Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Rekam Medis Dan Gaji Perbulannya

Bulan Bintang 7 - Prospek kerja rekam medis pada dasarnya memiliki ikatan yang sangat dekat dengan seorang dokter dan perawat. Pasalnya, tugas utamanya adalah guna membantu kedua profesi tersebut dalam hal memberikan diagnosa kepada pasien agar segera mengambil tindakan sesuai yang sesuai dan tepat.

Prospek Kerja Rekam Medis (Manajemen Informasi Kesehatan) Beserta Gajinya

Program studi rekam medis (manajemen informasi kesehatan) adalah sebuah jurusan yang mempelajari tentang pendataan secara runut terhadap seorang pasien. Hal tersebut dilakukan melalui tahap pemeriksaan, pelayanan hingga tindakan yang akan diambil. Berikut beberapa prospek kerjanya.

Prospek Kerja Rekam Medis

1. Staf Ahli Informasi Medis

Prospek kerja pertama yang bisa Anda dapatkan setelah menyelesaikan pendidikan dari program studi rekam medis adalah menjadi staff ahli informasi. Dalam bidang ini sangat membutuhkan sosok yang paham akan dunia kesehatan terutama guna memberikan informasi guna diagnosa suatu penyakit.

Selain itu, profesi menjadi seorang ahli informasi media memiliki ruang lingkup yang cukup luas, mulai dari skala kecil hingga besar. Untuk fresh graduate saja, nilai dari gajinya berkisar Rp.3 juta – Rp.4 juta rupiah per bulan. Apalagi jika Anda sudah berpengalaman dalam bidang tersebut bisa digaji lebih tinggi.

2. Kepala Bagian Informasi Medis

Menjadi kepala bagian informasi medis merupakan salah satu profesi yang kesempatannya terbuka untuk para alumni program studi rekam medis. Pasalnya, semua kriteria yang dibutuhkan oleh sektor tersebut telah dimiliki lulusan jurusan manajemen informasi kesehatan, sehingga cukup diunggulkan.

Kepala bagian informasi merupakan sebuah jabatan yang masuk ke dalam jajaran tertinggi pada Karir dari lulusan program studi rekam medis. Melalui pengalaman serta ilmu pengetahuan, bukan hal yang mustahil untuk bisa mencapai titik tersebut. Diketahui gaji profesi ini berkisar Rp.7 Juta rupiah perbulan.

3. Ahli Rekam Medis

Prospek kerja rekam medis berikutnya adalah menjadi ahli di bidang tersebut. Berkat dedikasi serta ilmu pengetahuan yang mendalam, membuat para lulusannya sangat mungkin bisa mencapai titik tersebut. Namun, hal itu bukanlah perkara mudah dan membutuhkan kerja keras agar mampu tercapai.

Seorang ahli rekam medis bertugas mencatat serta mendata semua hasil dari riwayat pemeriksaan. Nantinya, data tersebut akan diberikan kepada dokter guna memberikan diagnosa serta penanganan yang tepat terhadap pasien. Bicara mengenai gajinya, profesi ini umumnya 4 – 8 juta rupiah perbulan.

4. Teknisi Alat Kesehatan

Sedikit berbeda dengan profesi sebelumnya, peluang kerja berikutnya yang bisa diambil para lulusan program studi rekam medis adalah menjadi teknisi alat kesehatan. Tugas dari pekerjaan ini ialah mengelola semua kebutuhan peralatan medis, mulai dari merawat hingga memeliharanya dengan baik.

Profesi ini sangat cocok untuk Anda yang tidak begitu tertarik dengan semua pekerjaan rekam medis seperti mencatat ataupun mendata. Namun, sebagai teknisi alat kesehatan juga diwajibkan untuk memahami semua hal yang berkaitan dengan medis. Gaji profesi ini berkisar 4 juta rupiah perbulan.

5. Peneliti Sistem Informasi Kesehatan

Menjadi seorang peneliti informasi kesehatan sangat mungkin didapatkan oleh lulusan program studi rekam medis. Pasalnya, kemampuannya dalam melakukan riset serta meneliti telah ditanamkan selama menempuh pendidikan kuliah.

Maka dari itu, tak heran apabila para alumninya sangat diunggulkan untuk bisa menjadi seorang peneliti di bidang sistem informasi kesehatan. Semua ilmu pengetahuan Anda semasa kuliah akan digunakan dalam bidang ini. Diketahui gajinya bergantung pada besarnya proyek.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja rekam medis (manajemen informasi kesehatan). Terlepas dari itu, Anda tak perlu khawatir lagi mengenai peluang kerjanya setelah menyelesaikan pendidikan kuliah, terlebih jika Anda tertarik dengan dunia medis atau kesehatan.


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Rekam Medis Dan Gaji Perbulannya"