Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Psikologi Saintek Paling Diminati Lulusannya

Bulan Bintang 7 - Prospek kerja psikologi saintek merupakan salah jurusan yang membuat alumninya sangat dibutuhkan oleh berbagai macam industri. Hal tersebut dikarenakan semua ilmu pengetahuan memiliki manfaat terhadap suatu perusahaan ataupun lembaga guna menganalisis beragam masalah dan  kebutuhan.

Prospek Kerja Psikologi Saintek yang Banyak Diminati

Program studi psikologi saintek merupakan sebuah jurusan yang mempelajari tentang suatu perilaku, pikiran hingga mental seperti psikologi umumnya. Berkat bekal ilmunya seperti Biopsikologi, statistika, sosial, manajemen dan lainnya membuat para alumninya tidak kehabisan peluang akan  pekerjaan.

Prospek Kerja Psikologi Saintek

1. Market Researcher

Dalam sektor pemasaran, seorang yang berprofesi sebagai market researcher memiliki peran yang sangat penting guna melihat kondisi dan situasi pasar di masa sekarang atau mendatang. Sebagai lulusan psikologi saintek Anda mempunyai kesempatan untuk berkarier menjadi market researcher. 

Market researcher memiliki tugas utama yaitu  guna mengumpulkan serta menganalisis data dan membuat sebuah rekomendasi hasil penelitian yang telah dilakukan untuk suatu keputusan. Riset pasar juga bersifat kuantitatif atau kualitatif, ataupun gabungan antar keduanya sesuai kebutuhan.

2. UX Researcher

Berbagai perusahaan start-up ataupun teknologi pada saat ini memiliki user experience yaitu pengalaman pengguna  yang luar biasa. Situs atau platform dari Google, Amazon, Airbnb, menjadi sangat mudah digunakan oleh para customernya dikarenakan telah  mempunyai desain UX yang kuat.

Selain itu, desainer UX akan membuat sebuah situs web atau aplikasi menjadi lebuh mudah dalam penggunaannya. Untuk bisa melakukan hal tersebut, maka pihak perusahaan  harus memahami target pasarnya seperti apa yang diinginkan konsumen. Oleh sebab itu peran UX researcher dibutuhkan.

3. Aviation Psychologist

Prospek kerja psikologi saintek berikutnya adalah berprofesi sebagai Aviation psychologist atau sebutan lainnya yaitu psikolog penerbangan. Pada pekerjaan ini Anda  akan bertugas untuk memberikan sebuah  layanan serta  konseling kepada para pilot maskapai hingga  kru penerbangan.

Seperti yang diketahui saat ini cuku banyak maskapai penerbangan yang mewajibkan para kru untuk bisa bertemu secara teratur pada pihak aviation psychologist guna mengatasi berbagai macam masalah. Mulai dari mencari solusi dari  kecemasan hingga rasa stress terkait tugas dari pekerjaan.

4. Clinical Psychologist

Bagi Anda yang benar-benar peduli terhadap orang lain maka bisa dipastikan pekerjaan satu ini akan sangat cocok yaitu berprofesi sebagai clinical psychologist. Psikolog klinis adalah profesional pekerja dengan kualifikasi yang bisa memberikan manfaat berupa layanan langsung kepada pihak klien.

Sebagai seseorang yang berpofesi psikolog klinis, Anda akan diberikan tugas untuk mengelola serta menafsirkan tes mengenai medis. Mulai dari uji terhadap kepribadian dan kognitif hingga mendiagnosis penyakit pada mental, dan membuat sebuah  rencana perawatan serta melakukan kegiatan psikoterapi.

5. Geropsychologist

Jika biasanya bidang psikologi lebih berfokus pada perubahan kognitif, perilaku, serta perkembangan manusia maka akan berbeda dengan sektor geropsikologi. Pekerjaan ini secara khusus bertugas guna mengatasi berbagai macam masalah tentang kesehatan mental hingga  perilaku orang lanjut usia.

Geropsikologi  merupakan sebuah spesialisasi dalam bidang psikolog profesional dengan menerapkan ilmu pengetahuannya serta metode guna memahami serta membantu orang lanjut usia. Profesi ini berperan dalam mengatasi  berbagai masalah seperti mempertahankan kesejahteraan pada hidup. 

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja psikologi saintek. Selain menjadi salah satu program studi yang cukup populer dikalangan calon mahasiswa khususnya di Indonesia, melalui jurusan ini Anda akan memiliki kemampuan dalam hal memahami perilaku serta kepribadian orang lain.


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Psikologi Saintek Paling Diminati Lulusannya"