Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Teknik Elektro, Fresh Graduate Banyak Yang Nungguin

Bulan Bintang 7 - Apabila Anda telah menyelesaikan pendidikan kuliah dan bingung tentang peluang pekerjaannya, maka simaklah beberapa prospek kerja teknik elektro untuk para fresh graduate. Walaupun sebenarnya hal tersebut tak perlu dikhawatirkan karena banyak perusahaan membutuhkan tenaga di bidang elektro.

5 Prospek Kerja Teknik Elektro Untuk Para Fresh Graduate

Program studi teknik elektro pada dasarnya mempelajari tentang berbagai macam sifat-sifat elektron atau yang lebih dikenal dengan kelistrikan. Energi listrik adalah salah satu kebutuhan utama dalam kehidupan dan juga banyak industri. Jadi peluang pekerjaannya pun terbuka lebar. Berikut daftarnya:

Prospek Kerja Teknik Elektro

1. Software Developer

Untuk profesi yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi diera sekarang. Menjadi software developer tidak hanya berlaku pada alumni IT saja, tapi juga bagi Anda lulusan teknik elektro. Karena, semua hal mengenai bidang tersebut termasuk pelajaran utama saat mahasiswa menempuh pendidikan kuliah.

Profesi software developer merupakan seseorang yang memiliki keahlian dalam menciptakan perangkat lunak guna mendukung kerja komputer. Tugas utamanya adalah bertanggung jawab atas segala aspek pembuatan. Mulai dari pengembangan, implementasi produk, desain dan tahap lanjutan.

2. Software Engineer

Profesi yang kedua hampir mirip seperti sebelumnya hanya saja sedikit lebih kompleks lagi tugasnya. Software engineer memiliki tanggung jawab atas semua pengembangan proyek perangkat lunak secara keseluruhan. Mulai menganalisa kebutuhan, perencanaan, pengujian hingga pengembangan.

Menjadi software engineer dituntut memiliki keahlian dalam memahami sistem komputer serta mengenali berbagai macam hardware pendukung lainnya. Hal tersebut dikarenakan pekerjaanya akan berurusan langsung dengan diagram alur dan sedikit lebih rumit seperti paham tentang algoritma.

3. Electrical Design Engineer

Berbeda dengan prospek kerja teknik industri , Prospek kerja teknik elektro berikutnya yang bisa Anda dapatkan adalah menjadi electrical design engineer. Sektor tersebut kini semakin terbuka peluangnya karena perkembangan teknologi terus mengalami perubahan serta peningkatan. Sehingga, harus diimbangi dengan produk elektrikalnya.

Tugas dari seorang electrical design engineer adalah mengembangkan sebuah ide serta menyusun berbagai macam sistem melalui perangkat komputer. Selain itu, tanggung jawab lainnya ialah mengontrol pengembangan akan tata letak sistemnya sebelum dilakukan pengujian terhadap proyek.

4. Biomedical Engineer

Tak menutup kemungkinan bagi lulusan program studi teknik elektro bisa bekerja di sektor kesehatan. Namun, dalam hal ini bukanlah menjadi seorang dokter, melainkan berprofesi sebagai biomedical engineer. Tugasnya adalah membuat suatu peralatan hingga sistem untuk keperluan dunia medis.

Pada profesi ini, Anda dituntut memiliki kemampuan dalam merancang sebuah instrumen perangkat serta software guna memenuhi kebutuhan klinis. Selain itu, dibutuhkan juga pengetahuan tentang perancangan sirkuit untuk berbagai macam peralatan medis ataupun simulasi pengujian terhadap obat.

5. Aerospace Engineer

Jika profesi sebelumnya berurusan dengan dunia medis dan klinis, maka untuk pekerjaan yang satu ini Anda akan menjadi bagian dari sektor penerbangan. Tugasnya adalah membentuk sebuah sistem hingga mencapai tahap pengujian guna memenuhi kebutuhan pesawat komersial, tempur dan lainnya.

Dalam sektor ini, ada banyak perusahaan besar siap menampung para lulusan jurusan teknik elektro untuk dijadikan aerospace engineer. Tugas utamanya ialah melakukan penelitian, pengembangan, desain, memelihara hingga melakukan uji coba terhadap sistem pada pesawat komersial atau lainnya.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja teknik elektro. Pada dasarnya, masih ada banyak lagi peluang pekerjaan yang siap menampung Anda setelah menyelesaikan pendidikan. Oleh sebab itu manfaatkan waktu dengan baik selama kuliah, sebab agar kedepannya tidak mengalami sebuah penyesalan terlalu dalam.


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Teknik Elektro, Fresh Graduate Banyak Yang Nungguin"