Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Teknik Fisika Yang Out Of The Box

Bulan Bintang 7 - Prospek kerja teknik fisika pada dasarnya akan menuntut Anda untuk menjadi seorang pekerja yang profesional dalam hal tata suara, cahaya, udara hingga rekayasa sistem. Sebagai lulusan dari jurusan tersebut, tidak perlu mengkhawatirkan lagi mengenai peluang lapang kerjanya, karena cukup tersedia.

Beberapa Prospek Kerja Teknik Fisika Menjanjikan

Program studi teknik fisika adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang berbagai macam gejala fisika menggunakan penerapan aplikasi serta memanfaatkan teknologi. Selain itu, jurusan ini juga akan memberikan Anda bekal dalam hal perencanaan dan manajemen. Berikut prospek kerjanya.

Prospek Kerja Teknik Fisika

1. Fisikawan

Jika anda senang melakukan penelitian terhadap sesuatu, maka menjadi seorang Fisikawan bisa dijadikan sebagai salah satu referensi karir setelah menyelesaikan pendidikan. Tugas dari pekerjaan ini secara umum  akan meneliti sebuah fenomena secara fisik serta melakukan suatu eksperimen.

Selain itu, pengembangan dari tugas tersebut yaitu menyusun hipotesis serta mencari  kesimpulan dari data hasil eksperimen. Fisikawan pada dasarnya, bisa bekerja dalam fokus fisika terapan ataupun teori.

Peran Anda tergantung pada bidang proyek penelitiannya, geofisika lingkungan, nuklir dan gravitasi.

2. Insinyur Dirgantara

Apabila Anda memiliki ketertarikan akan dunia penerbangan, menjadi menjadi Insinyur dirgantara wajib untuk dicona. Pasalnya, tugas dari profesi adalah mempelajari ilmu tentang merancang, pemroses pembuatan hingga melakukan pengujian terhadap berbagai macam sistem guna peralatan terbang.

Tugas dari seorang Insinyur dirgantara ialah bertanggung jawab untuk merancang sebuah pesawat ruang angkasa, pesawat terbang hingga  peralatan terbang lainnya guna memenuhi spesifikasi. Selain itu, profesi ini sangat berperan dalam menentukan standar kualitas tertentu sampai  bisa digunakan. perkembangan industri penerbangan pada akhir ini menuntut banyak ttenaga ahli dibidang tersebut karena disebabkan juga perkembangan digitalisasi data yang cepat , maka peluang anda untuk mensinkronkan ilmu fisika terapan , kedirgantaraan dan big data digital agar diperoleh hasil maksimal untuk perkembangan kehidupan manusia.

3. Ilmuwan Material

Prospek kerja teknik fisika berikutnya yaitu menjadi seorang Ilmuwan yang bergerak dibidang material. Profesi ini pada dasarnya akan menerapkan sebuah ilmu mengenai polimer, logam, keramik hingga bahan elektronik guna mengembangkan suatu produk baru dan meningkatkan kelayakan akan barang.

Profesi ini memiliki tugas dalam mengembangkan bahan komposit pada kendaraan seperti mobil untuk mengurangi hambatan akibat angin. Selain itu, berperan mengurus polimer  laptop serta biomaterial agar menghasilkan hal baru. Bidang ini sangat mengandalkan sebuah struktur molekul pada bahannya. 

4. Insinyur Nanosistem

Seorang insinyur nanositem memiliki tugas untuk merancang, melakukan pengembangan serta mengawasi sebuah produksi bahan, sistem komposisi, atau perangkat molekul hingga makromolekul. Selain itu, profesi  ini juga menerapkan prinsip ilmu fisika skala nano, biologi, teknik listrik, dan kimia.

Pada dasarnya, Insinyur nanositem memiliki tugas yaitu beberapa tanggung jawab, seperti menulis sebuah proposal guna mendapatkan suntikan dana eksternal. Selain itu, peran lainnya adalah membangun hubungan serta komunikasi terhadap perusahaan agar bisa bermitra  atau kerja sama. 

5. Ahli Ergonomis

Berprofesi sebagai seorang ahli ergonomis membuat Anda akan memiliki tugas yaitu untuk memastikan bahwa pekerjaan desain sistem, fasilitas, dan peralatan pendukung kerja. Hal tersebut bertujuan agar memberikan tingkat efisiensi peda kinerja, kenyamanan, kesehatan, keselamatan bagi para pengguna.

Selain itu, seseorang yang berprofesi sebagai ahli ergonomis dikenal sebagai spesialis pada faktor manusia karena memiliki peran dalam memastikan keamanan peralatan dan produk. Dengan begitu, secara tidak langsung pekerjaan ini memiliki tanggung jawab cukup berat melalui semua tugasnya. 

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja teknik fisika. Bagi Anda yang sangat menyukai dunia teknologi beserta ilmu dasar lainnya seperti kimia, matematika dan fisika maka jurusan ini wajib dicoba. Pasalnya, dalam dunia kerjanya, kedua ilmu tersebut akan dikombinasikan. 


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Teknik Fisika Yang Out Of The Box"