Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Sastra Indonesia Yang Paling Populer Saat Ini

Bulan Bintang 7 - Prospek kerja sastra Indonesia mungkin bagi sebagian orang berpikir jika peluang pekerjaannya hanya itu-itu saja. Padahal nyatanya, ada banyak bidang yang mungkin bisa digeluti bahkan diluar dari program studi tersebut. Maka dapat disimpulkan bahwa ruang lingkup kerjanya sangat terbuka lebar.

Prospek Kerja Sastra Indonesia yang Paling Diminati

Program studi sastra Indonesia merupakan sebuah jurusan yang mempelajari tentang berbagai macam subyek berkaitan dengan sastra. Mulai dari puisi, novel, linguistik hingga drama. Oleh sebab itu, para mahasiswanya dituntut untuk memahami semua unsur tersebut. Berikut beberapa prospek kerjanya.

Prospek Kerja Sastra Indonesia

1. Menjadi Penulis

Salah satu profesi yang ditekuni oleh banyak alumni program studi sastra Indonesia adalah menjadi seorang penulis. Dalam bidang ini, ada beberapa sektor yang bisa dijadikan fokus ilmunya dan cukup populer dikalangan mahasiswanya. Mulai dari penulis novel, puisi, cerita pendek, drama dan lainnya.

Hal tersebut dikarenakan, dunia penulisan sangat dekat dengan program studi mahasiswa sastra Indonesia. Berkat semua ilmu yang telah dipelajari selama menempuh pendidikan kuliah, menjadi seorang penulis sangat mungkin untuk ditekuni karena paham akan segala aspek serta ilmu menulis. Melalui tulisan seorang penulis dapat menyampaikan pesan tanpa harup bertatap muka secara langsung, dengan ilmu komunikasi yang baik hal tersebut dapat terlaksana dengan baik.

2. Leksikografer

Mungkin profesi yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi para mahasiswa program studi sastra Indonesia. Leksikografer merupakan sebuah pekerjaan yang bertugas untuk menangani perkamusan. Hal tersebut dikarenakan ilmu ahli kamus sangat sejalan dengan materi pembelajaran semasa kuliah.

Leksikografer menjadi salah satu destinasi para mahasiswa program studi sastra Indonesia setelah menyelesaikan pendidikan. Pasalnya, kemampuan serta ilmu pengetahuan mengenai hal tersebut sudah dikuasai salam dibangku kuliah. Jadi, secara spesifikasi, Anda sudah siap menjadi ahli kamus.

3. Kritikus Sastra

Prospek kerja sastra Indonesia berikutnya yaitu menjadi kritikus sastra. Profesi ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki cara berpikir dengan ketajaman akan sudut pandangnya atau kata lain kritis. Hal tersebut merupakan kunci utama guna menekuni pekerjaan ini serta memiliki pemahaman mendalam.

Selain itu, kritikus sastra juga dituntut untuk mampu melakukan penelitian terhadap sebuah karya guna mengambil keputusan tertentu. Jadi, melalui riset panjang serta cara berpikir yang kritis, aspek tersebut akan memperkuat kritikan terhadap karya sastranya dan para alumninya cukup diunggulkan.

4. Editor

Selain menjadi seorang penulis, lulusan dari program studi sastra Indonesia juga bisa berprofesi sebagai editor. Pekerjaan ini akan berurusan langsung dengan para penulis dari berbagai macam bidang, sehingga kemampuan akan ilmu bahasanya sangat diuji serta terpakai sebagaimana mestinya.

Tugas utama dari seorang editor adalah mengoreksi berbagai macam tulisan yang diajukan oleh penulisnya langsung atau melalui penerbit. Proses tersebut biasanya dilakukan sebelum buku atau tulisan di pasarkan secara luas. Hingga sekarang ada banyak perusahaan yang bergerak di bidang ini.

5. Jurnalis 

Sebagai lulusan dari jurusan sastra Indonesia dan memiliki ketertarikan dengan dunia broadcasting atau media lainnya, maka menjadi seorang jurnalis adalah jawabannya. Anda bisa menentukan pada posisi apa nantinya ketika masuk ke bidang tersebut, mulai dari penulis berita atau pembawa acara.

Bukan hal yang mustahil untuk para lulusan program studi sastra Indonesia menjadi seorang jurnalis atau wartawan. Hal tersebut dikarenakan, alumninya telah dibentuk sejak awal untuk bisa berpikir secara kritis. Selain itu, tidak menutup kemungkinan berprofesi sebagai pembawa acara atau reporter.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja sastra Indonesia. Terlepas dari semua daftar peluang pekerjaan diatas, masih ada banyak profesi lainnya yang mungkin bisa Anda tekuni ketika sudah menyelesaikan pendidikan kuliah.


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Sastra Indonesia Yang Paling Populer Saat Ini"