Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Teknik Metalurgi Bergaji Besar yang Jarang Orang Tahu

Bulan Bintang 7 - Prospek kerja teknik metalurgi mungkin terdengar asing ditelinga karena tidak sepopuler program studi umum lainnya. Namun terlepas dari itu, jika berbicara mengenai peluang kerjanya maka tak akan kalah luasnya apabila dibandingkan dengan jurusan yang memiliki peminat cukup banyak diluar sana.

Prospek Kerja Teknik Metalurgi yang Perlu Anda Ketahui

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai peluang kerjanya, ada baiknya untuk Anda mengetahui tentang fokus dari program studi metalurgi. Pada dasarnya, jurusan ini mempelajari tentang sifat kimia yang ada dalam logam dan difungsikan untuk kebutuhan sehari-haru. Berikut prospek kerja kimia fokus metalurgi.

Prospek Kerja Teknik Metalurgi

1. Ahli Metalurgi Ekstraksi

Pekerjaan pertama yang sangat dekat dengan lulusan program studi Teknik Metalurgi ialah menjadi seorang Ahli Metalurgi Ekstraksi. Pekerjaan ini membuat Anda terlibat dalam sebuah proyek pemulihan mineral  atau logam bermanfaat seperti emas, batu bara, berlian, besi hingga tembaga dari badan bijih.

Selain itu, Ahli Metalurgi Ekstraksi bertugas membuat sebuah perancangan kerja agar pekerjaan tersebut menjadi lebih ekonomis. Oleh sebab itu, profesi ini sangat dibutuhkan karena memiliki keahlian dalam  mengekstrak mineral bijih sebanyak mungkin namun mampu menekan biaya pengeluarannya.. 

2. Insinyur Material

Tugas dari seorang ahli Material ialah tanggung jawab atas semua proyek yang berkaitan dengan berbagai jenis material atau bahan. Hal tersebut bertujuan menciptkan bahan baru agar dapat  membantu memajukan teknologi atau produk. pemahaman sifat dan perilaku zat sangat diandalkan. 

DiKarenakan banyak perusahan sangat membutuhuhkam material guna membantu berbagai macam proses dan produk, profesi ini dapat anda temukan pada beragam industri. Menjadi seorang ahli dalam bidang  Material akan membuat anda memiliki kesempatan untuk masuk di banyak sektor manufaktur.

3. Insinyur Pertambangan

Prospek kerja teknik metalurgi berikutnya adalah insinyur pertambangan. Walaupun secar umum profesi ini diisi oleh lulusan geologi, tapi sebagai alumni program studi metalurgi membuat Anda memiliki kesempatan yang sama. Hal tersebut dikarenakan semua kebutuhan ilmunya tidak berbeda.

Profesi ini memiliki tugas utama yaitu bertanggung jawab atas kegiatan dan operasi penambangan yang aman, efisien serta efektif dan menguntungkan. Insinyur Pertambangan berperan dalam menilai, kelayakan hingga produktivitas lokasi tambang yang potensial serta memperhitungkan keamanannya.

4. Ahli Kimia 

Berprofesi sebagai ahli kimia membuat Anda harus mampu menerapkan prinsip  kimia, biologi, matematikan hingga fisika. Semua keilmuan tersebut berguna untuk menyelesaikan berbagai macam masalah yang memiliki keterkaitan akan produksi atau terhadap para penggunaan bahan kimia.

Profesi ini juga memiliki spesialisasi pada  proses tertentu, seperti halnya reaksi oksigen dengan bahan kimia hingga  membuat resin dan plastik. Selain itu, ahli kimia juga  bekerja di sektor  produksi energi, makanan, elektronik, kertas hingga pakaian. Anda harus paham akan proses manufaktur. 

5. Mineralogi

Bekerja sebagai Mineralogi akan membuat Anda untuk mempelajari mengenai mineral yang merupakan bagian dari  zat padat alami. Mulai dari dalam bentuk, sifat kimia, struktur kristal. Selain itu, profesi ini bertugas guna membuat katalog, mengumpulkan membuat  katalog hingga pengujian  ilmiah. 

Seorang yang berprofesi sebagai mineralogi juga akan dibebani dengan tugas yaitu mendokumentasikan hasil dari temuan. Mulai  pada tahap laporan tertulis hingga menyajikan sebuah informasi kepada tim atau pihak memiliki kepentingan.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja teknik metalurgi. Sepeti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa walaupun tidak sepopuler jurusan lainnya, dalam bidang ini memiliki peluang kerja yang sangat luas. Jadi, Anda tak perlu mengkhawatirkannya lagi. 


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Teknik Metalurgi Bergaji Besar yang Jarang Orang Tahu"