Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Teknik Perminyakan Dengan Gaji Pokoknya yang Diatas Rata-Rata

Bulan Bintang 7 - Prospek kerja teknik perminyakan merupakan salah satu hal yang sangat menarik untuk dibahas, terutama para mahasiswa yang baru saja menyelesaikan pendidikan kuliah. Pasalnya, pada bidang ini memiliki berbagai macam profesi untuk digeluti serta mampu menjamin masa depan para pekerjanya.

Prospek Kerja Teknik Perminyakan yang Menjanjikan

Program studi teknik perminyakan merupakan sebuah jurusan yang mempelajari tentang eksplorasi serta eksploitasi SDA (Sumber Daya Alam). Mulai dari proses penambangan fluida seperti minyak bumi hingga gas alam. Oleh sebab itu, pekerjaannya pun tak lepas dari industri tersebut. Berikut prospeknya.

Prospek Kerja Teknik Perminyakan

1. Ahli Keselamatan Tambang dan Geological Data Technician

Prospek kerja pertama yang bisa Anda pilih sebagai alumni dari teknik perminyakan adalah menjadi ahli keselamatan tambang dan geological data technician. Pekerjaan ini memiliki tugas utama  yaitu memastikan keselamatan para pekerja  di daerah tambang. Gaji profesi ini adalah Rp.9.000.000.

Selain itu, Anda bisa berkarir menjadi geological data technician. Tugas utama dari pekerjaan ini  adalah untuk mengoperasikan serta menyesuaikan peralatan yang dimanfaatkan guna memperoleh data geologi. Gaji yang di diperoleh orang yang bekerja di sektro ini  yaitu  sekitar Rp10.000.000.

2. Ahli Teknik Minyak Bumi dan Energi Industri

Setelah menyelesaikan pendidikan kuliah, Anda juga bisa menekuni karir sebagai seorang ahli teknik minyak bumi. Pasalnya, memang di bidang perminyakan ini ialah industri yang sangat dibutuhkan di hampir seluruh negara. Tugasnya  untuk merancang metode agar dapat meningkatkan ekstraksi. 

Prospek kerja teknik perminyakan berikutnya yaitu berprofesi sebagai  ahli energi industri dan sama seperti ahli teknik minyak. Pasalnya, pekerjaan tersebut masih sama sama berurusan dengan sekotor migas. Gaji yang diperoleh oleh para karyawannya bisa dikatakan cukup tinggi dan hidup terjamin.

3. Ahli Tambang dan Geologi

Prospek kerja teknik perminyakan berikutnya yaitu menjadi ahli tambah serta geologi. Tugas dari pekerjaan ini yaitu melakukan survei terhadap lokasi penambangan guna memahami karakteristik pada tanah. Jika bicara mengenai gaji, profesi ini membayar pekerja yaitu sekitar Rp.9.000.000 per bulannya.

Kemudian, Anda juga bisa memilih karir menjadi seorang ahli geologi. Salah satu pelajaran yang akan Anda  dapatkan adalah mata kuliah geologi. Tugas dari pekerjaan ini ialah untuk menuntut dukungan pada sistem tanah. Rata rata gaji yang akan di dapatkan oleh pekerjanya yaitu Rp8.000.000 per bulan.

4. Teknisi Geologi Perminyakan dan Tekni Energi

Peluang atau prospek selanjutnya untuk para alumni program studi teknik perminyakan adalah menjadi seorangi teknisi geologi dan perminyakan. Tugasnya adalah  membantu ilmuwan atau insinyur dalam penggunaan alat ukur elektronik.  Gaji rata-rata dari profesi ini  yaitu sekitar Rp15.000.000 per bulan.

Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk bisa bekerja sebagai seorang ahli teknik energi. Tugas dari pekerjaan ini ialah  membuat rancangan, mengembangkan, atau mengevaluasi proyek serta program yang berkaitan dengan energi. Gaji yang didapatkan dari profesi ini yaitu sekitar Rp9.500.000 per bulan.

5. Insinyur Perminyakan dan Analisis Kontrol

Selanjutnya yaitu berprofesi menjadi insinyur perminyakan. Pekerjaan ini memiliki tugas untuk memperkirakan kemampuan pembuatan dan nilai ekonomis yang ada terhadap  sumur minyak dan gas. Umumnya para pekerjanya akan mendapatkan gaji yaitu  sekitar Rp10.600.000 per bulan.

Kemudian, Anda bisa berkarir sebagai analis kontrol kualitas atau Quality Control. Tugas dari pekerjaan ini yaitu menguji untuk melihat bagaimana hasil dari bahan baku, produk setengah jadi, dan produk jadi. Dari pekerjaan ini, Anda akan digaji mulai dari Rp8.000.000 per bulan.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja teknik perminyakan.  Seperti yang diketahui, minyak serta gas alam merupakan salah satu sumber daya yang sangat membutuhkan penanganan dengan tepat. Oleh sebab itu, Anda sebagai lulusan teknik perminyakan memiliki kesempatan itu.


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Teknik Perminyakan Dengan Gaji Pokoknya yang Diatas Rata-Rata"