Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Sosiologi Untuk Kamu Yang Suka Bersosial

Bulan Bintang 7 - Pada dasarnya, ada banyak prospek kerja sosiologi yang bisa Anda dapatkan setelah menyelesaikan pendidikan kuliah di jurusan tersebut. Jadi, tak perlu khawatir lagi karena berbagai macam sektor, industri bahkan instansi siap menampung para alumninya untuk mengisi bagian yang dibutuhkan.

Beberapa Prospek Kerja Sosiologi yang Paling Diminati

Program studi sosiologi mempelajari berbagai macam hal tentang interaksi antara satu atau dua orang lebih serta pengaruh atas terbentuknya struktur sosial pada masyarakat. Mulai dari mencari penyebab terjadinya perubahan hingga melakukan kajian. Berikut beberapa prospek kerja dari sosiologi.

Prospek Kerja Sosiologi


1. Human Resources Officer (HRO)

Human Resources Office merupakan prospek kerja pertama yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai referensi setelah lulus atau menjadi bahan pertimbangan ketika menentukan jurusan kuliah. Ada banyak perusahaan terutama swasta  yang membutuhkan seseorang untuk mengisi divisi satu ini. Selain dari Jurusan Sosiologi , Jurusan Ilmu Psikologi pun banyak mengambil peran dalam sektor pekerjaan ini. Karena dalam menerima karyawan baru seorang HR harus paham karakter seseorang sehingga dapat mencari pekerja yang sesuai untuk sebuah posisi yang penting. 

Tugas utama dari seorang Human Resources Officer adalah mengurus semua hal yang berkaitan dengan karyawan. Mulai dari recruitment, penyeleksian, pemberian gaji hingga praktek kerja dan masih banyak lagi lainnya. Pada umumnya, profesi HRO memiliki gaji berkisar 4-5 juta rupiah per bulannya.

2. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Peluang kerja berikutnya untuk para lulusan program studi sosiologi adalah bekerja di sebuah LSM atau Lembaga Swadaya Masyarakat. Hal itu dikarenakan, bidang tersebut sangat membutuhkan sosok yang memiliki kemampuan dalam memahami kondisi serta perilaku seseorang bahkan ruang lingkup luas.

Untuk bisa menjadi bagian dari lembaga swadaya masyarakat, Anda akan dituntut untuk memiliki kemampuan dalam hal komunikasi serta siap untuk bertugas di luar negeri. Oleh sebab itu, banyak orang yang menginginkan pekerjaan ini dan memiliki gaji cukup tinggi hingga belasan juta rupiah.

3. Advice Worker

Prospek kerja sosiologi berikutnya adalah berprofesi sebagai Advice Worker. Sebutan lain dari pekerjaan ini adalah seorang konsultan yang siap memberikan masukan atau saran serta berbagai macam informasi sesuai kebutuhan klien.

Selain itu, seorang advice worker juga memiliki kesempatan untuk berprofesi sebagai konsultan atau penasihat lainnya seperti urusan hukum, mengurus keuangan, pendidikan, hutang piutang, hingga kesejahteraan dan masih banyak lainnya. Besaran gaji dari pekerjaan ini bergantung pada kredibilitas.

4. Public Relations

Public Relations atau Humas (Hubungan Masyarakat) merupakan pekerjaan yang mungkin bisa Anda ambil setelah menyelesaikan pendidikan kuliah sosiologi. Tugas dari profesi ini adalah menjalankan berbagai macam fungsi organisasi seperti membangun hubungan atau relasi hingga pemerintahan.

Selain itu, untuk menjadi seorang yang profesi sebagai public relations dituntut untuk memahami berbagai sikap serta kepedulian tentang komunitas, karyawan, konsumen hingga suatu kelompok. Hal tersebut memiliki tujuan guna mempertahankan suatu hubungan kerja sama agar terus berjalan baik.

  • Baca Artikel menarik sebelumnya , prospek kerja dkv bagi Anda yang suka seni dan desain grafis.

5. Media Planner

Peluang menjadi media planner sangat terbuka lebar bagi para lulusan program studi sosiologi. Pekerjaan ini menuntut Anda untuk memenuhi kebutuhan advertising atau periklanan seorang klien. Kemudian, langkah selanjutnya membuat perancangan agar dapat menjangkau pasar sesuai target.

Tak hanya itu, Anda juga dituntut untuk memiliki kemampuan dalam hal melakukan riset terhadap tren pasar dan mencari tahu preferensi setiap kalangan. Jadi, secara tidak langsung alumni sosiologi mempelajari tentang pemahaman karakteristik serta perilaku masyarakat pada ruang lingkup luas.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja sosiologi. Terlepas dari semua peluang pekerjaan yang ada, keunggulan dari program studi adalah membuat para mahasiswa dan alumninya memahami tentang kehidupan bermasyarakat. 


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Sosiologi Untuk Kamu Yang Suka Bersosial"