Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Sumber Daya Manusia Di Semua Lini Dan Bidang Industri

Bulan Bintang 7 - Prospek kerja sumber daya manusia pada dasarnya sangatlah terbuka peluangnya. Hal tersebut dikarenakan, hampir semua jenis perusahaan membutuhkan manajemen SDM yang baik guna mengelola dan menjalankan tugas. Oleh sebab itu, ruang lingkup perkerjaannya tergolong cukup luas.

Beberapa Prospek Kerja Sumber Daya Manusia

Program studi sumber daya manusia merupakan sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang mengelola serta mengembangkan potensi terhadap SDM di suatu perusahaan maupun organisasi. Oleh sebab itu, perannya bisa dikatakan cukup penting dan berikut beberapa prospek kerjanya.

Prospek Kerja Sumber Daya Manusia

1. Cost Lawyer

Jika Anda seorang lulusan dari program studi SDM namun memiliki ketertarikan akan dunia hukum, maka berprofesi sebagai Cost Lawyer adalah jawabannya. Profesi ini sama seperti menjadi pengacara lainnya hanya saja berfokus pada hubungan bisnis antara pihak tertentu agar berjalan baik.

Seorang Cost Lawyer akan bekerja sama langsung dengan pengacara utama untuk memberikan sebuah masukan mengenai biaya hukum yang dibebankan. Jadi bisa dikatakan, pekerjaan ini akan berurusan mengenai perencanaan hingga perhitungan tentang sebuah anggara agar tetap efisien.

2. Marketing Executive

Apabila Cost Lawyer merupakan sebuah profesi untuk para alumninya yang suka dengan bidang hukum. Maka menjadi seorang Marketing Executive sangat cocok bagi lulusannya yang menyukai dunia pemasaran. Mulai dari industri manufaktur, instansi hingga perusahaan siap menampung Anda.

Tugas utama dari seorang Marketing Executive adalah memaksimalkan dan membuat sebuah peningkatan dalam penjualan seperti promosi hingga ide. Selain itu, Anda akan bertanggung jawab atas strategi guna mengoptimalkan kinerja perusahaan agar sesuai dengan kebutuhan para pelanggan.

3. Actuarist

Prospek kerja sumber daya manusia  berikutnya adalah memungkinkan Anda untuk menjadi seorang Actuarist. Tugas dari profesi ini adalah mempelajari tentang sebuah risiko dari keuangan pada bidang asuransi atau sejenisnya dengan menggunakan metode matematika hingg statistik. 

Oleh sebab itu, sebagai actuarist Anda dituntut untuk bisa memahami serta mengetahui tentang sebuah risiko dari sektor keuangan pada masa mendatang. Jadi bisa disimpulkan, tugas utamanya adalah melakukan analisis terhadap kondisi finansial sehingga bisa menemukan sebuah keputusan terbaik.

4. Business Manager 

Menjadi seorang business Manager mungkin bisa Anda jadikan salah satu referensi pekerjaan apabila sudah menyelesaikan pendidikan kuliah nantinya. Tugas dari profesi Ini adalah mengawasi dan memimpin para pekerja serta bertanggung jawab atas semua pekerjaan yang sedang berlangsung.

Anda dituntut untuk memastikan bahwa semua pekerja mampu bekerja dengan tingkat produktivitas tinggi serta efisiensi agar busa mencapai target dan tujuan. Selain itu, seorang business Manager juga bertugas membuat sebuah strategi bisnis hingga melakukan evaluasi terhadap kinerja perusahaan. 

5. HRD

Prospek kerja pertama bagi para lulusan sumber daya manusia adalah berprofesi sebagai HRD. Mungkin profesi ini sudah tidak asing lagi ditelinga, terutama untuk orang-orang yang sering melamar kerja sudah tentu akan berhadapan terus dengan seorang HRD.

HRD memiliki tugas utama yaitu  untuk menyeleksi para pelamar kerja atau calon agar bisa menemukan yang paling tepat dan sesuai kriteria dengan kebutuhan di perusahaan, oleh karena itu peran HRD tergolong sangat penting dan menjadi prospek kerja SDM yang cukup bagus.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja sumber daya manusia. SDM adalah salah satu unsur atau aset berharga untuk sebuah perusahaan maupun organisasi. Oleh karena itu, Anda berperan dalam menentukan potensi-potensi para pekerja yang baru ataupun pegawai lama. 


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Sumber Daya Manusia Di Semua Lini Dan Bidang Industri"