Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Prospek Kerja Teknik Lingkungan yang Sangat Menjanjikan Untuk Dijalani

Bulan Bintang 7 - Prospek kerja teknik lingkungan diarahkan untuk dapat memberikan penyelesaian mengenai masalah-masalah lingkungan, memberikan kemudahan kerja manusia dan memperkecil human error. Teknik lingkungan sendiri menjadi bidang ilmu yang membahas mengenai masalah lingkungan.

Macam-Macam Prospek Kerja Teknik Lingkungan

Teknik lingkungan memberikan pengajaran mengenai konservasi sumber daya air, cara mengelola lingkungan, mengendalikan pencemaran yang terjadi karena limbah dan masih banyak lagi. Berikut adalah beberapa macam pekerjaan untuk lulusan studi ini:

Prospek kerja teknik lingkungan

1.   Peneliti dan Teknisi Kimia

Umumnya seorang peneliti dan teknisi kimia bekerja di suatu perusahaan swasta, contohnya pabrik kimia. Tugasnya adalah melakukan pengembangan terhadap produk kimia baru yang disesuaikan dengan core business dari perusahaan itu sendiri.

Seorang peneliti dan teknisi kimia juga bisa berada di perusahaan farmasi, minyak dan tambang serta masih banyak lagi lainnya. Mereka bekerja di sebuah lembaga penelitian negara atau bisa juga di institusi pendidikan. Para pekerja ini harus memiliki keterampilan khusus.

2.   Peneliti Bioteknologi

Bidang bioteknologi menjadi salah satu dari prospek kerja teknik lingkungan yang tengah digandrungi banyak orang pada masa sekarang. Seorang peneliti bioteknologi melakukan pekerjaan dengan melakukan penelitian gen di tingkat molekuler dan melakukan pemanfaatannya untuk masyarakat.

Profesi peneliti bioteknologi saat ini berkembang dengan pesat. Bagi Anda yang ingin bekerja seperti ini, maka isa melakukan pendalaman materi-materi pada mata pelajaran biologi. Ini adalah dasar dari ilmu bioteknologi itu sendiri.

3.   Ekonom

Ekonom merupakan nama untuk orang yang bekerja secara profesional pada bidang ilmu ekonomi. Seorang ekonom tidak hanya melakukan penerapan pada konsep dan teori ekonomi saja, tapi juga melakukan pengembangan teori melalui aktivitas pertanian.

Umumnya hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh seorang ekonom akan disebarkan oleh kumpulan-kumpulan atau forum ilmiah. Bahkan juga menyebarkan pemikirannya tentang masalah sosial-ekonomi ke media massa dan membuat kritik tentang kebijakan ekonomi yang diberlakukan.

4.   Konsultan Pertanian

Seorang yang bekerja sebagai konsultan pertanian mempunyai tugas untuk memberikan berbagai macam arahan, binaan dan penyuluhan pada bidang pertanian. Umumnya konsultan akan melakukan proses pendekatan sebelum memulai turun lapangan.

Ini sangat penting untuk dilakukan agar informasi yang diberikan oleh para konsultan pertanian dapat dipahami dengan benar. Dengan begitu, warga masyarakat sekitar bisa menerapkannya untuk dapat memberikan peningkatan pada usaha tani mereka.

5.   Research and Development (RnD)

Research and Development atau bisa juga disebut sebagai staf penelitian dan pengembangan disingkat Litbang. Pekerjaan satu ini dibutuhkan dalam perusahaan swasta, sekaligus juga lembaga pemerintah dan termasuk institusi pendidikan tinggi.

Pekerjaan ini memiliki tanggung jawab untuk melakukan berbagai macam kegiatan penelitian dan juga pengembangan. Biasanya kegiatan itu difokuskan pada masa mendatang dan jangka panjang. Kemudian juga berhubungan dengan riset ilmiah murni dan pengembangan di bidang teknologi.

6.   System Analyst

System analyst menjadi sebuah profesi yang berhubungan dengan bidang teknologi informasi. Pekerjaan satu ini fokus di aktivitas penelitian, rencana, koordinasi dan pemilihan software juga sistem untuk melakukan pengakomodasian kebutuhan suatu institusi.

Seorang system analyst memiliki tanggung jawab untuk melakukan penganalisisan sistem operasi dengan benar, melaksanakan studi kelayakan dari desain sistem dan melakukan pengembangan-pengembangan lanjutan. Untuk itu pekerjaan ini menuntut pekerjanya memiliki analisis kuat.

Demikian sedikit pembahasan mengenai prospek kerja teknik lingkungan. Bagi Anda yang ingin bekerja menjadi salah satu dari profesi di atas, mengambil program studi teknik lingkungan adalah salah satu jalan benar untuk dilakukan.


Posting Komentar untuk " 6 Prospek Kerja Teknik Lingkungan yang Sangat Menjanjikan Untuk Dijalani"