Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prospek Kerja Teknik Informatika Dengan Lowongan Gak Ada Habisnya Setelah Semua Go Digital

Bulan Bintang 7 - Prospek kerja teknik informatika tersedia cukup melimpah di masa sekarang ini. Apalagi mengingat perkembangan pesat yang terjadi pada industri teknologi. Teknologi informatika menjadi sebuah disiplin ilmu yang membahas mengenai cara memakai teknologi komputer dengan optimal.

Macam-Macam Prospek Kerja Teknik Informatika

Terdapat cukup banyak prospek kerja pada jurusan teknik informatika yang bisa Anda dapatkan. Selama proses perkuliahan, Anda akan banyak mempelajari dan praktek mengenai pemrograman dan juga komputasi. Berikut adalah beberapa diantaranya.

prospek kerja teknik informatika

1.   Application Engineer

Application engineer menjadi sebuah profesi insinyur aplikasi yang cukup asing di bidang pekerjaan ini. Memiliki tugas untuk melakukan perancangan, pengembangan dan pengujian terhadap aplikasi-aplikasi perangkat lunak.

Profesi ini tidak langsung menangani program atau kode software inti, tetapi mereka mempunyai daya paham mengenai penulisan dan penempatan source code. Pekerjaan ini bertugas untuk melakukan pengujian aplikasi, pengevaluasian dan memberikan feedback ke pelanggannya.

2.   Game Creator

Game creator adalah orang yang melakukan perencanaan terhadap sebuah game dari proses awal sampai dengan akhirnya. Umumnya orang yang bekerja sebagai seorang game creator masuk ke dalam suatu industri pembuatan game atau IT.

Terdapat beragam peran ketika Anda memutuskan untuk menjadi seorang game creator, diantaranya adalah game programmer, game designer, sound and graphic, game producer, sampai pada quality insurance. Pekerjanya bisa bebas dalam mengkreasikan imajinasi mereka.

3.   Game Programmer/Game Developer

Game programmer adalah sebuah pekerjaan untuk membuat sebuah video game. Orang yang bekerja ini sehari-harinya dipenuhi dengan hal-hal yang berhubungan erat dengan pembuatan permainan. Pekerjaannya meliputi pembuatan audio, desain grafis, seni visual dan produksi aplikasinya juga.

Ketika Anda memutuskan untuk fokus pada bidang ini, maka pasti akan melakukan penciptaan sebuah software untuk berbagai permainan yang bisa digunakan oleh semua orang. Sebelum melakukan perancangan pembuatan game, seseorang harus bisa membuat coding dan programming.

4.   Software Developer

Software developer menjadi sebuah pekerjaan dengan prospek kerja teknik informatika yang dilakukan oleh para pembuat program. Ini didasarkan pada lembar spesifikasi software engineering. Seorang programmer pasti sudah menguasai dengan pasti bahasa-bahasa pemrograman.

Seperti CSS, SQL, HTML, JavaScript, PHP, XML, Python dan masih banyak lagi lainnya. Pekerja ini harus memastikan bahwa program yang dibuatnya telah berjalan dengan benar dan sesuai. Untuk itu, mereka akan melakukan banyak uji coba dengan melakukan perkiraan pada tiap kasus yang terjadi.

5.   Robot Engineer

Robot engineer menjadi salah satu Prospek kerja teknik informatika. Robot yang dimaksud disini adalah berbagai macam peralatan mekanik yang dapat bekerja seperti manusia dengan memakai program rekayasa buatan kecerdasan. Biasanya robot dipakai untuk proses produksi otomotif.

Sebelum menjadi seorang robot engineer, Anda harus mempelajari dan menguasai teknik dasar dari elektronik dan juga mekanik terlebih dahulu. Jika sudah, para ahli ini bisa melamar pekerjaan di perusahaan produksi dan melakukan penyesuaian dengan tujuan pekerjaannya tersebut.

6.   Teknisi Rekam Medis

Teknisi rekam medis merupakan seseorang yang melakukan pembuatan sistem informasi rekam medis yang berisi tentang data-data penting pasien. Pekerja ini dilengkapi dengan pengetahuan medis dasar dalam manajemen mengenai rumah sakit tempat mereka bekerja.

Pekerjaan teknisi rekam medis juga menjadi salah satu pekerjaan penting. Karena data ini adalah data pribadi dan sifatnya adalah rahasia, tidak boleh dibocorkan kepada siapapun juga. Dalam rumah sakit data ini digunakan untuk publikasi penelitian ilmiah pada bidang kesehatan.

Demikian pembahasan mengenai prospek kerja teknik informatika. Bagi Anda yang sedang menempuh studi tersebut, mungkin beberapa penjelasan di atas dapat meningkatkan rasa semangat dan percaya diri untuk menyelesaikan pembelajaran itu.

 


 

Posting Komentar untuk "Prospek Kerja Teknik Informatika Dengan Lowongan Gak Ada Habisnya Setelah Semua Go Digital"