Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Pembangunan Wilayah UGM Yang Banyak Diserap Industri Manufaktur dan Pemerintahan

Bulan Bintang 7 - Prospek kerja pembangunan wilayah UGM pada dasarnya peluang dan kesempatan untuk para alumninya cukup terbuka lebar. Ada beberapa fokus bidang yang mungkin bisa Anda geluti setelah menyelesaikan pendidikan. Mulai dari konstruksi, mengelola SDM serta hukum kontrak dan komersial.

Prospek kerja pembangunan wilayah UGM Berdasarkan Ruang Lingkupnya

Program studi pembangunan wilayah yang ada di UGM merupakan sebuah jurusan yang mempelajari dasar serta prinsip perencanaan, perpetaan, morfologi kota, transportasi, desain, teknik sipil hingga struktur tanah. Melalui semua bekal ilmu tersebut membuat para alumninya bisa bekerja di sektor sebagai berikut.

Prospek Kerja Pembangunan Wilayah UGM

1. Instansi Pemerintahan 

Pada dasarnya, sektor instansi pemerintah biasanya menjadi target utama para alumni dari program studi pembangunan wilayah setelah menyelesaikan pendidikan. Bukan tanpa alasan, melainkan hal tersebut dikarenakan, lembaga pemerintah memiliki fokus pada misi infrastruktur serta penataan kota.

Selain itu, Anda juga bisa mengerjakan proyek lingkungan, pembangunan di setiap daerah tertinggal hingga gedung pemerintahan. Secara umum, ada beberapa lembaga yang mungkin bisa Anda masuki, mulai dari Departemen Pekerjaan Umum, Dinas Tata Ruang Kota, serta kementerian perumahan.

2. Lembaga Profit dan Non-Profit

Selain di sektor instansi pemerintahan, sebagai lulusan program studi pembangunan wilayah dan kota Anda juga memiliki kesempatan untuk bekerja di suatu lembaga profit ataupun non-profit. Pada bidang ini, sangat dibutuhkan seseorang yang memiliki kemampuan dalam hal analisis serta perencanaan.

Mulai dari lembaga World Bank yang sangat membutuhkan analisis terhadap suatu negara mengenai pembangunannya guna mengonfirmasi pinjaman. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda akan membangun karier di luar negeri. Selain itu ada juga, ILO, UNCHS, UNDP, hingga UNCHR dan lainnya.

3. Instansi Swasta

Prospek kerja pembangunan wilayah UGM berikutnya yaitu bisa menjadi bagian dari berbagai instansi swasta. Pada dasarnya, dalam ruang lingkup ini memiliki peluang serta kesempatan yang terbuka cukup lebar untuk para alumninya jurusan tersebut. Maka tak heran jika dijadikan salah satu referensi.

Untuk masuk dan bekerja di instansi swasta, para alumni program studi pembangunan wilayah harus memiliki kemampuan dalam menganalisis guna menyelesaikan suara masalah pada proyek. Mulai dari infrastruktur hingga pembangunan dan melibatkan banyak pihak serta berdampak ke masyarakat.

4. Lembaga Pendidikan

Lembaga pendidikan menjadi salah satu destinasi yang cukup menjanjikan bagi para alumni program studi pembangunan wilayah. Karena, hingga saat ini ada banyak universitas yang menyediakan jurusan tersebut sebagai fokus pembelajaran mahasiswanya. Dengan begitu, tentu butuh tenaga pengajar.

Anda bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi yang kemudian bisa menjadi tenaga pengajar atau dosen di salah satu universitas. Selain di sektor tersebut, para alumninya juga dapat bekerja pada lembaga swasta yang tak kalah menjanjikan karena keberadaannya terus tumbuh  di Indonesia.

5. Luar Bidang Keilmuan

Untuk ruang lingkup satu ini pada dasarnya membuktikan bahwa prospek kerja bagi para lulusan program studi pembangunan wilayah sangat terbuka lebar. Karena selama menempuh pendidikan,  mahasiswanya juga dibekali dengan ilmu yang bersifat umum. 

Selain itu, ada banyak lembaga ataupun instansi khususnya di Indonesia yang mempekerjakan para alumni dari jurusan pembangunan wilayah pada posisi netra atau diluar dari bidang keilmuannya. Hal tersebut membuktikan bahwa ruang lingkupnya tidak melulu tentang perencanaan pembangunan.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja pembangunan wilayah UGM. Seperti yang diketahui bahwa hingga saat ini pembangunan merupakan salah satu program utama bagi setiap pemerintah daerah hingga negara. Oleh sebab itu, jangan khawatir tentang ketersediaan peluangnya.


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Pembangunan Wilayah UGM Yang Banyak Diserap Industri Manufaktur dan Pemerintahan"