Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Teknik Kimia Yang Dibutuhkan Semua Perusahaan

Bulan Bintang 7 - Prospek kerja teknik kimia pada dasarnya cukup luas walaupun masih banyak orang yang berpikir hanya itu-itu saja. Anda memiliki kesempatan untuk berkecimpung di berbagai bidang dan tidak cuka seputar laboratorium. Mulai dari berprofesi menjadi software engineer hingga sebagai data analyst.

5 Prospek Kerja Teknik Kimia yang Perlu Anda Ketahui

Teknik kimia merupakan program studi yang mempelajari berbagai macam proses serta cara tentang mengubah suatu bahan menjadi barang bernilai. Melalui semua bekal yang telah didapatkan selama menempuh pendidikan saat kuliah, ada banyak pekerjaan siap menampung para lulusannya.

prospek kerja teknik kimia

1. Process Engineer

Dimulai dari berprofesi sebagai process engineer yang sangat mungkin dilakoni para lulusan dari program studi teknik kimia. Dibidang ini pekerjaannya yakni bertanggung jawab atas membantu dan mendukung projek mengubah bahan menjadi sesuatu yang memiliki kegunaan untuk kehidupan.

Tugas lainnya adalah mulai dari perancangan, penerapan, pengendalian hingga langkah pengoptimalan pada suatu mesin di industri manufaktur, khususnya. Untuk menjadi bagian dari profesi ini, Anda dituntut untuk menguasai ilmu matematika serta fisika guna mendukung kinerja.

2. Quality Engineer

Peluang kerja berikutnya yang bisa Anda ambil setelah menempuh pendidikan kuliah adalah quality engineer. Profesi ini memiliki tugas untuk mengontrol serta memastikan seluruh kegiatan hingga kualitas suatu produk. Mulai dari dokumentasi, menguji barang sampai menentukan standar kriteria.

Peran dari seorang quality engineer ialah memperbaiki suatu masalah pada sebuah produk. Anda akan bekerja secara tim secara profesional guna memastikan semua prosesnya berjalan dengan lancar. Selain itu, melakukan pengujian akan kualitas sebelum barang diluncurkan ke pasar secara luas.

3. Manufacturing Engineer

Prospek kerja teknik kimia berikutnya adalah menjadi seorang manufacturing engineer. Peluang di sektor ini sangat terbuka lebar karena ada banyak industri berusaha meningkatkan produksi serta keuntungan. Sehingga, membuat mesin sendiri dianggap lebih efisien sebab mampu menghemat.

Tugas dari seorang manufacturing engineer adalah melakukan penelitian serta mengembangkan dan merancang hingga mengirim produk sampai ke tujuan dengan aman. Selain itu, Anda akan berfokus pada keselamatan kerja, mengelola peralatan dan memperbaikinya apabila terdapat kerusakan.

4. Project Engineer

Project engineer sangat mungkin Anda lakoni setelah menyelesaikan pendidikan kuliah program studi teknik kimia. Profesi ini bisa ditemukan di setiap perusahaan yang bergerak pada industri manufaktur. Tugas utamanya ialah mengatur seluruh proses hingga memastikan proyek berjalan dengan lancar.

Project engineer memiliki peran cukup krusial dalam kesuksesan suatu perusahaan, mulai dari mengatur manajemen, anggaran, personalia, penjadwalan. Hal itu dikarenakan, beberapa faktor tersebut akan sangat mempengaruhi berhasil atau tidaknya sebuah proyek yang sedang dijalankan.

Project engineer juga merupakan prospek kerja ilmu komunikasi karena dalam kesehariannya , seorang project engineer selalu memantau setiap divisi agar semuanya berjalan sebagaimana mestinya.

5. Data Analyst

Untuk peluang kerja yang satu ini, Anda tidak akan berurusan dengan engineering secara langsung. Berkat perkembangan teknologi pada era sekarang membuat proses pendataan menjadi lebih cepat. Oleh sebab itu, dibutuhkan sosok yang mampu mengendalikan semua data secara tepat.

Tugas utama dari seorang data analyst adalah memproses, mengumpulkan hingga menganalisa statistik di sebuah data dengan skala besar. Anda akan dituntut agar bisa menemukan jawaban atau solusi atas semua permasalahan yang kemudian dipecahkan melalui berbagai macam proses.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja teknik kimia. Terlepas dari 5 peluang kerja diatas, masih ada banyak kesempatan lainnya yang bisa Anda coba dan menjadi bagiannya. Karena, keilmuan ini sangat dibutuhkan untuk keperluan kehidupan sehari-hari serta berbagai industri.


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Teknik Kimia Yang Dibutuhkan Semua Perusahaan"