Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Perbankan Syariah Yang Tidak Pernah Sepi Lowongan Kerja

Bulan Bintang 7 - Di era seperti sekarang ini, prospek kerja perbankan syariah cukup terbuka lebar. Hal itu dapat dilihat dari kebutuhan dunia kerja tang sangat membutuhkan alumni dari program studi tersebut. Jadi, jika Anda berpikir bahwa lulusannya akan sulit mendapatkan pekerjaan, maka itu pernyataan yang salah.

Prospek Kerja Perbankan Syariah 

Program studi perbankan syariah, pada dasarnya tidak memiliki perbedaan signifikan. Namun, dalam jurusan ini sangat mengedepankan prinsip serta ketentuan Islam. Mulai dari ekonomi, manajemen, analisis, akuntansi dan keuangan ada di materi pembelajarannya. Berikut beberapa prospek kerjanya.

Prospek Kerja Perbankan Syariah

1. Akuntan Publik

Prospek kerja pertama untuk lulusan program studi perbankan syariah adalah menjadi Akuntan Publik. Profesi ini dapat bekerja dengan perusahaan atau secara individual. Tugasnya ialah menganalisa dan menyiapkan bebagai macam dokumen serta berperan untuk membuat sebuah laporan keuangan.

Profesi ini dituntut harus memahami regulasi perpajakan secara baik serta mengikuti perkembangan tren dari perpajakan. Alumni bergelar S1 perbankan syariah yang sudah mempunyai pengalaman cukup banyak  serta memiliki kinerja bagus bisa digaji dengan nominal tinggi dari sebuah  perusahaan.

2. Certified Public Accountants (CPA)

Alumni dari program studi perbankan syariah tidak menutup kemungkinan untuk bisa memiliki karie yang luar biasa yaitu bekerja di kuar negeri. Certified Publik Accountanst atau CPA merupakan salah satu pekerjaan dengan gaji tertinggi di  negara Amerika, namun cukup sulit untuk Anda  bisa diterima.

Seorang CPA memiliki tugas utama yaitu melakukan audit serta menganalisa, memberikan masukan guna kebijakan keuangan serta membuat laporan konsekuensi pajak.  Sebelum Anda  dapat menempati pekerjaan ini, calon pekerja harus mengikuti tes serta lulus ujian sertifikasi  terlebih dahulu.

3. Financial and Credit Analyst

Prospek kerja perbankan syariah berikutnya yaitu berprofesi sebagai financial dan credit analyst. Analis finansial ialah sebuah pekerjaan yang bertugas guna menyusun informasi mengenai keuangan kemudian akan menjadi sumber pengambilan keputusan pada dunia bisnis ataupun suatu  perusahaan.

Sedangkan seseorang yang berprofesi sebagai Kredit analis biasa bekerja di sektor perbankan umum ataupun syariah. Tugas dari pekerjaan ini ialah untuk melakukan sebuah analisa terhadap calon nasabah yang nantinya akan mengajukan suatu pinjaman. Diketahui gajinya sekitar  7juta per bulan.

4. Ahli Keuangan Pemerintah Dan Pendidikan

Peluang kerja berikutnya yang bisa ditekuni oleh para alumni program studi perbankan syariah adalah menjadi ahli keuangan pemerintah. Profesi ini memiliki tugas yaitu mengatur segala urusan yang berkaitan dengan keuangan. Mulai dari perencanaan, membuat sebuah laporan dan masih banyak lagi.

Selain menjadi bagian dari pemerintahan, Anda sebagai lulusan perbankan syariah bisa memiliki kesempatan untuk berkecimpung ke dalam dunia pendidikan. Bukan menjadi seorang tenaga pengajar, melainkan bertugas mengatur semua keperluan keuangan, mulai dari instansi atau kementerian.

5. Konsultan Keuangan

Menjadi Konsultan keuangan merupakan salah satu peluang kerja bagi lulusan perbankan syariah. Tugas dari profesi ini islah memberikan sebuah masukan terhadap klien seperti perusahaan ataupun instansi. Terlebih, apabila  klien tersebut mengedepankan hukum serta prinsip Islam dalam kerjanya.

Selain itu, seorang konsultan keuangan bisa bekerja dalam dua prinsip yaitu, secara individual atau menjadi bagian dari perusahaan yang mengedepankan prinsip serta ketentuan syariah. Jadi, setidaknya Anda dapat menentukannya sendiri.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja perbankan syariah. Pada dasarnya, beberapa peluang pekerjaan diatas membuktikan bahwa para alumni dari jurusan tersebut tidak melulu bekerja sebagai pegawai bank, tapi ada banyak bidang.


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Perbankan Syariah Yang Tidak Pernah Sepi Lowongan Kerja"