Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Teknologi Industri Pertanian Paling Diminati Lulusannya

Bulan Bintang 7 - Tinggal di Indonesia yang merupakan negara agribisnis, tidak seharusnya membuat Anda khawatir lagi mengenai prospek kerja teknologi industri pertanian. Pasalnya, sektor tersebut adalah salah satu penggerak roda ekonomi utama bagi negara yang diolah dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakatnya.

Prospek Kerja Teknologi Industri Pertanian yang Banyak Diminati

Program studi teknologi industri pertanian atau disebut juga dengan agroindustri merupakan sebuah jurusan yang mempelajari tentang berbagai macam aspek pertanian. Mulai dari melalukan riset serta penelitian dengan tujuan mampu menemukan hal baru. Berikut beberapa prospek kerja agroindustri.

Prospek Kerja Teknologi Industri Pertanian

1. Peneliti

Prospek kerja pertama yang bisa Anda tekuni setelah menyelesaikan pendidikan program studi tekonologi industri pertanian adalah menjadi seorang peneliti. Pekerjaan ini bisa dikatakan profesi yang cukup bergengsi dan sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan swasta hingga instansi pemerintah.

Mengingat bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia sangat mengandalkan pertanian untuk hidup menjadikan peluang kerja dibidang tersebut terbuka lebar, khususnya para alumni program studi teknologi industri pertanian.  Karena, lulusan jurusan agroindustri sangat diunggulkan dalam sektornya.

2. Surveyor

Jika Anda  termasuk orang yang suka berkegiatan dan  bekerja di lapangan, maka bekerja sebagai Surveyor pun dapat ditekuni setelah  lulus kuliah. Tugas dari pekerjaan ini adalah melak melakukan sebuah  pemeriksaan, mengamati, mengawasi hingga, mencatat seluruh informasi penting yang ada.

Dalam profesi ini,  anda bisa menjadi seorang surveyor yang bekerja di lembaga independen ataupun pemerintah seperti di BPN (Badan Pertahanan Nasional serta BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Alasan lain banyak orang mengambil pekerjaan ini adalah  pendapatan yang cukup besar.

3. Staff Pengembangan Produk

Prospek kerja teknologi industri pertanian berikutnya adalah bekerja sebagai staff pengembangan produk. Pasalnya, disiplin ilmu tersebut memiliki hubungan sangat erat dengan industri pangan. Jadi bisa dipastikan, semua bekal ilmu yang telah didapatkan selama menempuh pendidikan akan terpakai.

Pekerjaan ini akan menuntut anda untuk mampu melakukan berbagai inovasi serta pengembangan terhadap suatu  produk. Mulai dari  yang sudah diproduksi  secara luas ataupun menciptakan  jenis baru sesuai kebutuhan masyarakat sehingga peran dari staf pengembangan produk sangat penting.

4. Konsultan Pertanian

Menjadi seorang konsultan dalam bidang pertanian sangat lah mungkin untuk Anda tekuni, mengingat jurusan selama kuliah  memiliki hubunga dengan dunia pertanian. Selain itu, pekerjaan ini bisa masuk ke berbagai  macam sektor seperti lembaga pemerintah maupun swasta setelah lulus dari jurusan ini.

Tugas dari seorang konsultan pertanian adalah  memberikan pengetahuan secara dasar serta melakukan pengembangan terhadap  bekal ataupun metode yang tepat. Hal tersebut memiliki tujuan untuk meningkatkan produktivitas. Selain itu, profesi ini juga bisa masuk ke dalam sektor penelitian.

  • Baca juga artikel sebelumnya tentang prospek kerja telkom university yang memiliki banyakjurusan unggulan dan telah banyak menghasilkan lulusan-lulusan yang terbaik dibidangnya.

5. Manajer Produksi

Peluang kerja berikutnya yang cukup dengan dengan para alumni program studi teknologi industri pertanian adalah berprofesi sebagai manajer produksi. Pada pekerjaan ini, Anda bisa menentukan sektornya sendiri. Mulai dari berbagai instansi pemerintahan hingga perusahaan swasta lainnya.

Berprofesi sebagai manajer produksi, Anda akan dituntut untuk mempunyai  jiwa kepemimpinan yang baik, memahami proses kerja hingga memiliki pengetahuan luas. Selain itu, pekerjaan ini juga bertanggung jawab atas semua kegiatan serta pengambilan keputusan mengenai produksi.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja teknologi industri pertanian. Sebagai orang yang tinggal di negara agribisnis membuat para lulusan program studi tersebut merasa sangat beruntung. Pasalnya, ada banyak perusahaan serta lainnya yang bergerak di sektor pertanian.  


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Teknologi Industri Pertanian Paling Diminati Lulusannya"