Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagus Vulkan Atau OpenGL, Apa Itu Vulkan dan OpenGL?

Bagus Vulkan atau OpenGL, apa itu Vulkan dan OpenGL? Ketika diciptakannya android 7.0 Nougat sekitar awal tahun 2016, ada sebuah fitur yang di janjikan bakal menjadi gebrakan baru di dunia gaming, yaitu Vulkan API.

Sebagian orang mungkin sudah ada yang tau apa itu Vulkan dan OpenGL, tetapi tidak menutup kemungkinan lebih banyak lagi yang belum mengenalnya.

Apa itu Vulkan dan OpenGL?

apasih vulkan dan opengl itu

Vulkan adalah salah satu Graphics API, sama saja seperti yang lainnya yaitu OpenGL dan Direct3D. Seperti yang diketahui, OpenGL versi 3.1, dibandingkan dengan OpenGL versi 2.0 sangatlah jauh.

Tampilan yang dihasilkan OpenGL versi 3.1 sangat memukau ditambah banyak efek grafis yang mana tidak dimiliki oleh versi OpenGL versi 2.0.

Namun ada efek samping dalam OpenGL versi 3.1. Justru dengan adanya kelebihan kemampuan ini, OpenGL versi 3.1 terasa jauh lebih berat daripada OpenGL 2.0. Saking beratnya, sampai terkadang game tidak bisa dimainkan.

Untungnya, keluarlah Vulkan yang menjanjikan kualitas gambar setara OpenGL 3.1 dengan performa yang bisa dibilang malah Vulkan lebih baik. Jika dilihat dari cara kerjanya bisa dibilang Vulkan lebih efisien.

Yang dikenal selama ini ternyata OpenGL pada awalnya didesain khusus single core CPU, yaitu CPU ber inti tunggal. Operasinya hanya bisa diselesaikan secara berurutan.

Namun berbeda dengan Vulkan, Vulkan  support multithreading dengan memanfaatkan semua core atau inti dari processor, sehingga performa jauh lebih maksimal.

Baca Juga: Cara Pasang Game PPSSPP

Hal ini membuat penggunaan CPU yang lebih rendah karena tugas yang disebar ke semua inti processor. Manfaatnya Vulkan mampu membuat processor lebih adem dan baterai yang digunakan juga otomatis akan jauh lebih awet.

Tidak menutup kemungkinan, kedepannya game pada android akan semakin dahsyat dalam sisi grafis.

Setelah di test benchmark dan bermain game PPSSPP dengan renderer Vulkan di hp spek kelas bawah, pada benchmark 3Dmark Vulkan sangat unggul signifikan. Vulkan juga lebih unggul pada overall score dan API overhead.

Performa untuk bermain game hampir mencapai 2 kali lipatnya. Tentu saja hal ini tergantung dari game dan device itu sendiri.

Apabila dilihat dari cara kerjanya, kemungkinan Vulkan bisa menggeser OpenGL dalam hal gaming di android.

Buat kalian yang hobi main game PPSSPP pasti sudah pada tau lah jika Vulkan disetting sebagai renderer bawaan (default) pada aplikasi emulator PPSSPP, namun tetap menyematkan OpenGL untuk cadangan karena ada beberapa smartphone yang belum support dengan Vulkan.

Itulah sedikit pembahasan mengenai Vulkan dan OpenGL, semoga saja artikel ini telah memberikan jawaban untuk kalian, selamat beraktivitas.