agar tidak sama dengan hp yang satunya, supaya bisa connect deh nantinya. Karena kalau sama bisa gagal.

Untuk "WLAN Channel" silahkan pilih 6 di kedua hp.

Nah pada bagian "Change PRO ad hoc server ip adress" silahkan hapus server bawaan dan ganti dengan no IP dari wifi yang kalian catat tadi. Lakukan hal ini di kedua hp dan pastikan memasukan no IP yg sama.

5. Setelah melakukan setting nya selesai, kalian bisa ubah bahasa emulator ppsspp nya ke bahasa castelano espana (spanyol). Hal ini bertujuan agar game pes bisa dimainkan untuk atasai layar hitam pada game tersebut. Namun perlu diingat bahwa tidak semua versi game pes bisa diatasi dengan cara ubah bahasa ketika layar hitam.

6. Lalu kalian buka game pes dikedua hp secara bersamaan, kemudian di kedua hp silahkan pilih menu Adhoc.

Cara Multiplayer PES PPSSPP

7. Nah selanjutnya untuk hp2 yang bertugas menyalakan wifi silahkan pilih menu "Setup Room" Dan hp1 yang menyalakan hotspot pilih " Search For Match Room". Nanti akan muncul "Hosts List" di Hp1 silahkan di klik, dan otomatis di hp2 menu "To Next Match" akan menyala dan baru bisa di klik.

Nah ditahap ini sudah selesai dan kalian tinggal program game pes seperti pada umumnya, seperti setting waktu, memilih tim, formasi tim, dan sampai ke pertandingan.

Cara Multiplayer PES PPSSPP

Selamat mabar sepuasnya deh. Oh ya, pasti ada dari kalian yang belum tau apa itu ppsspp?

Apa itu PPSSPP ?

PPSSPP merupakan sebuah emulator game yang bisa dioperasikan melalui ponsel Android maupun Dekstop. Karena tanpa adanya emulator ppssspp ini game-game yang berformat ISO dan CSO tidak akan bisa dimainkan di hp Android maupun perangkat Dekstop. Jadi agar perangkat Android dan Dekstop bisa menjalankan game tersebut harus install terlebih dahulu emulator ppsspp.

Game ppsspp sendiri sampai saat ini masih cukup populer di kalangan para gamer. Hal itu karena mereka bisa dengan mudah memainkan game kesukaan mereka kapanpun dan dimanapun lewat hp android nya masing-masing sekalipun bernostalgia dengan game-game yang dulu hanya bisa dimainkan di PS2 portabel.

Itulah sedikit tutorial cara multiplayer pes ppsspp, mudah-mudahan kalian paham ya dengan tutorial yang sangat sederhana ini. Jika belum paham silahkan tonton tutorial versi video yang banyak tersedia di youtube.